Comscore Tracker

7 Jajanan Khas Bangka Belitung yang Nikmat, Cobain Kuy Biar Gak Kepo

Banyak diminati pelancong, kamu gak mau coba? #LokalIDN

Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi yang berada di Pulau Sumatera. Tersohor akan keindahan destinasi wisata seperti pulau-pulau dan danau bekas galian tambang, jadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke daerah yang terkenal dengan mie belitungnya ini.

Nah, ngomongin soal kuliner khas Kepulauan Bangka Belitung itu bukan cuma sajian mie nya saja lho. Melainkan menawarkan aneka jajanan yang pas untuk dicoba saat berlibur ke sini.

Berikut beberapa jajanan khas Kepulauan Bangka Belitung yang wajib masuk bucket list-mu.

1. Kempelang

7 Jajanan Khas Bangka Belitung yang Nikmat, Cobain Kuy Biar Gak KepoKempelang (instagram.com/kempelang_mm)

Jajanan bernama kempelang ini berbahan dasar adonan tepung tapioka yang dicampur daging ikan tenggiri, udang ataupun cumi-cumi. Lalu adonan ini dibentuk bulat pipih, setelah itu digoreng.

Memiliki cita rasa gurih dengan tekstur renyah, kempelang paling cocok dinikmati dengan cocolan sambal terasi khas Bangka yang bercita rasa pedas manis. Sensasinya nikmat, wajib diburu saat main ke Bangka Belitung ya!

2. Martabak bangka

7 Jajanan Khas Bangka Belitung yang Nikmat, Cobain Kuy Biar Gak KepoMartabak bangka (instagram.com/eatineraryid)

Penganan yang satu ini memang bisa ditemui di mana saja. Tapi kalau menikmati dari daerah asal tentu rasanya lebih spesial bukan?

Maka dari itu kala bertandang ke Kepulauan Bangka Belitung, jangan lupa buat mencicipi martabak bangka dengan ciri khas tekstur empuk dan berserat ini. Rasanya manis berkat dipadu aneka topping melimpah pun dijamin bisa bikin ketagihan.

3. Bong li piang

7 Jajanan Khas Bangka Belitung yang Nikmat, Cobain Kuy Biar Gak KepoBong li piang (instagram.com/blessfood.id)

Bong li piang, dari namanya saja pasti kamu tahu kalau makanan ini memadukan antara budaya Tionghoa dan Nusantara. Makanan ini dibuat menggunakan dasar tepung terigu, santan, gula aren, dan selai nanas sebagai isian topping.

Bong li piang tentu saja memiliki cita rasa manis dan sedikit gurih. Nikmatnya terasa menyatu kala ditemani secangkir teh hangat maupun kopi. Wah, kamu wajib cobain nih. Halal kok!

Baca Juga: 10 Kuliner Khas Bangka Belitung yang Super Enak, Bikin Ketagihan!

4. Getas

7 Jajanan Khas Bangka Belitung yang Nikmat, Cobain Kuy Biar Gak KepoGetas (instagram.com/pasarkeripik)

Getas di sini bukan camilan manis yang terbuat dari tepung ketan lalu dipadu topping gula ya. Getas khas Bangka ini melainkan sejenis kerupuk yang dibuat menggunakan campuran adonan sagu dan daging ikan tenggiri.

Memiliki sensasi rasa asin serta gurih, getas cocok dijadikan sebagai camilan maupun bisa juga untuk peneman lauk nasi yang berkuah.

5. Lempok cempedak

7 Jajanan Khas Bangka Belitung yang Nikmat, Cobain Kuy Biar Gak KepoLempok cempedak (instagram.com/novipurfrida)

Lempok merupakan jenis dodol khas Bangka yang terbuat dari buah cempedak, gula pasir, dan garam. Lalu adonan dodol tersebut dimasak sampai matang mengental.

Memiliki tampilan agak kecokelatan, lempok cempedak punya cita rasa manis legit dengan memadukan tekstur sedikit lengket. Aroma harumnya terasa menusuk di lidah!

6. Kericu

7 Jajanan Khas Bangka Belitung yang Nikmat, Cobain Kuy Biar Gak KepoKericu (instagram.com/diskominfobabel)

Selain kerupuk getas, ada pula kericu. Dari segi tampilannya, kericu memang mirip dengan telur gabus ya. Kericu terbuat dari cumi-cumi, tepung sagu, telur, dan bumbu-bumbu. Adonan kericu lalu dibentuk kecil memanjang dengan kedua sisinya yang meruncing, barulah digoreng sampai matang.

Teksturnya yang empuk dipadu rasa asin gurih, membuat kericu banyak diburu pelancong untuk sekadar teman ngemil maupun oleh-oleh.

7. Kue rintak

7 Jajanan Khas Bangka Belitung yang Nikmat, Cobain Kuy Biar Gak KepoKue rintak (instagram.com/novipurfrida)

Kue rintak adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung sagu, gula pasir, santan, dan telur.

Ukurannya yang kecil dengan bentuk seperti bunga, membuat kue rintak memiliki tekstur renyah dipadu manis gurih berkat penambahan topping biji wijen. Wajib masuk bucket list-mu nih!

Deretan jajanan khas Kepulaun Bangka Belitung di atas memang terlihat menggugah selera, kan? Maka dari itu saat kamu ada rencana buat berkunjung ke sana jangan lupa dicatat nih ragam jajanan ini untuk dibeli dan dibawa pulang. Rasanya lezat, jadi bisa menikmati sepuasnya di rumah deh!

Baca Juga: 10 Wisata Pantai di Bangka Belitung yang Wajib Masuk Daftar Liburanmu

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya