Comscore Tracker

5 Hal Wajib yang Harus Dipatuhi Saat Membeli Cumi-cumi

Supaya gak terkecoh saat berburu cumi-cumi segar, lho

Cumi-cumi merupakan salah satu primadona bagi penggemar hidangan laut. Oleh sebab itu, cumi-cumi yang akan diolah pun patut terjaga kesegarannya. Tujuannya, supaya citarasa masakan dapat lebih sempurna, dan tak malah menjadi beracun. Nah, inilah beberapa poin yang harus dipertimbangkan saat membeli cumi-cumi, supaya kamu gak terkecoh saat berburu cumi-cumi segar.

1. Amati warna cumi-cumi

5 Hal Wajib yang Harus Dipatuhi Saat Membeli Cumi-cumimacheesmo.com

Cumi-cumi yang masih segar memiliki warna kulit yang putih kelabu dengan bintik cokelat kemerahan. Sedangkan, cumi-cumi yang sudah tua akan berwarna cenderung merah muda, dan dagingnya pun kekuningan.

Selain itu, jangan membeli cumi-cumi dengan warna kulit ari yang berubah menjadi ungu tua, tentakelnya berwarna kekuningan, dan badannya memiliki bercak-bercak kehitaman. Pasalnya, hal ini mengindikasikan bahwa cumi-cumi tersebut sudah mulai membusuk.

2. Kenali aroma cumi-cumi

5 Hal Wajib yang Harus Dipatuhi Saat Membeli Cumi-cumidiabetes.org.uk

Walaupun berbau agak amis, tapi bau amis pada cumi-cumi yang masih segar tak begitu menyengat. Aromanya segar, alias khas aroma laut. Kendati demikian,  jangan pula memilih cumi-cumi yang tak mengeluarkan bau sama sekali, atau tak dihinggapi lalat. Sebab, kemungkinan cumi-cumi tersebut malah telah direndam dalam larutan pengawet.

3. Rasakan tekstur badan cumi-cumi

5 Hal Wajib yang Harus Dipatuhi Saat Membeli Cumi-cumifood-mag.co.uk

Rasakan tekstur badan cumi-cumi dengan cara menekannya perlahan dan pelan, lalu amati hasilnya. Apabila teksturnya masih kenyal, dan kembali ke bentuk semula sesaat setelah ditekan, itu artinya cumi-cumi tersebut masih segar.

Jangan membeli cumi-cumi yang badannya sudah terlalu lunak, apalagi berlendir, sebab kemungkinan cumi-cumi tersebut sudah tak lagi layak konsumsi. Selain itu, pilihlah cumi-cumi yang matanya masih cukup jernih dan kepala masih menyatu dengan badannya.

Baca Juga: Seberapa Besar Sih, Ukuran Cumi-Cumi Raksasa?

4. Perhatikan air rendaman cumi-cumi

5 Hal Wajib yang Harus Dipatuhi Saat Membeli Cumi-cumitaste.com.au

Sebaiknya hindari membeli cumi-cumi yang direndam di dalam air dingin dengan jumlah banyak, apalagi jika tinta hitam cumi-cumi tersebut sudah tak lagi keluar. Tujuannya, supaya tak terkecoh saat memilih cumi-cumi kelak, sebab kesegarannya diragukan.

5. Tentukan ukuran cumi-cumi yang pas

5 Hal Wajib yang Harus Dipatuhi Saat Membeli Cumi-cumisbs.com.au

Ukuran cumi-cumi tersebut akan berpengaruh saat proses memasak. Pasalnya, cumi-cumi berukuran kecil tak akan menghabiskan waktu yang relatif lama untuk diolah hingga matang. Sebaliknya, jika tak terburu-buru memasak, cumi-cumi berukuran besar dapat dijadikan pilihan.

Nah, sudah siap berburu cumi-cumi segar, guys?

Baca Juga: Seberapa Besar Sih, Ukuran Cumi-Cumi Raksasa?

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya