Comscore Tracker

Murah Meriah, Ini 5 Menu Jajanan Khas Angkringan Yogyakarta

Dijamin gak bikin kantong tipis deh!

Angkringan menjadi salah satu warung makan yang banyak tersebar di daerah Jawa maupun Yogyakarta. Biasanya angkringan menjadi tempat makan murah meriah sekaligus tempat nongkrong di waktu malam hari. 

Keramaian dan hiruk pikuk kota terasa enak dinikmati sembari menyeduh minuman atau hanya sekedar makan makanan jajanan khas warung angkringan.

Berikut adalah beberapa menu jajanan andalan atau yang menjadi ciri khas angkringan yang wajib banget untuk dicoba. Dijamin enak dan pastinya murah meriah!

1. Sego kucing

Murah Meriah, Ini 5 Menu Jajanan Khas Angkringan Yogyakartainstagram.com/jogjaku

Meski namanya sedikit aneh bagi orang-orang yang baru mengenalnya, namun sego kucing atau dalam bahasa Indonesia disebut nasi kucing bukanlah makanan untuk kucing. Disebut sego kucing karena porsinya yang memang sedikit layaknya porsi makanan untuk kucing.

Sego kucing menjadi salah satu menu wajib yang harus ada di angkringan. Biasanya sego kucing diisi lauk sederhana seperti oseng tempe, sambal teri, ataupun ikan pindang pedas. Satu porsi sego kucing biasanya dihargai 2000 sampai 3000 rupiah saja.

2. Gorengan

Murah Meriah, Ini 5 Menu Jajanan Khas Angkringan Yogyakartainstagram.com/gardenrestobaleawanputih

Santapan sego kucing akan terasa semakin nikmat jika ditambahkan dengan gorengan tempe ataupun tahu dan beberapa aneka gorengan lainnya. 

Menu gorengan tentunya juga menjadi salah satu menu andalan bagi warung makan di Indonesia, tak terkecuali angkringan. Satu buah gorengan biasanya bisa didapatkan hanya dengan harga 500 hingga 1000 rupiah saja. Biasanya beberapa angkringan juga menawarkan gorengan bakar juga.

Baca Juga: Angkringan Lik Man, Awal Mula Kisah Kopi Joss Yogya yang Hits Abis

3. Aneka sate

Murah Meriah, Ini 5 Menu Jajanan Khas Angkringan Yogyakartainstagram.com/angkringansekawansidoarjo

Angkringan juga dikenal karena beberapa menu satenya yang nagih banget. Diantaranya yaitu ada sate keong, sate kerang, sate telur puyuh, sate usus, sate ati ayam, dan beberapa jajanan sate yang kiranya juga bisa menjadi lauk tambahan seporsi sego kucing. Menu-menu sate ini pun harganya sangat terjangkau, yaitu diantara 2000 sampai 3000 rupiah saja per tusuknya. 

4. Aneka wedang

Murah Meriah, Ini 5 Menu Jajanan Khas Angkringan Yogyakartainstagram.com/jogjaku

Wedang yang dalam bahasa Indonesia disebut minuman ini juga menjadi salah satu menu di angkringan. Biasanya gerobak angkringan akan menyediakan air panas yang ditaruh di bara api yang masih menyala sehingga suhu panasnya tetap terjaga. 

Beberapa wedang andalan angkringan yaitu biasanya ada wedang ronde, wedang jahe hangat, wedang susu jahe, dan masih banyak lagi.

Selain harganya yang begitu murah, yaitu hanya kisaran 2000 sampai 3000 rupiah saja, wedang jahe dan beberapa lainnya ini cocok untuk menemani waktu nongkrongmu di malam hari.

5. Aneka baceman

Murah Meriah, Ini 5 Menu Jajanan Khas Angkringan Yogyakartainstagram.com/gardenrestobaleawanputih

Menu jajanan terakhir yang juga kerap dijumpai di angkringan yaitu ada aneka menu baceman. Baceman sendiri yaitu salah satu menu olahan tempe tahu dan beberapa makanan lainnya yang disajikan dalam bentuk sudah dicampur kecap serta beberapa bahan rempah lainnya yang menghasilkan cita rasa gurih manis. 

Di angkringan, selain disajikan dalam bentuk gorengan yang dibaluti tepung, tempe tahu juga biasanya disajikan dalam bentuk baceman. Selain tempe dan tahu, biasanya menu baceman juga terdiri dari kepala ayam, hingga ceker ayam. Harga yang ditawarkan pun beraneka ragam dan juga masih di kisaran harga 2000 hingga 3000 rupiah.

Itulah beberapa ulasan menu yang biasanya memang pasti ada di angkringan. Menu-menu di atas pun tergolong sangat murah dan memiliki cita rasa yang juara banget. Jangan lupa untuk mencobanya!

Baca Juga: 7 Warung Brongkos Paling Terkenal di Yogyakarta, Rasanya Nikmat!

Niswa Aulia Photo Community Writer Niswa Aulia

Kastil Imaji

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You