Comscore Tracker

5 Dessert Tertua di Dunia yang Masih Bisa Kamu Nikmati

Sudah pernah makan salah satunya?

Dessert atau makanan penututup setelah makanan utama disajikan. Banyak ragam dessert yang bisa kita jumpai, mulai dari cake, pudding, ice cream, dan masih banyak lagi.

Tahukah kamu, kalau ternyata ada beberapa dessert yang sudah ada sejak lama dan diklaim sebagai dessert tertua di dunia? Ini dia 5 dessert yang diklaim sebagai dessert tertua di dunia. Salah satunya pasti sudah pernah kamu coba! 

1. Pancake

5 Dessert Tertua di Dunia yang Masih Bisa Kamu Nikmatiunsplash.com/@miracletwentyone

Pancake sudah menjadi salah satu dessert yang dinikmati masyarakat masa kini karena terkenal sebagai sajian yang mudah dibuat dan dikreasikan. Pancake terbuat dari bahan-bahan seperti, terigu, telur, gula, dan susu. Kemudian, pancake dihiasi dengan berbagai topping seperti sirup, madu, cokelat, buah-buahan, dan masih banyak lagi.

Ternyata pancake sudah ada sejak tahun 3300 sebelum Masehi. Hal ini dibuktikan saat oleh Otzi the Iceman yang hidup pada masa tersebut. Ketika tubuhnya diotopsi, di dalam perutnya ditemukan daging rusa dan pancake kuno. Selain itu peradaban Yunani Kuno juga diketahui telah menyantap pancake sebagai menu sarapannya. Pancake versi mereka yaitu tepung terigu dan minyak zaitun yang digoreng kemudian disajikan bersama susu atau madu. 

2. Cheesecake

5 Dessert Tertua di Dunia yang Masih Bisa Kamu Nikmatipexels.com/ValeriaBoltneva

Cheesecake adalah camilan yang biasanya terbuat dari lapisan tebal keju manis dan biscuit atau adonan kue sebagai bahan dasar atau pinggirannya. Karena cita rasanya yang creamy dan manis, banyak orang yang menyukai dessert satu ini. Cheesecake sendiri sudah ada sejak zaman Yunani Kuno yakni sekitar 5000 tahun lalu dengan resep campuran dari madu, tepung dan keju lunak. Kue ini sering disajikan saat pesta pernikahan dan perayaan besar lainnya. 

Di Amerika resep cheese cake ditemukan pada tahun 1872 oleh William Lawrence, seorang pengantar susu. Resep cheese cake Amerika menambahkan krim keju di dalamnya sehingga teksturnya jadi lebih tebal dan berat. Kreasi lainnya bahkan sering ditambahkan parutan kulit lemon atau jeruk yang masih sering digunakan hingga sekarang. 

3. Lebkuchen

5 Dessert Tertua di Dunia yang Masih Bisa Kamu Nikmatiunsplash.com/@miroslava

Lebkuchen adalah kue jahe asal Jerman. Lebkuchen pertama kali dibawa ke Nuremberg, Jerman sekitar abad ke 13 untuk disajikan pada perayaan Natal oleh para pendeta yang berasal dari Franconia, Jerman. Sejak saat itu, sajian Lebkuchen mulai menjadi tradisi Natal di Jerman. Lebkuchen awalnya tidak banyak dikenal oleh orang dari luar Franconia sampai pada tahun 1487, Kaisar Friedric III membagikan 4000 kue jahe bergambar dirinya yang dilukis menggunakan gula kepada anak-anak Jerman. 

Hingga saat ini kue jahe sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia dan cukup digemari oleh hampir semua kalangan. 

Baca Juga: 5 Fakta Panna Cotta, Dessert Lembut yang Lumer di Mulut!

4. Meat Pie

5 Dessert Tertua di Dunia yang Masih Bisa Kamu Nikmatitaste.com.au

Meat pie atau pai daging khas Australia ini berisi daging cincang disajikan dengan saus tomat, kadang dengan tambahan bawang bombai, jamur, atau keju. 

Namun, siapa yang mengira kalau usia pai daging sudah lebih dari 3 abad. Resep pai daging tercatat dalam tiga buah prasasti yang ditulis tahun 1700 Sebelum Masehi. Seorang chef asal Perancis, Jean Bottero, kemudian menerjemahkannya dan hasilnya adalah cerita tentang resep pembuatan pie berisi daging unggas.

Sampai saat ini, pie daging telah mengalami berbagai modifikasi dan masih tetap jadi makanan yang tidak boleh terlewatkan bila berkunjung ke Australia. 

5. Linzer Torte

5 Dessert Tertua di Dunia yang Masih Bisa Kamu Nikmatikingarthurflour.com

Linzer Torte, salah satu makanan khas Austria yang termasuk dessert tertua di dunia. Kue tart ini berisikan selai dan ditutupi adonan pastri di atasnya. Penelitian menemukan bahwa Linzer Torte sendiri telah tercatat Manuskrip Veronese pada tahun 1653 yang ditemukan di Austria pada tahun 2005. Hingga kini linzer torte sudah banyak perubahan dan dikreasikan hingga sangat berbeda dari resep aslinya. Kamu bisa menemukan resep linzer torte yang paling akurat di situs nasional Austria. 

Ternyata pancake dan cheesecake yang sering kita nikmati termasuk dessert yang tertua di dunia ya! Kamu tergiur untuk mencicipi aneka dessert yang lain?

Baca Juga: 6 Olahan Dessert Lezat dengan Topping Permen, Anti Mainstream Nih!

Michelle Maryeta Photo Verified Writer Michelle Maryeta

Palembang, Sumatera Selatan. 8teen. A girl with a million dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya