Comscore Tracker

Apa Sejarah Hot Dog Berasal dari Daging Anjing? Ini Jawabannya!

Oh, ternyata...

Selain hamburger, hot dog juga salah satu makanan negeri Paman Sam yang punya banyak penggemar. Sosis panjang yang sudah dimasak disajikan bersama dengan roti bun kemudian diberi potongan selada, tomat, timun, bawang bombay. Tak lupa di atasnya diberi saos mayonaise, saos tomat, dan juga saos sambal.

Hot dog juga bisa ditemui di mana saja. Mulai dari pedagang di pinggir jalan, kafe, restoran fast food, hingga restoran ternama.

Kamu penasaran gak sih asal nama hot dog? Apa iya asalnya dari daging anjing?

Apa Sejarah Hot Dog Berasal dari Daging Anjing? Ini Jawabannya!sheknows.com

Hot dog yang punya citarasa enak ini memang digemari berbagai kalangan. Tapi kamu pernah bertanya-tanya gak sih asal mula nama hot dog ini? Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, hot dog berarti anjing panas. Tapi apa iya makanan ini berasal dari daging anjing?

Ternyata, hot dog bukan berasal dari daging anjing.

Apa Sejarah Hot Dog Berasal dari Daging Anjing? Ini Jawabannya!foodnetwork.com

Usut punya usut, ternyata hot dog sama sekali tidak mengandung daging anjing. Hot dog pertama kali diciptakan oleh orang Jerman pada tahun 1852. Mereka berinovasi dengan membuat sosis yang berukuran lebih langsing, pipih dan panjang, berbeda dari sosis biasanya yang cenderung buntal dan tambun. Selain itu, sosis ini juga memiliki sarung yang tipis. Isiannya adalah daging cincang yang sudah diberi banyak bumbu dan kemudian diasapi.

Si pembuat sosis ini memiliki anjing dachshund yang kemudian menginspirasinya untuk memberi nama sosis ciptaannya karena bentuknya yang mirip. Sejak itulah orang-orang menyebutnya dengan "dachshund sausages".

Hot dog dulunya juga dikonsumsi tanpa roti lho!

Apa Sejarah Hot Dog Berasal dari Daging Anjing? Ini Jawabannya!epicurious.com

Seiring berjalannya waktu banyak orang Jerman yang bermigrasi ke Amerika. Pada tahun 1860an inilah orang-orang Amerika mulai mengenal "dachshund sausages". Namun, dulunya sosis ini hanya dikonsumsi begitu saja, atau tanpa roti.

Baca juga : Ini Jawaban Kenapa Donat Bolong di Tengahnya!

Charles Feltman adalah orang yang mempopulerkan hot dog di Amerika.

Apa Sejarah Hot Dog Berasal dari Daging Anjing? Ini Jawabannya!ny.eater.com

Feltman adalah orang Jerman yang bermigrasi ke Amerika pada tahun 1856 saat dia masih berumur 15 tahun. Pada tahun 1867, dia menjual pie di Coney Island beach dengan menggunakan gerobak dorong. Namun, karena cuaca yang dingin orang-orang pun lebih menyukai makanan hangat. Alhasil dagangannya tidak laku. Dia memutar otak dan akhirnya mendapat ide untuk menjual "dachshund sausages" yang dijepit roti bun. Makanan yang praktis, enak, dan murah ini pun langsung meroket dan laku keras di Amerika.

Feltman menamai dagangannya ini dengan 'Frankfurter Sandwiches'. Meski seorang pelopor, namun usaha Feltman bangkrut karena dia menjual dagangannya dengan harga tinggi. Kemudian pada tahun 1916, Nathan Handwerker yang merupakan anak buah Feltman membuka usaha hot dog dan laku keras. Hal inilah yang menyebabkan hot dog makin populer.

Ini alasan kenapa 'dachschund sausages' populer dengan nama hot dog . . .

Apa Sejarah Hot Dog Berasal dari Daging Anjing? Ini Jawabannya!abc7.com

'Dachshund sausages' yang sudah masuk Amerika pada tahun 1860-an populer di New York. Biasanya, makanan ini dijual di pertandingan bisbol atau basket. Biasanya para penjual akan berteriak, "Get your hot dachschund sausages!". Ketika seorang kartunis New York Journal yang bernama Tad Dorgan sedang melihat pertandingan, dia kemudian terinspirasi dan membuat ilustrasi anjing yang berada di tengah roti bun, lalu memberi caption "get your hot dogs." Semenjak itulah kata-kata hot dog makin populer dan dikenal hingga sekarang ini.

Gimana menurut kamu? Sudah tambah ilmu kan hari ini?

Baca juga : Benarkah French Fries Berasal dari Perancis? Ini Fakta Uniknya!

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya