Comscore Tracker

Resep Matcha Madeleine, Kue Tradisional Perancis yang Nikmat

Bentuknya mirip cangkang kerang, gemas!

Madeleine merupakan kue tradisional asal Perancis. Kue mungil berbentuk seperti kerang ini memiliki tekstur yang lembut. Biasanya madeleine disajikan dengan rasa original atau memiliki aneka rasa. Untuk madeleine aneka rasa, permukaan luarnya dibalur dengan cokelat berbagai rasa seperti matcha, vanila, dan lain sebagainya.

Madeleine terbuat dari bahan-bahan yang sederhana. Cara membuatnya pun mudah. Jika kamu ingin membuat sendiri di rumah, simak resep matcha madeleine berikut ini.

1. Sediakan bahan-bahan yang akan digunakan 

Resep Matcha Madeleine, Kue Tradisional Perancis yang Nikmatilustrasi tepung terigu (pixabay.com/users/vugarahmadov-16884529)

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat madeleine yaitu sebagai berikut.

Bahan adonan madeleine:

  • 75 gram telur
  • 65 gram gula
  • Garam secukupnya
  • 10 gram madu
  • 2 gram ekstrak vanila
  • 55 gram tepung terigu
  • 15 gram tepung almond
  • 10 gram bubuk matcha
  • 3 gram baking powder
  • 80 gram mentega tawar cair
  • 5 gram perasan lemon
  • Chocolate chip secukupnya

Bahan adonan cokelat matcha:

  • 80 gram cokelat putih
  • 3 gram bubuk matcha

2. Buat adonan madeleine dari tepung terigu dan bahan lain 

Resep Matcha Madeleine, Kue Tradisional Perancis yang Nikmatilustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan wadah dan bahan-bahan. Kemudian masukkan telur, gula, dan garam ke dalam wadah tersebut. Tambahkan dengan madu dan ekstrak vanila sesuai takaran. Aduk semua bahan tadi hingga menyatu. Selanjutnya, masukkan tepung terigu, tepung almond, bubuk matcha, dan baking powder. Masukkan dengan cara diayak atau disaring.

Aduk bahan-bahan tersebut menggunakan whisk. Setelah itu, tambahkan dengan mentega leleh. Terakhir, tambahkan perasan lemon. Kemudian masukkan adonan madeleine ini ke dalam kulkas selama kurang lebih satu jam.

3. Tuang adonan madeleine ke dalam cetakan dan panggang 

Resep Matcha Madeleine, Kue Tradisional Perancis yang Nikmatilustrasi adonan dalam loyang (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Setelah adonan didinginkan dalam kulkas, keluarkan lalu masukkan adonan tersebut ke dalam piping bag. Kemudian siapkan cetakan atau loyang khusus untuk madeleine. Loyang ini memiliki bentuk cetakan seperti kerang. Olesi loyang tersebut dengan mentega. Lalu taburi dengan sedikit tepung terigu.

Selanjutnya tuang adonan madeleine tadi ke dalam loyang tersebut. Lalu beri chocolate chip di atasnya secukupnya. Setelah itu panggang dengan suhu 160 derajat celcius selama kurang lebih 10 menit.

Baca Juga: Resep Matcha Oreo Cupcake yang Creamy, Siap Manjakan Lidah!

4. Buat adonan cokelat untuk baluran 

Resep Matcha Madeleine, Kue Tradisional Perancis yang Nikmatilustrasi cokelat matcha (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Untuk membuat adonan cokelat matcha sebagai olesan, pertama, siapkan cokelat putih dan bubuk matcha. Potong cokelat putih menjadi bagian-bagian kecil. Kemudian lelehkan cokelat putih di atas air hangat. Setelah leleh, masukkan bubuk matcha sesuai takaran. Aduk hingga kedua bahan tersebut menyatu. Lalu masukkan ke dalam piping bag.

5. Balurkan cokelat matcha ke permukaan madeleine 

Resep Matcha Madeleine, Kue Tradisional Perancis yang Nikmatmatcha madeleine (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan madeleine yang telah matang, adonan cokelat matcha, dan cetakan madeleine. Lalu tuang cokelat matcha di atas cetakan secukupnya. Kemudian taruh madeleine di atas cokelat matcha tersebut.

Tekan-tekan madeleine hingga terlumuri oleh cokelat matcha. Setelah itu masukkan ke kulkas hingga cokelat matcha yang dibalur ke madeleine mengeras. Matcha madeleine siap disajikan.

Kue mungil ini cukup mudah untuk dibuat di rumah, kan? Langsung praktikkan resep ini di dapur, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Matcha Truffle yang Nikmat, Pecinta Matcha Mari Merapat!

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

be grateful

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya