Comscore Tracker

8 Fakta Unik Yogurt yang Gak Banyak Orang Tahu, Belum Tentu Sehat

#HariYogurtSedunia Malah banyak yang suka salah paham

Nama yogurt ternyata bukan didapat dari bahasa Inggris atau tempat aslinya, Yunani. Yogurt justru berakar dari bahasa Turki, yoğurt, yang berarti "mengentalkan".

Meskipun sudah sering kita konsumsi hampir setiap hari, masih banyak yang belum tahu beberapa fakta unik yogurt, ya kan? Coba cek di bawah ini!

1. Punya hari perayaannya sendiri

8 Fakta Unik Yogurt yang Gak Banyak Orang Tahu, Belum Tentu SehatInstagram.com/southwindermerecenter

Yogurt jadi salah satu produk susu yang paling banyak dikonsumsi di Amerika. Lebih dari 300 ribu ton yogurt dikonsumsi warga Amerika setiap tahunnya. Karena menjadi salah satu makanan yang penting, yogurt memiliki hari perayaannya sendiri.

Setiap tanggal 6 Februari diperingati sebagai Hari Yogurt Sedunia, sedangkan tanggal 9 November diperingati sebagai Hari Greek Yogurt Sedunia.

Pada hari tersebut, biasanya sejumlah merek yogurt hingga kedai frozen yogurt mengadakan special event untuk memperingatinya. Seperti hari Rabu, 6 Februari 2019, TCBY sebagai salah satu gerai frozen yogurt terbesar di Amerika membagikan produk gratis kepada pelanggannya.

2. Meski sama-sama dari susu, frozen yogurt beda sama es krim lho

8 Fakta Unik Yogurt yang Gak Banyak Orang Tahu, Belum Tentu SehatInstagram.com/togetheragreatergood

Es krim, istilah yang ditentukan beberapa entitas federal Amerika Serikat untuk dessert beku yang dibuat dengan lemak susu atau lemak tak kurang dari 10 persen. Untuk bisa disebut es krim, volume adonan tidak boleh mengembang lebih dari 50 persen dari volume aslinya selama proses pengolahan dan pembekuan.

Jadi, gak semua makanan manis beku bisa disebut es krim. Bagaimana dengan yogurt?

Yogurt bukan istilah resmi yang dibuat oleh pemerintah, tapi nama ini berkembang di banyak wilayah dan menjadi istilah yang umum digunakan. Beberapa menamainya froyo alias frozen yogurt.

3. Greek yogurt dan yogurt biasa adalah dua varian berbeda

8 Fakta Unik Yogurt yang Gak Banyak Orang Tahu, Belum Tentu SehatUnsplash.com/Dan Gold

Kamu pasti pernah menjumpai istilah Greek yogurt alias yogurt Yunani di rak olahan susu dalam swalayan. Sebenarnya apa sih bedanya?

Jawabannya hanya pada proses penyaringan. Yogurt biasa melewati dua kali penyaringan, sedangkan Greek yogurt mengalami tiga kali penyaringan yang membuat teksturnya lebih kental, karena kadar airnya lebih sedikit.

Selain itu, Greek yogurt mengandung protein dua kali lebih banyak, sodium yang dua kali lebih sedikit, dan karbohidrat yang dua kali lebih sedikit dari yogurt normal. Namun, yogurt jenis ini mengandung lemak jenuh tiga kali lipat dari yogurt biasanya.

4. Proteinnya hampir sama dengan konsumsi daging sapi

8 Fakta Unik Yogurt yang Gak Banyak Orang Tahu, Belum Tentu SehatInstagram.com/soursallycoid.

Setiap 245 gram plain yogurt yang terbuat dari susu utuh mengandung 8,5-10 gram protein. Jumlah tersebut ternyata memenuhi 20 persen kebutuhan protein orang dewasa dalam sehari. Karena itu, yogurt juga menjadi alternatif daging sapi dalam program makan siang murid-murid di Amerika Serikat.

5. Yogurt kaya manfaat untuk kecantikan kulit

8 Fakta Unik Yogurt yang Gak Banyak Orang Tahu, Belum Tentu SehatInstagram.com/acromestic.id

Pure plain yogurt bisa jadi salah satu alternatif perawatan kulit wajah yang ampuh banget. Kandungan asam laktat yang ada di dalamnya adalah exfoliant kimia alami yang bisa mendorong regenerasi sel kulit mati. Selain itu, ada pula seng atau zinc yang dapat mengurangi jerawat dan peradangan kulit, serta kalsium yang membantu pembaharuan kulit.

Baca Juga: Gak Cuma Jadi Minuman, 5 Resep Berbahan Yogurt Ini Bisa Jadi Camilan

6. Bukannya bahaya, lemak trans dalam yogurt ternyata juga bermanfaat

8 Fakta Unik Yogurt yang Gak Banyak Orang Tahu, Belum Tentu SehatInstagram.com/fionaleahy

Yogurt juga mengandung lemak trans yang disebut ruminansia atau lemak trans susu yang cukup tinggi. Tapi jangan galau dulu mendengarnya, karena lemak trans satu ini berbeda dengan yang ada dalam makanan kemasan. Lemak yang ini dianggap memiliki manfaat. 

Lemak trans ruminans yang paling banyak dalam yogurt adalah asam vaksinat dan conjugated linoleic acidor (CLA) yang berpengaruh baik untuk metabolisme. Tapi tentunya dengan dosis yang tepat dan gak berlebihan ya.

7. Jumlah yogurt yang bisa kamu bawa ke dalam pesawat ternyata dibatasi

8 Fakta Unik Yogurt yang Gak Banyak Orang Tahu, Belum Tentu SehatInstagram.com/ygiqld

Menurut peraturan Transportation Security Administration (TSA) di Amerika Serikat, yogurt termasuk dalam gel yang jumlahnya perlu dibatasi untuk dibawa ke dalam kabin pesawat. Standarnya adalah enam ons atau sekitar 170 gram.

8. Gak semua yogurt sehat, lho!

8 Fakta Unik Yogurt yang Gak Banyak Orang Tahu, Belum Tentu SehatInstagram.com/foodninjaken

Nilai gizi dalam yogurt bisa berkurang atau bahkan hilang dalam yogurt olahan, karena ada tambahan gula yang sangat banyak, perisa atau pengatur keasaman, serta pengawet buatan di dalamnya.

Belum lagi kalau kamu makan bersama topping yang aneh-aneh, seperti sirup cokelat, gula, atau permen. Waduh, bukannya sehat kamu malah bisa makin gemuk. Baiknya konsumsi plain yogurt dengan topping buah-buahan. Kalau pun ingin rasa manis lebih, kamu bisa menambahkan madu asli.

Nah, makin yakin, kan kalau yogurt bisa jadi salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari? Manfaatnya memang banyak banget, asalkan dikonsumsi dengan jumlah dan cara yang tepat. Selamat Hari Yogurt Sedunia!

Baca Juga: 7 Manfaat Tersembunyi Yogurt Untuk Masker Kecantikan, Sudah Coba Belum?

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya