Comscore Tracker

5 Oleh-oleh Khas Sragen yang Wajib Kamu Cicipi

Mulai dari yang tradisional hingga kekinian, semua ada!

Sragen merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Jika kamu sedang ataupun berencana ke sini, jangan segan untuk berburu kulinernya. Lantaran kota dengan sebutan Bumi Sukowati ini mempunyai aneka kuliner yang dijamin bikin lidah bergoyang.

Lebih afdal lagi cicipi oleh-olehnya juga, ya. Walaupun letaknya berdekatan dengan kota Solo, Sragen memiliki buah tangan tersendiri yang patut kamu coba. Berikut adalah deretannya!

1. Walangan

5 Oleh-oleh Khas Sragen yang Wajib Kamu CicipiInstagram.com/suratmiatunsuratmiatun

Walangan merupakan oleh-oleh khas Sragen yang berbahan dasar singkong dan gula merah. Konon penamaan Walangan terinspirasi dari bentuk serutan singkong yang menyerupai gigi belalang atau walang dalam bahasa Jawa. Cemilan ini manis dan bertekstur renyah. Cocok deh untuk dijadikan buah tangan keluarga tercinta.

2. Wajik

5 Oleh-oleh Khas Sragen yang Wajib Kamu CicipiInstagram.com/thuliink_

Makanan khas Jawa Tengah mayoritas dominan dengan rasa manis. Seperti wajik ini salah satunya. Wajik merupakan kue legendaris Indonesia yang terbuat dari ketan dan gula merah.

Mudah sekali untuk menemukan makanan ini di Sragen. Salah satu yang populer adalah wajik warung Mbah Rajak di kampung Cantel Wetan, Sragen. Rasanya legit dan mantap!

3. Tahu Bakso

5 Oleh-oleh Khas Sragen yang Wajib Kamu CicipiInstagram.com/jajanan_sragen

Selain makanan manis, ada juga tahu bakso yang rasanya sangat gurih dan yummy. Terdapat dua pilihan tahu bakso, yakni yang siap makan serta frozen food alias makanan beku yang bisa digoreng sendiri di rumah.

Ada juga pilihan rasanya seperti ayam, daging sapi dan ikan tuna. Biasanya makanan ini dilengkapi dengan cabe rawit yang akan menyempurnakan makan tahu baksomu. Duh, bikin ngiler ya!

Baca Juga: 10 Makanan Khas Majalengka Cocok untuk Oleh-oleh Lebaran Saat Mudik

4. Gethuk Presiden

5 Oleh-oleh Khas Sragen yang Wajib Kamu CicipiInstagram.com/gethukpresiden

Gethuk presiden merupakan salah satu oleh-oleh kekinian khas Sragen. Kue ini terbuat dari singkong dan kelapa perut yang disajikan dengan balutan daun pisang. Ada beberapa varian yang bisa kamu coba di antaranya original, coklat, stroberi dan keju.

Rasa singkong yang tradisional dikombinasikan dengan berbagai varian rasa akan membuatmu ketagihan untuk ngemil lagi dan lagi.

5. Emping Garut

5 Oleh-oleh Khas Sragen yang Wajib Kamu CicipiInstagram.com/ida.halimah

Jangan sampai salah sangka, lho. Meskipun namanya emping garut, namun makanan ini asli Sragen. Nama garut disematkan karena makanan ini berbahan dasar garut, sejenis umbi-umbian yang ditanam di pedesaan.

Emping garut ini cocok untuk semua usia. Karena makanan ini aman dikonsumsi bagi penderita asam urat sekalipun. Rasanya? Gak usah diragukan lagi, dijamin nagih!

Nah, itu tadi beberapa oleh-oleh khas Sragen yang direkomendasikan untuk kamu bila berpergian ke Sragen nanti. By the way, mau beli yang nomor berapa dulu?

Baca Juga: Singgah ke Cilacap, Ini 8 Makanan Khas yang Layak Dijadikan Oleh-oleh

Nuke Diah Ayuning Photo Community Writer Nuke Diah Ayuning

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Septi Riyani

Just For You