Comscore Tracker

4 Cara Membersihkan Cincau Hitam dengan Tepat, Rasanya Jadi Lebih Enak

#RamadanDiRumah Jangan direndam dalam air terlalu lama, ya

Cincau hitam menjadi salah satu komponen wajib dalam sebuah es. Apalagi saat Ramadan seperti ini, apalah arti sebuah es tanpa adanya cincau hitam. Meski bisa langsung diolah, tapi kamu harus membersihkannya terlebih dahulu.

Berikut cara membersihkan dan mengolah cincau hitam yang benar. Dengan begitu, rasa cincau hitam dan es buatanmu jauh lebih lezat. Simak, ya!

1. Hilangkan gumpalan gelembung

4 Cara Membersihkan Cincau Hitam dengan Tepat, Rasanya Jadi Lebih Enakinstagram.com/jogjasupply

Kalau cincau hitam yang kamu beli memiliki bercak gelembung, itu tandanya cincau kurang lama dimasak, sehingga kurang matang. Namun, kalau sudah terlanjur dibeli, tidak masalah.

Sebelum dicuci, hilangkan bagian permukaan cincau hitam yang dipenuhi gelembung dengan cara dipotong. Potong saja sedikit bagian tersebut hingga tak ada yang tersisa. Jika sudah, letakkan cincau yang sudah tak bergelembung ke dalam mangkuk.

2. Cuci cincau hitam dengan air mengalir

4 Cara Membersihkan Cincau Hitam dengan Tepat, Rasanya Jadi Lebih Enakhockhuatonic.com

Setelah gelembung pada permukaan cincau hitam sudah hilang, saatnya mencucinya hingga bersih. Gunakan air mengalir untuk menghilangkan seluruh kotoran yang menempel di cincau. Tak perlu terlalu keras, pastikan air yang mengalir pelan.

Tujuan mencuci cincau hitam sendiri adalah untuk menghilangkan lunturan warna yang dihasilkan. Lakukan tahap ini beberapa kali tanpa membuat cincau hitam rusak atau terpotong tanpa disengaja.

Baca Juga: 10 Resep Minuman ala Yummy App untuk Buka Puasa, Nyegerin Banget!

3. Rendam dengan air matang

4 Cara Membersihkan Cincau Hitam dengan Tepat, Rasanya Jadi Lebih Enakpinterest.com/Sundry Desserts

Siapkan wadah, lalu isi dengan air matang hingga setengah bagian saja. Segera rendam cincau hitam, tetapi jangan sampai tenggelam. Cukup setengah bagiannya saja, supaya tekstur cincau tak berubah menjadi lembek.

Proses merendam ini tak perlu waktu yang lama. Segera gunakan cincau hitam yang sudah direndam. Sebab, terlalu lama merendamnya akan menyebabkan permukaan cincau hitam jadi keriput.

4. Simpan di dalam kulkas dengan wadah

4 Cara Membersihkan Cincau Hitam dengan Tepat, Rasanya Jadi Lebih Enakthewoksoflife.com

Kalau tidak akan digunakan, cincau hitam yang sudah dicuci bisa disimpan ke dalam kulkas. Namun, letakkan ke dalam wadah kedap udara terlebih dahulu. Sebelum itu, buang terlebih dahulu air rendamannya.

Bersihkan kembali menggunakan air matang sampai tak ada lunturan air yang ikut. Setelah itu, segera masukkan ke dalam wadah dan tutup rapat. Masukkan ke dalam kulkas, tak perlu di frezeer. Cincau hitam akan tahan lama hingga tiga hari.

Jadi sekarang sudah tahu, kan bagaimana mencuci hingga mengolah cincau hitam? Yuk, langsung segara terapkan cara-cara di atas, dijamin rasanya jadi lebih enak, deh!

Download aplikasi masak di Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Es Cincau Gula Merah yang Enak, Pelepas Dahaga untuk Buka Puasa

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya