Comscore Tracker

5 Makanan Ini Ternyata Baik Untuk Ibu Menyusui

Semuanya gampang banget dijumpai

Menjadi ibu baru merupakan tantangan dan pengalaman seru tersendiri. Setelah fase kehamilan dilalui, hadirlah malaikat kecil yang masih sangat bergantung pada kita. Buat kamu yang ingin memberikan ASI untuk si buah hati, makanan ini bisa membantu tubuhmu untuk memproduksi ASI dengan kualitas yang baik. Sebenarnya ada banyak sekali makanan yang tinggi nutrisi untuk ibu menyusui, tapi kita lihat yang paling mudah ditemui dan harganya terjangkau, yuk..

1. Alpukat

5 Makanan Ini Ternyata Baik Untuk Ibu Menyusuiwww.thoughtco.com

Siapa disini yang merupakan penggemar alpukat? Selain rasanya enak, mengenyangkan, dan tentu saja banyak kandungan nutrisinya. Alpukat adalah pembangkit tenaga gizi untuk ibu menyusui. Biasanya ibu menyusui merasa sering sangat lapar karena memang terjadi peningkatan pemakaian kalori untuk menyusui. Tetapi seorang ibu baru pun biasanya memiliki sedikit waktu untuk menyiapkan dan makan. Jadi, alpukat bisa menjadi salah satu alternatif makanan saat perut mulai keroncongan. Pastikan sudah matang ya biar rasanya gak pahit, jadi busui bahagia saat memakannya, produksi ASI pun semakin lancar.

Apabila dilihat dari kandungan nutrisi dan manfaatnya, alpukat memiliki hampir 80 persen lemak yang menyehatkan jantung dan membantu mempertahankan rasa kenyang. Alpukat juga merupakan sumber vitamin B, vitamin K, folat, kalium, vitamin C, dan vitamin E. 

Kalau favoritmu, alpukatnya diolah seperti apa nih?

2. Kacang-kacangan

5 Makanan Ini Ternyata Baik Untuk Ibu Menyusuiwww.womensweekly.com.sg

Makanan kaya nutrisi lainnya adalah kacang-kacangan karena mengandung mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan seng, serta vitamin K dan vitamin B. Kacang juga merupakan sumber asam lemak esensial dan protein yang sehat. Di luar kandungan nutrisi yang banyak ini, kacang-kacangan juga dianggap sebagai makanan laktogenik di banyak bagian dunia yang dituangkan dalam beberapa bukti klinis untuk membuktikan penggunaan kacang sebagai galactagogue.

Kacang-kacangan telah digunakan dalam pengobatan tradisional ayurveda selama beberapa generasi, terutama almond, yang tidak hanya ditulis secara luas dalam literatur ayurveda tetapi juga merupakan salah satu makanan laktogenik yang paling banyak digunakan di dunia. Nah, sekarang kita bisa menemukan banyak banget produk ASI booster yang berbahan dasar almond, nih. Kamu udah pernah coba yang mana? 

 

3. Yogurt, susu, dan keju

5 Makanan Ini Ternyata Baik Untuk Ibu Menyusuiwww.medicalnewstoday.com

Susu merupakan salah satu sumber vitamin D yang dibutuhkan untuk penguat tulang. Selain menyediakan protein dan vitamin B, produk susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Kalau kamu menyusui, ASI kamu sebaiknya memiliki kalsium untuk membantu tulang bayi berkembang. Selain itu, tubuhmu sendiri sangat membutuhkan kalsium yang banyak terpakai selama masa kehamilan dan menyusui. 

Mana yang lebih kamu suka: yogurt, susu, atau keju?

Baca Juga: Suka Naik Gunung? Lebih Baik Bawa 5 Makanan Sehat Ini Selama Pendakian

4. Jeruk

5 Makanan Ini Ternyata Baik Untuk Ibu Menyusuiwww.rd.com

Mudah ditemukan, mudah dibawa dan kaya gizi, jeruk adalah makanan yang luar biasa untuk membantu meningkatkan energi dan memberikan kesegaran. Buah jeruk adalah makanan untuk ibu menyusui yang sangat baik, karena ibu menyusui membutuhkan lebih banyak vitamin C daripada wanita hamil. Mau lebih praktis? coba minum jus jeruk sambil menjalani harimu. Selain segar, kamu juga akan mendapatkan manfaat vitamin C, dan kamu bisa memilih varietas yang diperkaya kalsium untuk mendapatkan lebih banyak dari minuman Anda. Wah bayanginnya aja udah segar banget ya.. 
 

5. Telur

5 Makanan Ini Ternyata Baik Untuk Ibu Menyusuiwww.eggs.ca

Wah kalau ngomongin telur sih gak ada habisnya ya.. Selain bisa diolah jadi bermacam-macam makanan, telur adalah makanan serbaguna untuk memenuhi kebutuhan protein harian kamu, lho. Cukup siapkan beberapa telur untuk sarapan, atau bisa mencampur satu atau dua telur rebus di salad saat makan siang, atau makan telur dadar dan rebus kapanpun kamu mau. Pilihlah telur yang diperkaya DHA untuk meningkatkan kadar asam lemak esensial dalam ASI Anda. Kamu doyan telur yang dimasak apa nih?

Nah, beberapa makanan yang udah kita bahas tadi gampang banget ditemukan dan harganya juga relatif terjangkau, kan? Praktis, murah, dan gak repot tapi tetap kayak nutrisi buat kamu dan buah hati. Tapi pastikan si kecil gak menunjukkan reaksi alergi ya selama kamu mengonsumsi makanan-makanan tadi. Tetap waspada ya! 

Selamat meng-ASI-hi si kecil!

Baca Juga: 7 Makanan Terbaik untuk Ibu Menyusui, Bayi Jadi Makin Ceria!

Natur Yasinka Photo Writer Natur Yasinka

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya