Comscore Tracker

6 Camilan Khas Mesir yang Unik dan Lezat, Wajib Coba!

Dari yang manis sampai gurih, ada semua, lho

Banyak yang mengunjungi Mesir karena dibuat penasaran dan takjub dengan keindahan piramida serta objek wisata lainnya. Tapi, siapa sangka kuliner khas negara satu ini juga bisa buat takjub para penikmatnya, lho. 

Mulai dari makanan berat yang berbahan daging sampai kue dan camilan tradisionalnya semua wajib kamu coba.

Berikut beberapa kue dan camilan khas Mesir yang enaknya tiada dua. Bisa jadi rekomendasi kuliner ketika kamu mengunjungi Mesir, nih.

1. Qatayef

6 Camilan Khas Mesir yang Unik dan Lezat, Wajib Coba!instagram/natakallam

Saat Ramadan tiba, kue satu ini menjadi primadona bagi warga Mesir. Penampilannya yang seperti pancak ini berisi campuran keju dan kacang seperti almon, pistachio, dan walnut. Bisa juga dimakan tanpa isian dan menambahkan cream atau sirup sebagai topping. Dijamin langsung meleleh di mulut.

2. Kunafah

6 Camilan Khas Mesir yang Unik dan Lezat, Wajib Coba!instagram/mycookography

Kunafah gak cuma punya cita rasa gurih dari campuran keju, tapi juga terasa segar karena menggunakan sedikit kulit jeruk dan lemon juice. Saat disajikan, kue ini akan ditambahkan sirup agar lebih nikmat.

3. Hummus

6 Camilan Khas Mesir yang Unik dan Lezat, Wajib Coba!instagram/food_point_supermarket

Camilan satu ini terbuat dari pasta sesame atau yang sering disebut tahini, olive oil, bawang putih, dan beberapa sayuran seperti buncis dan terong yang dihaluskan. Hummus sering dimakan bersama dengan roti pita atau beberapa sayuran. Hummus punya rasa yang cukup tajam, tapi bikin ketagihan.

Baca Juga: 10 Kuliner Khas Andorra yang Paling Populer, Yummy Abis!

4. Ta'meya

6 Camilan Khas Mesir yang Unik dan Lezat, Wajib Coba!instagram/marwaelgazzar12

Camilan satu ini bisa ditemukan di beberapa negara seperti Israel dan Lebanon. Namun dipercaya bahwa asalnya memang dari Mesir, lho.

Terbuat dari campuran daun sup, bawang bombai, cumin dan beberapa sayuran, seperti terong atau buncis yang dihaluskan lalu dibentuk menjadi bulatan pipih. Ta'meya juga sering disajikan layaknya sandwich dengan roti pita atau lafa ditambah beberapa sayuran segar. 

5. Basbousa

6 Camilan Khas Mesir yang Unik dan Lezat, Wajib Coba!instagram/queen.of.food

Meski kue satu ini juga bisa ditemukan di beberapa negara lain, namun di Mesir kue satu ini disebut basbousa. Mesir membuat versi berbeda dengan bentuk yang lebih tipis dan disirami sweet syrup yang lezat. Ditambahkan kacang almon sebagai topping, tekstur lembut di dalamnya bikin penasaran sama rasanya.

6. Umm Ali

6 Camilan Khas Mesir yang Unik dan Lezat, Wajib Coba!instagram/karimhaidarchef

Dessert satu ini menggunakan puff pastry yang direndam dengan susu dan bahan tambahan lainnya seperti kacang-kacangan, parutan kelapa, dan gula. Semua bahan dimasukkan dalam wadah kecil lalu dipanggang. Kue ini punya arti yang unik, yaitu "Ibu Ali" yang bikin gampang buat diingat.

Itulah beberapa kue dan camilan khas Mesir yang bisa kamu cicipi selain kuliner utamanya. Bikin penasaran, kan? Jangan lupa mencoba beberapa olahan kuliner di atas saat mengunjungi Mesir, ya.

Baca Juga: 10 Jenis Kuliner Lezat Khas Antigua yang Punya Rasa Unik, Tertarik? 

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya