Comscore Tracker

Singgah ke Cilacap, Ini 8 Makanan Khas yang Layak Dijadikan Oleh-oleh

Ayo, borong!

Tercatat sebagai salah satu kabupaten di pesisir selatan pulau Jawa sekaligus memiliki area terluas di provinsi Jawa Tengah, Cilacap mungkin belum terlampau familier di kalangan pelancong sebagai tujuan wisata potensial.

Namun, kalau kamu berniat menyelisik lebih lanjut, kota dengan julukan Cilacap Bercahaya ini sebetulnya menyimpan keanekaragaman wisata, termasuk makanan khasnya yang kerap diserbu wisatawan sebagai buah tangan.

Nah, jika suatu saat nanti kamu berkesempatan juga mengunjungi Cilacap, jangan lupa memasukkan 8 jenis makanan khas berikut untuk oleh-oleh, ya. Cita rasanya bakal bikin kamu kangen Cilacap, deh.

1. Kerupuk tengiri

Singgah ke Cilacap, Ini 8 Makanan Khas yang Layak Dijadikan Oleh-olehTokopedia/kerupuktengiri99

Sesuai namanya, kerupuk ini berbahan dasar ikan tengiri dengan campuran tepung sagu, telur ayam, gula, garam, soda kue, air, dan penyedap rasa. Keunikan dari kerupuk tengiri khas Cilacap adalah dari bentuknya. Jika pada umumnya kerupuk tengiri berbentuk bulat pipih, berbeda dengan kerupuk tengiri Cilacap yang bentuknya bulat agak kotak. Warnanya pun cokelat terang, bukan putih tulang seperti kebanyakan kerupuk berbahan dasar tengiri.

Sedangkan soal rasa, gak perlu diragukan. Kerupuk tengiri Cilacap sudah terkenal dengan rasanya yang sangat gurih dan renyah saat digigit.

2. Ikan asin

Singgah ke Cilacap, Ini 8 Makanan Khas yang Layak Dijadikan Oleh-olehDok. Pribadi/Intan Deviana

Masih berbahan dasar ikan, oleh-oleh khas Cilacap berikutnya adalah ikan asin. Ikan asin produksi pelaku usaha UKM di Cilacap ini kabarnya sudah merambah hingga mancanegara, lho. Rasanya yang gurih dan lezat serta orisinal tanpa bahan pengawet, membuat ikan asin Cilacap makin banjir peminat.

Jenis ikan yang dipakai untuk membuat ikan asin ini beragam macamnya, mulai dari ikan layur, ikan tuna, ikan bilis, ikan kakap, ikan kembung, ikan tengiri, dan ikan gesek. Digoreng lalu dinikmati dengan nasi panas dan sambal saja rasanya sudah nendang!

3. Cumi kering

Singgah ke Cilacap, Ini 8 Makanan Khas yang Layak Dijadikan Oleh-olehBukalapak.com

Selanjutnya adalah cumi kering. Cumi-cumi yang dipakai untuk membuat cumi kering adalah baby cumi atau cumi-cumi yang masih berukuran kecil. Baby cumi yang berasal dari para nelayan ini langsung diawetkan melalui proses penggaraman, perebusan, dan penjemuran tanpa menggunakan bahan pengawet. Cara tersebut terbukti menghasilkan produk cumi kering yang gurih, empuk, dengan aroma cumi-cumi yang masih melekat.

Untuk menyantapnya, kamu bisa menumisnya dengan duo bawang, cabai hijau segar, daun salam, lengkuas, kecap, dan gula pasir, tanpa perlu tambahan garam lagi. Rasanya dijamin maknyus!

