Comscore Tracker

5 Spot Kuliner Pulau Belitung yang Harus Dikunjungi!

Selain wisata alam, kuliner khas Belitung juga enak

Kepopuleran novel dan film tetralogi 'Laskar Pelangi' memang mendongkrak industri pariwisata Pulau Belitung. Tujuan wisata SD Muhammadiyah dan Museum Kata menjadi destinasi wisata paling favorit di Pulau Belitung.

Wisatawan juga dimanjakan dengan keindahan alam yang masih asri dan terjaga terutama wisata bahari seperti destinasi pantai dan snorkling.

Selain wisata alam, kuliner Pulau Belitung juga unik karena didominasi oleh hidangan laut seperti ikan dan udang. Masyarakat Melayu seperti Belitung juga memiliki budaya minum kopi yang sangat kental. Berikut ini adalah beberapa spot kuliner yang sangat pantas Anda datangi jika berkunjung ke Pulau Belitung.

1. Kopi Kong Djie

5 Spot Kuliner Pulau Belitung yang Harus Dikunjungi!Potret warung kopi Kong Djie yang melegenda (instagram.com/cerita_ayoe)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, masyarakat Belitung sangat suka minum di warung kopi. Terdapat salah satu warung kopi legendaris bernama warung kopi Kong Djie. Warung kopi ini telah berdiri sejak tahun 1943 alias sebelum Indonesia merdeka. 

Tidak hanya kopi, warung kopi yang terletak di Pantai Tanjung Pendam ini juga menyediakan teh tarik dan minuman coklat hangat yang nikmat. Tersedia pula bubuk kopi dan bubuk coklat kemasan yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk rekan kerja atau sanak saudara.

2. Mie Belitung Atep

5 Spot Kuliner Pulau Belitung yang Harus Dikunjungi!Potret warung makan mie belitung atep (khairulleon.com)

Anda wajib mencoba panganan ini jika berkunjung ke Pulau Belitung. Mie belitung atep adalah hidangan mie kuning yang disiram dengan kuah udang yang kental. Didalamnya juga terdapat bahan pelengkap yang terdiri dari potongan tahu, tauge, dan timun.

Untuk minumnya, Anda harus mencoba minuman es jeruk kunci. Minuman ini adalah minuman khas Belitung yang terbuat dari perasan jeruk kunci yang memiliki rasa asam kecut dan manis. Sangat cocok untuk teman makan makanan yang memiliki cita rasa cukup tajam seperti mie belitung atep.

Baca Juga: 10 Wisata Pantai di Bangka Belitung yang Wajib Masuk Daftar Liburanmu

3. RM Fega

5 Spot Kuliner Pulau Belitung yang Harus Dikunjungi!Potret Rumah Makan Fega (belitung.bangkatour.com)

Selain menu makanannya yang sedap dan menggugah selera, RM Fega juga berlokasi cukup dekat dengan destinasi wisata Laskar Pelangi yakni SD Muhammadiyah dan Museum Kata tepatnya di Jl. Jend. Sudirman, Baru, Manggar. Menu yang ditawarkan adalah ikan bakar, sate ayam bumbu kacang, udang tepung, cah kangkung, dan masih banyak lagi.

Lokasi RM Fega yang sejuk dan berada di pinggir danau juga membuat suasana makan sangat nyaman dan cocok untuk melepas penat setelah jalan-jalan. Jangan lupa juga coba masakan gangan, hidangan ikan khas Belitung.

4. RM Gangan Sari

5 Spot Kuliner Pulau Belitung yang Harus Dikunjungi!Potret menu RM Gangan Sari (yopiefranz.com)

Untuk rumah makan yang satu ini, hidangan gangan adalah menu wajib yang harus dipesan. Kenapa? Karena resep gangan disini masih menggunakan resep asli sehingga rasanya lebih autentik. Lokasi rumah makan yang merupakan teras rumah membuat suasana makan di sini terasa seperti sedang makan-makan di rumah kerabat. Meski begitu, jangan takut kehabisan tempat karena disini tersedia banyak kursi dan juga ruang untuk makan.

Rumah makan ini dapat Anda temukan di Jl. Irian, Kelurahan Kota, Kecamatan Tanjung Pandan, Belitung.

5. Warung Kopi Ake

5 Spot Kuliner Pulau Belitung yang Harus Dikunjungi!Potret suasana di warung kopi ake (instagram.com/bubueataway)

Satu lagi warung kopi legendaris yang harus Anda kunjungi adalah warung kopi Ake di kawasan kafe senang Tanjung Pandan. Meski sederhana, warung kopi ini tidak pernah sepi dan pengunjung selalu datang silih berganti. Selain kopi dan teh, di sini juga tersedia beberapa jajanan seperti bacang dan gorengan yang tentunya terjangkau.

Itulah lima spot kuliner di Pulau Belitung yang harus Anda kunjungi jika mampir ke sana. Spot kuliner mana yang buat Anda penasaran?

Baca Juga: 7 Jajanan Khas Bangka Belitung yang Nikmat, Cobain Kuy Biar Gak Kepo

Lina Yasmin Photo Verified Writer Lina Yasmin

Pembaca novel jika sedang mood. Pemakan segala (yang halal), dan petidur ulung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya