Comscore Tracker

8 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Situbondo

Yuk ke Situbondo dan cicipi kuliner ini!

Mungkin sebagian besar dari kamu masih belum tahu, atau bahkan mungkin belum pernah mendengar kata Situbondo. Itu wajar, karena memang Situbondo adalah kota kecil yang jarang orang tahu keberadaannya. 

Situbondo sendiri terletak di ujung timur dari pulau Jawa, tepatnya sebelum Kabupaten Banyuwangi. Meski tidak seterkenal kabupaten di sebelahnya, Situbondo memiliki destinasi serta kuliner yang tidak kalah menarik. 

Nah, beberapa kuliner yang berada di Situbondo ini dapat menjadi daya tarik kamu untuk berkunjung ke kabupaten ini.

1. Lopes

8 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Situbondoinstagram.com/ummunaafidzi

Lopes merupakan jajanan khas dari Situbondo yang dikenal sebagai jajanan pasar. Harganya juga cukup murah hanya bermodal Rp6.000 saja kamu sudah dapat mencicipi makanan yang satu ini.

Jajanan ini terdiri dari jagung, parutan kelapa, beras ketan, dan siraman gula Jawa. Kamu bisa menjumpai jajanan ini di pasar-pasar sekitar Situbondo.

2. Tajin palapa

8 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Situbondoinstagram.com/kulinersitubondo

Tajin berarti bubur dan palapa berarti bumbu. Jadi bisa diartikan tajin palapa merupakan bubur yang berbumbu kacang. Tajin palapa terdiri dari bubur, bumbu kacang, taoge, kangkung, dan biasanya diberi tambahan ote-ote yang dipotong-potong.

Mencari tajin palapa pun tidak susah. Kamu dapat menemuinya di pinggir jalan sekitar kota Situbondo.

3. Rengginang

8 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Situbondoinstagram.com/rengginang.situbondo

Mungkin salah satu jajanan ini sering kamu jumpai. Namun, rengginang khas Situbondo ini memiliki ciri khas yang berbeda dari rengginang pada umumnya dengan rasa lorjuk.

4. Nasi sodu

8 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Situbondoinstagram.com/suwarsuwirjember

Jika kamu melewati Jalan Pantura Asembagus atau 20 kilometer ke arah timur dari Kota Situbondo, kamu akan banyak menjumpai para pedagang nasi sodu ini. Tepatnya di Desa Awar-awar.

Nasi sodu terdiri dari nasi yang ditambah santan kental, ditaburi taoge, wortel, buncis, dan ikan tongkol sebagai lauknya. Harganya pun murah meriah. Hanya bermodal Rp5.000 kamu sudah dapat menyantap kuliner yang satu ini.

 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Situbondo untuk Liburan Akhir Pekan

5. Rujak cingur

8 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Situbondoinstagram.com/kulinersitubondo

Rujak cingur menjadi makanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Situbondo. Makanan ini biasanya terdiri dari irisan mangga muda, kedondong, mentimun, tahu, kangkung, taoge, dan hidung sapi.

Irisan tadi akan disajikan dengan olahan bumbu yang khas. Bumbu tersebut terdiri dari bumbu kacang dengan tambahan petis udang.

6. Nasi karak

8 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Situbondoinstagram.com/kulinersitubondo

Makanan khas yang satu ini sudah sangat terkenal menjadi ikonik dari kuliner Situbondo. Jika lihat sepintas, nasi karak terlihat seperti nasi kucing karena porsinya yang sedikit dan lauknya yang sederhana.

Nasi karak terdiri dari nasi yang diberi parutan kelapa dan lauk yang berupa ikan tongkol yang telah dimasak dengan bumbu merah. 

7. Nasi kaldu

8 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Situbondoinstagram.com/ika_wismandini

Nasi kaldu adalah nasi yang memiliki kuah menyerupai gulai dengan daging kambing dan tambahan kacang hijau. Kamu dapat mendapatkan cita rasa yang khas jika mencoba kuliner yang satu ini di Situbondo.

8. Sate lalat

8 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Situbondoinstagram.com/kulinersitubondo

Situbondo merupakan kabupaten yang mayoritas ditempati oleh penduduk dari Madura. Tidak heran jika kuliner sate menjadi salah satu di antara kuliner yang wajib kamu coba.

Namun, sate ini berbeda dengan sate yang biasa dijual. Sate ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Oleh karena itu, sate ini dinamai dengan sate lalat. Campuran bumbu dari sate juga sedikit beda, lebih gurih dan nikmat tentunya.

Masih banyak lagi tentunya kuliner yang khas dari Kabupaten Situbondo ini. Kamu dapat langsung berkunjung dan mencicipi sendiri bagaimana cita rasa dari makanan-makanan di atas. 

Baca Juga: 5 Kuliner Khas yang Bikin Kamu Kangen Terus sama Kota Malang

Muhammad Rafi Athallah Photo Verified Writer Muhammad Rafi Athallah

Change the WORLD by your WORD

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya