Comscore Tracker

Mengenal Nasi Jagung, Salah Satu Rekomendasi Menu Buka Puasa

Langsung dicoba ya!

Bagi orang pedesaan pastilah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Berbahan dasar jagung, nasi ini menjadi salah satu makanan khas Jawa yang hinggap saat ini semakin ramai penikmat.

Di jaman dahulu, jika masa paceklik datang dan panen padi tidak dapat maksimal, maka masyarakat Jawa mulai memanfaatkan tanaman padi yang kemudian dijadikan pengganti beras sebagai makanan pokok. 

Hasilnya pun sangat memuaskan, nasi jagung atau yang biasanya juga disebut dengan nasi ampok atau empok ini memiliki citarasa yang super lezat dan sangat cocok jika dijadikan makanan pokok pengganti beras.

Lalu apa itu nasi jagung, berikut beberapa ulasan singkat untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu nasi jagung. Yuk simak!

1. Pengganti nasi yang gak kalah lezat

Mengenal Nasi Jagung, Salah Satu Rekomendasi Menu Buka Puasaid.m.wikipedia.org

Meski bukan berasal dari padi, namun nasi yang berbahan dasar jagung ini kerap dijadikan pengganti beras sebagai makanan pokok karena sifatnya yang mengenyangkan layaknya nasi berbahan beras dan juga memiliki kandungan yang gak kalah bergizi dari beras.

2. Cocok dipadukan dengan aneka ragam lauk pauk

Mengenal Nasi Jagung, Salah Satu Rekomendasi Menu Buka Puasapegipegi.com

Karena kerap dijadikan pengganti nasi beras, nasi jagung ini juga dimakan dengan cara menambahkan lauk pauk hingga sayur pada saat mengkonsumsinya. Menurut para penikmat nasi jagung ini, tambahan lauk ikan asin ataupun hanya sekedar tempe atau tahu goreng ditambah sambal terasi saja sudah sangat memperkaya cita rasa nasi jagung yang membuat lidah terus menerus ingin menambahnya.

3. Kaya akan kandungan gizi

Mengenal Nasi Jagung, Salah Satu Rekomendasi Menu Buka Puasainsta-stalker.com

Jagung mempunyai protein, serat makanan, mineral, dan antioksidan yang jauh lebih tinggi dibandingkan makanan pokok lainnya. Karena hal inilah, mengkonsumsi ataupun mengganti nasi beras dengan nasi jagung tidak akan membuat kita kekurangan protein maupun asupan gizi bagi tubuh. Jadi gak perlu khawatir dong.

Baca Juga: Yuk Berburu ke 10 Destinasi Wisata Kuliner Asyik di Purwokerto

4. Bisa dijadikan menu sehat bagi penderita diabetes

Mengenal Nasi Jagung, Salah Satu Rekomendasi Menu Buka Puasaunsplash.com/randyfath

Jagung juga mengandung serat yang cukup, serat dapat membantu tubuh melepaskan glukosa sebagai sumber energi secara perlahan. Sehingga, gula darah tidak langsung naik setelah makan jagung. Jadi banyak orang mengatakan bahwa nasi jagung bisa membantu mengontrol gula darah lebih baik dibandingkan makan nasi berbahan dasar beras.

5. Proses pembuatan yang mudah dan tidak rumit

Mengenal Nasi Jagung, Salah Satu Rekomendasi Menu Buka Puasaserumpi.com

Nah untuk pembuatan nasi jagung ini cukup sederhana dan tidak membutuhkan keterampilan khusus. Mulai dari jagung yang dipritili menjadi butiran-butiran kecil yang kemudian dijemur dan ditumbuk hingga halus lalu kemudian langkah terakhir yaitu pengukusan bubuk nasi jagung hingga matang. Setelah matang, nasi jagung pun siap dinikmati bersamaan dengan lauk pauk dan sayur.

Makanan bergizi yang satu ini bisa banget dijadikan rekomendasi untuk menu berbuka puasa mu. Dijamin enak dan gak mengecewakan banget deh rasanya. Untuk menemukan nasi jagung juga gak susah kok, karena sudah banyak penjual yang menjajakan makanan bergizi tinggi ini lengkap dengan lauk pauknya loh.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Niswa Aulia Photo Community Writer Niswa Aulia

Kastil Imaji

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You