Baca Juga: 6 Ide Minuman Kekinian untuk Bisnis Kuliner Menjelang Ramadan

4. Terasi

Singgah ke Cilacap, Ini 8 Makanan Khas yang Layak Dijadikan Oleh-olehBukalapak.com

Berbahan baku udang rebon, terasi khas Cilacap gak boleh terlewatkan untuk dijadikan oleh-oleh. Terutama kalau kamu adalah penggemar sambal terasi. Aroma khas yang keluar dari terasi rebon Cilacap seketika bakal langsung menggugah selera makanmu.

5. Mendoan

Singgah ke Cilacap, Ini 8 Makanan Khas yang Layak Dijadikan Oleh-olehCookpad.com

Mendoan merupakan tempe khas Cilacap yang dibuat dengan ukuran lebar dan tipis. Untuk menyantapnya, tempe mendoan ini digoreng menggunakan tepung terigu yang telah diberi bumbu berupa bawang putih, ketumbar, garam, dan sedikit kunyit yang telah dihaluskan, serta tambahan irisan daun bawang.

Kamu bisa mendapatkan tempe mendoan ini di pasar-pasar tradisional di daerah Cilacap. Karena bentuknya tipis dan lebar, biasanya satu bungkus mendoan terdiri dari dua atau tiga lembar tempe mendoan. Saat akan mengolahnya, kamu bisa memotongnya menjadi dua bagian agar gak terlalu lebar.

6. Kecap cap Kuntul

Singgah ke Cilacap, Ini 8 Makanan Khas yang Layak Dijadikan Oleh-olehInstagram/indrafajri

Kecap menjadi salah satu produk olahan kacang kedelai yang banyak dihasilkan oleh daerah-daerah di Indonesia, termasuk kota Cilacap. Kecap yang dulu bernama cap Blekok ini memiliki pabrik di jalan Kokosan, Cilacap.

Teksturnya yang kental dengan rasa yang enak dan manis alami membuat kecap cap Kuntul sangat laris di kalangan wisatawan yang datang ke Cilacap. Popularitasnya bisa dibilang lebih menonjol dibanding kecap-kecap merk nasional. Tertarik mencicipi?

7. Lanting

Singgah ke Cilacap, Ini 8 Makanan Khas yang Layak Dijadikan Oleh-olehBukalapak.com

Terbuat dari parutan singkong, lanting kian digemari wisatawan sebagai pilihan oleh-oleh khas Cilacap. Mulanya, lanting hanya memiliki satu macam rasa, yaitu rasa bawang. Namun, dengan semakin tingginya peminat camilan berbentuk seperti gelang tersebut, para produsen lanting pun berlomba-lomba untuk menyajikan aneka rasa yang beragam. Kini, kamu bisa memilih varian rasa lanting yang tersedia, antara lain rasa keju, keju pedas, pedas manis, dan jagung bakar. Semuanya sedap dan gurih!

8. Nopia

Singgah ke Cilacap, Ini 8 Makanan Khas yang Layak Dijadikan Oleh-olehbagi-in.com

Pilihan oleh-oleh khas Cilacap yang terakhir adalah kue nopia. Bagi kamu yang baru mendengar, nopia ini terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan gula merah. Adonan tersebut kemudian dibentuk bulatan-bulatan, lalu dipanggang di atas tungku dengan kayu sebagai bahan bakar.

Seperti halnya lanting, nopia yang mulanya hanya punya satu varian rasa yaitu rasa bawang goreng, sekarang telah berkembang menjadi bermacam jenis rasa, mula dari rasa cokelat, durian, dan nangka. Di Cilacap, nopia juga dikenal dengan nama ndog gludhug (telur halilintar). Unik ya namanya.

Bagaimana? Cukup banyak bukan makanan khas Cilacap yang bisa kamu jadikan oleh-oleh ke tanah perantauan. Jikalau belum sempat singgah ke Cilacap lagi, beberapa oleh-oleh tersebut bisa kamu beli secara online, kok. Kangenmu pada Cilacap pun bisa langsung terobati.

Baca Juga: Ke Sulsel, Ini 8 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Borong dan Bawa Pulang

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You