Comscore Tracker

7 Kombinasi Jus Peningkat Kekebalan Tubuh, Biar Gak Gampang Sakit 

Jaga selalu nutrisi dalam tubuhmu, ya. 

Sistem kekebalan tubuh kita memerlukan nutrisi dan vitamin yang mendukung. Mengonsumsi makanan seperti jus sayuran dan buah-buahan harus kamu biasakan secara rutin. Ini meningkatkan kekebalan tubuh agar bisa memerangi sel-sel penyakit.

Dilansir dari Healthline, Beberapa kombinasi jus segar dapat kamu coba untuk menjaga tubuhmu tetap sehat. Apalagi di tengah cuaca yang rentan sekali terkena flu dan batuk. Berikut beberapa kombinasi jus yang harus kamu konsumsi setiap hari.

1. Apel, jeruk dan wortel

7 Kombinasi Jus Peningkat Kekebalan Tubuh, Biar Gak Gampang Sakit Pixabay.com/Couleur

Jus wortel, apel dan jeruk adalah kombinasi yang bagus untuk membantu melindungi tubuh terhadap penyakit dan melawan infeksi. Segarnya buah ini akan membantu lebih segar dan sehat. Kandungan vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, kalium dan asam folat dapat kamu rasakan dengan mengonsumsi jus ini secara rutin. Kekebalan tubuhmu akan lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Kulitmu akan lebih bersinar dan sehat juga, lho.

2. Jeruk dan jeruk bali

7 Kombinasi Jus Peningkat Kekebalan Tubuh, Biar Gak Gampang Sakit Pixabay.com/Stevepb

Berbagai jenis jeruk yang sering kamu konsumsi mengandung kadar vitamin C yang baik untuk tubuh. Kombinasi berbagai jenis jeruk ini memberikan antioksidan yang melindungi sel-sel dari zat yang merusak tubuh. Jika kamu kekurangan vitamin C, maka tubuh tidak akan mampu melawan infeksi dan gangguan respon imun. Dengan mengonsumsi jus jeruk setiap hari, maka kebutuhan vitamin C akan terpenuhi. Nutrisi lain yang terdapat dalam jus ini adalah vitamin A, B6, dan C, serta asam folat dan seng.

3. Kale, tomat dan seledri

7 Kombinasi Jus Peningkat Kekebalan Tubuh, Biar Gak Gampang Sakit Pexels.com/Alisha Mishra

Kombinasi kale, tomat dan seledri adalah jus hijau segar yang membantu kekebalan tubuh. Jus ini mengandung cukup vitamin A yang dibutuhkan. Resep jus hijau ini memberikan efek anti-inflamasi yang melindungi tubuh dari penyakit. Kamu juga dapat meningkatkan sistem panca indera dengan mengonsumsi jus ini setiap hari. Vitamin lain yang terdapat didalamnya adalah vitamin A, C, magnesium, kalium, besi dan asam lemak.

Baca Juga: 7 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bantu Kamu Pensiun Merokok, Apa Saja?

4. Bit, wortel, kunyit dan jahe

7 Kombinasi Jus Peningkat Kekebalan Tubuh, Biar Gak Gampang Sakit Pexels.com/Pixabay

Kombinasi wortel, jahe, bit dan kunyit merupakan jus akar yang luar biasa manfaatnya bagi tubuhmu. Empat akar sayuran ini membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala inflamasi. Infeksi yang menyebabkan peradangan dapat kamu cegah dengan meminum jus ini secara rutin. Ini juga bermanfaat untuk penderita rheumatoid arthritis, karena jahe dan kunyit memiliki zat inflamasi. Vitamin lain yang terdapat didalamnya adalah vitamin A, C, E, besi dan kalsium.

5. Stroberi dan mangga

7 Kombinasi Jus Peningkat Kekebalan Tubuh, Biar Gak Gampang Sakit Pixabay.com/4793641

Kombinasi stroberi dan mangga adalah jus sehat yang dapat mengenyangkan perutmu. Vitamin E dari buah mangga memberikan manfaat antioksidan tambahan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini penting sekali, apalagi jika usiamu bertambah tua. Jika tak suka dengan jus, kamu bisa membuat smoothie dengan menggunakan mangga dan stroberi beku. Selain segar, tubuhmu akan kuat melawan penyakit. Nutrisi lain yang terkandung didalamnya adalah vitamin C, A, E, besi dan folat. 

6. Stroberi, kiwi dan mint

7 Kombinasi Jus Peningkat Kekebalan Tubuh, Biar Gak Gampang Sakit Pixabay.com/__Sherry__

Kombinasi stroberi dan kiwi adalah minuman sehat lainnya yang kaya akan vitamin C. Nutrisi dalam jus ini membantumu melawan penyakit dan menambah kesegaran tubuh. Jika kamu menambahkan yogurt, maka manfaat magnesium dan probiotik akan kamu dapatkan. Kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan ini dalam bentuk smoothie. Nutrisi lain yang terkandung didalamnya adalah vitamin A, C, magnesium, seng dan folat.

7. Bayam, selada dan kangkung

7 Kombinasi Jus Peningkat Kekebalan Tubuh, Biar Gak Gampang Sakit Pixabay.com/Rawpixel

Sebagian orang tahu bahwa jus hijau merupakan sumber nutrisi yang kuat untuk sistem kekebalan tubuh. Kombinasi bayam, selada, dan kangkung sangat pas jika kamu konsumsi sebagai jus segar. Untuk memenuhi kadar vitamin B6 yang ekstra, kamu bisa menambahkan segenggam peterseli. Vitamin ini memainkan perang penting dalam proliferasi sel imun dan  produksi antibodi. Nutrisi lainnya yang terdapat didalamnya adalah vitamin A, C, B6, besi dan kalsium.

Nah, kombinasi jus dari sayuran dan buah ini harus kamu konsumsi setiap hari agar kekebalan tubuhmu kuat. Jaga selalu nutrisi dalam tubuhmu, ya. 

Baca Juga: Resep Bikin Minuman Cokelat Homemade, Antimahal dan Lebih Nikmat

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya