Comscore Tracker

5 Tips Membersihkan Microwave yang Mudah dan Tepat, Gampang Banget!

Microwave pun akan tampak seperti baru

Microwave merupakan alat elektronik yang biasa digunakan di rumah. Fungsinya adalah untuk memanaskan makanan agar lebih awet dan lezat saat dikonsumsi.

Namun, penggunaan microwave secara rutin akan membuatnya mudah kotor dan tak terawat. Oleh sebab itu, kamu perlu memerhatikan beberapa tips penting selama membersihkannya.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips membersihkan microwave, berikut lima daftarnya.

1. Campurkan air dan cuka apel

5 Tips Membersihkan Microwave yang Mudah dan Tepat, Gampang Banget!ebay.com

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mempersiapkan cuka apel sebagai bahannya. Cuka apel akan dicampurkan dengan air. Selanjutnya, kamu dapat menyimpannya di dalam microwave selama beberapa menit dan usapkanlah dengan menggunakan kain kering.

2. Gunakan sabun pencuci piring

5 Tips Membersihkan Microwave yang Mudah dan Tepat, Gampang Banget!Pexels/Burst

Apabila kamu tak mau repot, kamu dapat membersihkan microwave dengan menggunakan sabun pencuci piring. Caranya juga hanya dengan meletakkan sabun pencuci piring ke dalamnya selama beberapa saat. Setelah itu, kamu dapat membasuhnya dengan menggunakan lap kering.

Baca Juga: 5 Fungsi Lain dari Microwave yang Jarang Diketahui, Yuk Coba!

3. Gunakan air jeruk atau lemon

5 Tips Membersihkan Microwave yang Mudah dan Tepat, Gampang Banget!Youtube/5-Minute Crafts

Sudah bukan rahasia umum lagi bila memang lemon atau air jeruk dapat menjadi alternatif dalam membersihkan beragam peralatan masak atau pun alat elektronik. Kamu dapat mencampurkan lemon atau air jeruk dengan menggunakan air. Setelah itu, didihkan air lemon atau jeruk ke dalam microwave. Selanjutnya, kamu dapat membersihkannya dengan spons lembut.

4. Gunakan baking soda

5 Tips Membersihkan Microwave yang Mudah dan Tepat, Gampang Banget!scoop-n-save.com

Sama halnya dengan penggunaan bahan-bahan lainnya, baking soda juga dapat digunakan untuk membersihkan peralatan masak termasuk microwave. Caranya pun terbilang mudah, yaitu hanya dengan mencampurkannya dengan air hingga bertekstur kental. Setelah itu, kamu dapat menggosokkan ke dinding microwave. Lalu, diamkan 2-3 menit dan bersihkan dengan spons lembut.

5. Lap dengan tisu basah khusus dapur

5 Tips Membersihkan Microwave yang Mudah dan Tepat, Gampang Banget!healthybaby.com

Bila ingin cara yang sederhana dan praktis, cukup dengan menggunakan tisu basah dapur saja. Kamu dapat meletakan tisu basah dapur ke dalam microwave dan biarkan selama 10-15 detik saja. Setelah itu, kamu dapat menggunakan tisu tersebut untuk membersihkan permukaan dinding microwave yang berkerak atau kotor.

Nah, itulah beberapa tips tepat untuk membersihkan microwave secara praktis dan tentunya mudah dilakukan di rumah. Mana pilihanmu?

Baca Juga: Banyak Ruginya, Ini 5 Barang yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Dapur

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya