Baca artikel IDN Times lainnya di IDN App
Install

Mengkonsumsi 7 Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Hidup Lebih Lama

Mengkonsumsi 7 Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Hidup Lebih Lama
Pixabay/cattalin
Share Article

Tidak ada orang yang bisa hidup selamanya. Rata-rata usia manusia mungkin hanya berkisar antara 60 sampai 80 tahun saja. Tapi bukan berarti kita berpasrah menerima takdir yang pasti akan terjadi begitu saja. Kita tetap harus menjaga kesehatan dengan memperhatikan apa yang kita makan.

Paling tidak, dengan mengkonsumsi 7 jenis makanan berikut bisa meningkatkan kualitas hidup sekaligus memperbesar kemungkinan untuk bisa hidup lebih lama. Apa saja sih makanannya?

  1. 1. Buah dan sayuran berwarna cerah

    Pixabay/Huahom
    Pixabay/Huahom

    Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin akan memiliki umur yang lebih panjang dibanding orang yang jarang mengkonsumsinya. Walaupun segala jenis buah dan sayur itu bagus untuk kesehatan, tetapi yang memiliki warna cerah seperti hijau dan kuning lebih tinggi manfaatnya, terutama untuk mencegah penyakit kanker.

  2. 2. Dark Chocolate

    Pixabay/AlexanderStein
    Pixabay/AlexanderStein

    Kabar gembira bagi pencinta cokelat karena ternyata mengkonsumsi cokelat bisa membuatmu hidup lebih lama. Biji cokelat mengandung antioksidan yang bisa membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Walaupun begitu, tidak disarankan untuk mengonsumsi terlalu banyak cokelat. Cukup makan 1 potong kecil cokelat setiap hari dan pastikan cokelat yang kamu pilih adalah dark chocolate yang tidak banyak mengandung pemanis atau less sugar.

  3. 3. Ikan berminyak/oily fish

    Pixabay/robsonmelo
    Pixabay/robsonmelo

    Jepang dikenal sebagai salah satu negara dengan angka harapan hidup yang tinggi bagi penduduknya. Ini tentunya tidak jauh dari tradisi dan kebiasaan mereka yang sering menkonsumsi ikan. Ikan memang sangat banyak manfaatnya untuk berbagai macam masalah kesehatan, terutama oily fish atau ikan yang mengandung minyak.

    Oily fish ini bisa berupa ikan salmon, makarel, dan sarden. Ikan-ikan ini mengandung vitamin A dan D yang baik untuk sistem kekebalan tubuh dan juga kaya akan asam lemak omega 3. Para peneliti juga menyatakan bahwa DHA yang terkandung dalam ikan bisa melawan penyakit Alzheimer.

    Jadi, mengonsumsi ikan berminyak bisa mengurangi risiko penyakit jantung, struk, dan kerusakan otak.

  4. 4. Green Tea

    Pixabay/fxxu
    Pixabay/fxxu

    Green tea bermanfaat untuk mengatur tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menurunkan kolesterol, bahkan juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Berdasarkan penelitian di Journal of the American Medical Association, disebutkan bahwa orang yang meminum 5 cangkir green tea atau lebih setiap harinya memiliki tingkat kematian 16 persen lebih rendah dibanding orang yang hanya mengkonsumsi satu cangkir saja.

  5. 5. Minyak zaitun

    Pixabay/stevepb
    Pixabay/stevepb

    Kebanyakan orang akan menghindari konsumsi minyak yang berlebihan karena takut gemuk dan tidak sehat. Jika kamu belum terbiasa menggunakan minyak zaitun, kamu bisa mencobanya mulai dari sekarang. Karena di dalam minyak zaitun atau olive oil ada kandungan lemak tak jenuh yang tinggi terutama asam oleik dan polifenol yang bisa mengurangi rsiko penyakit jantung dan struk.

    Menurut penelitian, orang yang rajin mengkonsumsi minyak zaitun memiliki 20 persen kesempatan untuk hidup lebih lama, memperpanjang umur sekitar 2 sampai 3 tahun.

  6. 6. Bawang putih

    Pixabay/stevepb
    Pixabay/stevepb

    Selain digunakan untuk menambah cita rasa makanan, bawang putih ternyata memiliki manfaat yang sangat besar. Bawang putih memiliki khasiat sebagai antibiotik dan di dalamnya terdapat senyawa yang bisa melawan penyakit kanker.

    Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi bawang putih secara teratur hanya memiliki setengah kemungkinan untuk terkena penyakit kanker perut dibandingkan dengan orang yang jarang atau tidak pernah mengkonsumsinya.

  7. 7. Cranberries

    Pixabay/KristineLejniece
    Pixabay/KristineLejniece

    Buah kecil yang tergolong ke dalam kelompok beri-berian ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Di dalam buah ini terkandung vitamin A, B12, E, C, K, dan juga kaya akan serat yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah radikal bebas, melancarkan pencernaan, mengurangi risiko penyakit kanker, struk, diabetes, dan darah tinggi. Selain bisa membuatmu hidup lebih lama, cranberry juga bermanfaat untuk kecantikan kulit karena memiliki kandungan vitamin E dan C yang tinggi.

    Hidup lebih lama memang dambaan setiap orang. Tetapi rugi jadinya jika memiliki umur panjang tapi malah penyakitan dan tidak bisa menikmati hidup. Nah, demi hidup lebih sehat dan berkualitas, tidak ada salahnya kita mulai memperhatikan apa makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Di antara 7 makanan di atas, mana yang paling sering kamu konsumsi?

This article is written by our community writers and has been carefully reviewed by our editorial team. We strive to provide the most accurate and reliable information, ensuring high standards of quality, credibility, and trustworthiness.
Share Article
Editorial Team

Related Articles

See More