Comscore Tracker

5 Trivia Cha Yen, Es Teh khas Thailand yang Viral hingga ke Indonesia!

Kamu sudah pernah icip belum, nih?

Secara umum, teh merupakan jenis minuman yang digemari oleh berbagai kalangan. Teh pun memiliki aneka ragam keunikan berdasarkan bahan baku ataupun daerah asalnya. Misalnya saja adalah Cha Yen yang khas dari Thailand. 

Usut punya usut, teh ini agaknya kerap menjadi buah bibir sebab dikenal pula hingga ke luar Thailand, lho. Daripada penasaran, yuk simak ulasan tentang teh yang satu ini!

1. Penamaan "cha yen" berasal dari kata "cha" dan "yen" yang bermakna "teh dingin (atau es teh)"

5 Trivia Cha Yen, Es Teh khas Thailand yang Viral hingga ke Indonesia!instagram.com/sanphranthai

Penamaan "cha yen" bercikal-bakal dari jenis minuman dan cara penyajiannya. Kata "cha yen" dalam bahasa Thailand merujuk pada arti "teh dingin (atau es teh)". Tepatnya, kata "cha" bermakna "teh" dan kata "yen" adalah dingin. Oleh sebab itu, dalam bahasa Inggris, Cha yen lebih dikenal dengan nama Thai iced tea.

2. Cha yen berbahan baku teh Ceylon, gula, dan condensed milk (susu kental manis)

5 Trivia Cha Yen, Es Teh khas Thailand yang Viral hingga ke Indonesia!instagram.com/headintheclouds.artsy

Untuk bahan pembuatannya, Cha yen menggunakan teh Ceylon (atau versi lokal bernama Bai Miang), gula, dan condensed milk (susu kental manis). Sebagai bahan tambahan, Cha yen juga dapat dilengkapi dengan santan, susu evaporasi, creamer, air bunga jeruk, biji asam, bunga lawang, hingga rempah-rempahan. 

Baca Juga: Resep Khao Pad Goong, Nasi Goreng Thailand yang Dimasak dengan Nanas

3. Cha yen menyuguhkan paduan cita rasa manis, khasnya teh Ceylon, dan aroma rempah

5 Trivia Cha Yen, Es Teh khas Thailand yang Viral hingga ke Indonesia!instagram.com/exquisite.glory

Berdasarkan bahan-bahan tersebut, agaknya sudah dapat diterka suguhan cita rasa dari teh khas Thailand ini. Cha yen mempunyai rasa manis yang berasal susu dan gula, serta khasnya teh ceylon, dan aroma rempah dari penggunaan bahan-bahan tambahannya.

4. Cha yen harus diseduh dengan durasi yang tepat agar cita rasanya dapat tetap terjaga 

5 Trivia Cha Yen, Es Teh khas Thailand yang Viral hingga ke Indonesia!instagram.com/restlessabandon

Sebelum dihidangkan, bahan-bahan untuk membuat Cha yen hendaknya direbus atau diseduh sekitar lima menit agar cita rasanya prima. Akan tetapi, apabila menggemari cita rasa yang lebih intens, maka durasi tersebut dapat diperpanjang menjadi 7-8 menit.

5. Cha yen tak hanya dijual sebagai jajanan pasar tapi juga salah satu menu di kafe dan restoran

5 Trivia Cha Yen, Es Teh khas Thailand yang Viral hingga ke Indonesia!instagram.com/__nrck.jpn

Cha yen tak hanya populer sebagai jajanan pasar, namun juga telah tersedia sebagai salah satu menu di kafe atau restoran. Bahkan, saking populernya, Cha yen juga diadaptasikan ke dalam es krim. Selain itu, Cha yen pun disinyalir memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga juga bagus untuk kesehatan.

Wah, varian teh ala Thailand ini agaknya sudah tak asing, ya! Popularitasnya sudah merambah negara-negara Asia di luar Thailand. Salah satunya adalah Indonesia. Apakah kamu sudah pernah mencicipinya?

Baca Juga: 5 Keunikan Larb, Salad Laos-Thailand yang Gak Kalah Hits dari Som Tam 

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya