Comscore Tracker

6 Makanan Fermentasi dari Berbagai Negara, Ada Tempe Hingga Kimchi

Gak cuman enak tapi juga bergizi

Kamu mungkin pernah mendengar istilah rotten food alias makanan fermentasi atau pernah mengkonsumsinya. Sesuai dengan namanya, ini adalah makanan yang harus dibusukkan terlebih dahulu untuk dapat dikonsumsi. Tetapi, bukan berarti makanan ini berbahaya lho. Makanan ini justru bagus untuk kesehatan karena mengandung bakteri-bakteri yang baik bagi pencernaan. Berikut ini beberapa makanan yang masuk ke dalam kategori rotten food.

1. Tempe

6 Makanan Fermentasi dari Berbagai Negara, Ada Tempe Hingga Kimchiagriinvestor.com

Makanan ini jadi favorit banyak orang karena harganya yang murah namun bergizi. Tempe dibuat dari fermentasi biji kedelai yang dicampur dengan beberapa jenis kapang. Kapang tersebut yang membuat tempe merekat dan berbentuk padat. Tempe memiliki kandungan asam lemak, vitamin B, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, mineral, dan sebagai antioksidan. Mengonsumsi tempe dapat mencegah beberapa penyakit seperti, diare, jantung, diabetes melitus, kanker, dan juga hipertensi. 

2. Tape

6 Makanan Fermentasi dari Berbagai Negara, Ada Tempe Hingga Kimchiquora.com

Makanan ini terbuat dari fermentasi bahan pangan berkarbohidrat yang dijadikan sebagai substrat oleh ragi. Subtrat bisa berasal dari singkong atau beras ketan. Tape yang berbahan dasar singkong biasanya disebut peyeum, dan yang berbahan dasar ketan biasa kita temukan dengan istilah tape uli. Tape baik bagi sistem pencernaan dan dapat mengontrol tekanan darah tinggi serta mencegah anemia.

3. Kecap

6 Makanan Fermentasi dari Berbagai Negara, Ada Tempe Hingga Kimchifoodandmood.com.ua

Kecap merupakan hasil dari fermentasi kedelai hitam selama beberapa bulan. Kecap memberikan sumbangan gizi yang dibutuhkan tubuh, seperti kekurangan yodium, masalah penglihatan, ketahanan tubuh yang menyusut, serta beragam problem gizi bisa di minimalisir dengan kecap. Bahkan, pasien anemia disarankan untuk mengonsumsi kecap, atau sate daging yang di bumbui kecap.

Baca Juga: 7 Makanan Fermentasi yang Enak dan Baik untuk Tubuh, Dijamin Suka!

4. Keju

6 Makanan Fermentasi dari Berbagai Negara, Ada Tempe Hingga Kimchiunsplash.com/@waldemarbrandt67w

Keju terbuat dari susu yang mengalami proses pengentalan dengan bantuan bakteri. Keju memiliki kandungan protein, kalsium dan vitamin yang baik bagi tubuh, khususnya pencernaan. Tidak hanya itu, keju juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan mencegah penyakit hati.

5. Kimchi

6 Makanan Fermentasi dari Berbagai Negara, Ada Tempe Hingga Kimchithespruceeats.com

Makanan yang khas yang berasa dari Korea Selatan ini merupakan jenis asinan sayur yang difermentasi dan diberi bumbu pedas. Kimchi mengandung asam laktat yang bisa membunuh bakteri-bakteri serta virus membahayakan bagi tubuh. Asam laktat juga bermanfaat untuk pencernaan. Kimchi korea berkalori rendah, berserat tinggi, dan mengandung banyak vitamin, antara lain vitamin A, vitamin B1 (Thiamin), vitamin B2 (riboflavin), kalsium, dan zat besi.

6. Hakarl

6 Makanan Fermentasi dari Berbagai Negara, Ada Tempe Hingga Kimchiandrewzimmern.com

Makanan ini berasal dari Irlandia. Hakarl sering disebut sebagai makanan yang paling menjijikkan dan berbau menyengat di seluruh dunia. Makanan ini berasal dari daging hiu Greenland yang difermentasi selama beberapa minggu di bawah bebatuan dan setelah itu digantung selama tiga bulan. Fermentasi ini dilakukan untuk mengurangi kandungan racun dalam dagingnya. 

Itulah beberapa makanan hasil fermentasi yang baik bagi kesehatan tubuh. Apa kamu tertarik mencobanya?

Baca Juga: 5 Fakta Unik Miso, Bumbu Masak Dari Kedelai Fermentasi Khas Jepang  

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You