Comscore Tracker

Masa Pertumbuhan, 10 Makanan Ini Wajib Kalian Konsumsi Setiap Hari

Biar kebutuhan nutrisi terpenuhi

Usia remaja adalah masanya untuk memaksimalkan tumbuh kembang tumbuh. Gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi pertumbuhan tubuh kalian dan ini akan berdampak untuk jangka panjang.

Jadi untuk kalian yang sedang dalam masa pertumbuhan, 10 makanan berikut ini perlu dimasukkan ke dalam daftar menu sehari-hari agar mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

1. Susu

Masa Pertumbuhan, 10 Makanan Ini Wajib Kalian Konsumsi Setiap Haripixabay.com/1195798

Susu merupakan sumber lemak yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhan. Karena susu mengandung berbagai nutrisi seperti kalsium dan vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan tulang. Bagi para remaja yang sedang aktif-aktifnya berkegiatan, kandungan protein dalam susu bisa membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat, misalnya saat kamu mengalami cedera otot. 

2. Blueberries

Masa Pertumbuhan, 10 Makanan Ini Wajib Kalian Konsumsi Setiap Haripixabay.com/hellotimothytyndale

Blueberries sangat bagus untuk meningkatkan kinerja otak dan konsentrasi. Selain itu buah ini juga mengandung serat dan vitamin B6 sebagai penambah energi di pagi hari. Kamu yang masih sekolah dan butuh konsentrasi tinggi atau yang masih suka makan junkfood, buah ini bisa jadi penyeimbang buat kebaikan tubuhmu.

3. Salmon

Masa Pertumbuhan, 10 Makanan Ini Wajib Kalian Konsumsi Setiap Haripixabay.com/cattalin

Salmon adalah salah satu superfood yang tidak hanya mengandung protein dan antioksidan, tapi juga kaya akan sumber asam lemak omega 3 yang berguna untuk mengendalikan mood dan meningkatkan konsentrasi.

4. Beans

Masa Pertumbuhan, 10 Makanan Ini Wajib Kalian Konsumsi Setiap Haripixabay.com/kidsnewshu

Beans seperti kacang polong, kacang kedelai, buncis, dan sebagainya, mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat berguna untuk para remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan. Tubuh membutuhkan mikronutrien agar tulang dan otot bisa tersusun dengan baik. Beans juga mengandung serat yang tinggi, selain itu juga mengandung zat besi dan magnesium yang diperlukan tubuh untuk membentuk otot.

5. Sumber vitamin C

Masa Pertumbuhan, 10 Makanan Ini Wajib Kalian Konsumsi Setiap Haripixabay.com/pasja1000

Nutrisi terpenting untuk pertumbuhan tubuh bukan hanya protein atau karbohidrat saja, tapi vitamin C yang juga tidak kalah penting. Vitamin C sebenarnya paling banyak terkandung dalam buah capsicum, tetapi karena buah ini sulit diperoleh di Indonesia, maka buah yang lain pun tidak jadi masalah, seperti jeruk, pepaya, kiwi, paprika, dan lain-lain.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Putih Telur, Bantu Jaga Pertumbuhan Otot! 

6. Nuts (kacang-kacangan)

Masa Pertumbuhan, 10 Makanan Ini Wajib Kalian Konsumsi Setiap Haripixabay.com/012

Nuts atau kacang-kacangan seperti almond dan walnut bisa dijadikan sebagai camilan sehat untuk para remaja. Karena mencari camilan yang sehat dan bernutrisi itu susah-susah gampang. Kacang-kacangan bisa jadi pilihan karena tidak hanya mengandung protein dan lemak sehat, namun juga mengenyangkan. Jadi kamu tidak perlu buka kulkas tengah malam karena kelaparan.

7. Telur

Masa Pertumbuhan, 10 Makanan Ini Wajib Kalian Konsumsi Setiap Haripixabay.com/JillWellington

Telur bisa dijadikan sebagai menu sarapan karena kaya akan nutrisi. Telur mengandung selenium yang berguna untuk mengoptimalkan fungsi mata dan juga mengandung protein tinggi untuk kekuatan otot tubuh. Di samping itu, telur juga mengandung lemak yang bikin kamu cepat kenyang. Telur juga bisa meningkatkan fungsi otak. Wah, ternyata banyak juga ya manfaat telur buat tubuh.

8. Oats

Masa Pertumbuhan, 10 Makanan Ini Wajib Kalian Konsumsi Setiap Haripixabay.com/haaijk

Mulai dari sekarang kamu bisa membiasakan diri untuk sarapan dengan oatmeal. Oats bisa melepas energi sedikit demi sedikit sehingga kamu tidak cepat lelah atau lapar lagi. Selain itu oats juga mengandung serat yang baik untuk tubuh.

9. Bayam

Masa Pertumbuhan, 10 Makanan Ini Wajib Kalian Konsumsi Setiap Haripixabay.com/showmeyourflowers

Walaupun banyak orang yang susah sekali makan sayur, tapi berusahalah, yakinkan diri sendiri bahwa dengan mengonsumsi sayuran hijau ini akan sangat bermanfaat bagi tubuhmu yang sedang dalam masa pertumbuhan. Bayam tidak hanya kaya akan zat besi, serat, dan asam folat, tapi juga mengandung betakaroten yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

10. Yoghurt

Masa Pertumbuhan, 10 Makanan Ini Wajib Kalian Konsumsi Setiap Haripixabay.com/TerriC

Yoghurt bisa menjadi makanan sehat favorit bagi para remaja. Kandungan probiotiknya dapat membantu meningkatkan fungsi kerja usus, sekaligus melancarkan pencernaan. Usus yang sehat bisa meningkatkan mood dan mencegah perut kembung. Tapi harus hati-hati mengonsumsi yoghurt dengan berbagai macam perasa yang kandungan gulanya tinggi, ya.

Banyak dari para remaja zaman sekarang yang tidak peduli dengan makanan sehat. Beberapa dari mereka malah kecanduan junkfood, makanan instan, minuman bersoda, dan sebagainya. Padahal untuk usia remaja, makanan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tubuh, konsentrasi, bahkan suasana hati. Jadi pastikan kalian tidak melewatkan makanan sehat di atas, ya!

Baca Juga: 5 Makanan Cepat Saji Ini Justru Berbahaya Bagi Pertumbuhan Remaja

Nanda Oktavia Photo Community Writer Nanda Oktavia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You