Comscore Tracker

5 Makanan Cepat Saji Ini Justru Berbahaya Bagi Pertumbuhan Remaja

Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan ini

Usia remaja membutuhkan nutrisi yang baik dalam mendukung pertumbuhan. Memilih makanan yang sehat sangat penting agar perkembangan saat usia remaja tidak terhambat. Nutrisi untuk otak dan tulang perlu diimbangi dengan menu makanan sehat.

Kebiasaan dalam mengonsumsi makanan cepat saji sebenarnya berbahaya bagi usia remaja. Bahan-bahan berbahaya dan lemak jahat dapat memicu masalah pada perkembangan. Untuk itu, hindari berbagai macam makanan yang justru berbahaya bagi tubuh.

Berikut deretan makanan yang terasa lezat namun memiliki bahaya jika dikonsumsi terlalu sering.

1. Kentang goreng

5 Makanan Cepat Saji Ini Justru Berbahaya Bagi Pertumbuhan RemajaPixabay.com/Pexels

Kentang goreng yang dijual dipasaran tidak baik jika sering dikonsumsi. Apalagi para remaja yang suka sekali mengonsumsi kentang goreng yang memiliki kadar MSG tinggi. Selain itu, perlu diperhatikan juga kualitas minyak saat penggorengan. Zat-zat berbahaya pada MSG dan minyak bekas dapat menghambat pertumbuhan pada usia remaja. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung cukup mineral agar dapat tumbuh dengan baik.

2. Ayam goreng

5 Makanan Cepat Saji Ini Justru Berbahaya Bagi Pertumbuhan RemajaPixabay.com/Free-Photos

Ayam goreng yang dikonsumsi terlalu sering memiliki lemak dan kalori yang tinggi. Apalagi jika ayam yang dikonsumsi dijual dipasaran. Kandungan gluten pada ayam konvensional yang penuh dengan hormon buatan tidak baik dikonsumsi terlalu banyak oleh para remaja. Selain itu, campuran msg dan garam berlebihan dapat menghambat dalam masa pertumbuhan. Saat kumpul bareng teman, sering sekali para remaja tidak mengontrol kandungan MSG pada makanan cepat saji.

3. Pizza

5 Makanan Cepat Saji Ini Justru Berbahaya Bagi Pertumbuhan RemajaPixabay.com/mynorbejarano

Pizza menjadi makanan favorit para remaja. Sebenarnya pizza tidak boleh dimakan terlalu sering. Kandungan keju dan tepung putih bercampur dengan nitrosamin yang diolah dari daging asin olahan. Hal ini tidak sehat jika dikonsumsi terlalu sering. Sebaiknya diganti salad sayuran yang memiliki nutrisi tinggi. Kamu juga dapat mengonsumsi buan-buahan segar agar kebutuhan akan serat terjaga.

Baca Juga: 7 Menu Fast Food yang Enak tapi Rendah Kalori, Ada Kesukaanmu?

4. Hot dog

5 Makanan Cepat Saji Ini Justru Berbahaya Bagi Pertumbuhan RemajaPixabay.com/bosutn

Hot dog diolah dari daging dan pasta lainnya. Bahaya pada hot dog terdapat pada tingginya kandungan sodium dan lemak yang tidak baik untuk pertumbuhan remaja. Sodium nitrat yang ditambahkan pada makanan olahan dapat memicu masalah serius seperti kanker yang mengerikan. Jika ingin memakan makanan praktis seperti hot dog, dapat diganti dengan sandwich sayuran.

5. Chicken nugget

5 Makanan Cepat Saji Ini Justru Berbahaya Bagi Pertumbuhan RemajaPixabay.com/Hansbenn

Chicken nugget memang memiliki rasa lezat. Namun perlu diperhatikan, daging olahan pada nugget biasanya terbuat dari ayam konvensional. Zat-zat kimia berbahaya kemungkinan terdapat dalam olahan daging tersebut. Apalagi jika memilih nugget yang mengandung pewarna berbahaya. Sebaiknya ganti dengan makanan sehat seperti salad yang penuh dengan sayuran sehat.

Makanan-makanan ini memberikan pengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan anak remaja. Gaya hidup pada usia remaja harus diperhatikan agar pola makan dapat terkontrol.

Baca Juga: 12 Foto Ekpektasi vs Realita Iklan Fast Food, Kamu Pernah Merasakan?

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya