Comscore Tracker

5 Trivia Cheon sa chae, Mi ala Korea dari Ekstrak Rumput Laut

#IDNTimesFood Aneka bahan dari Korea memang beragam ya

Mi merupakan bahan baku masakan yang digemari oleh banyak orang. Mi dapat diolah ke dalam beragam olahan mulai dari hidangan berkuah, digoreng, hingga ditumis. Bahan baku pembuatan mi tersebut juga variatif. Salah satu jenis mi yang unik adalah cheon sa chae dari Korea Selatan. Yuk, simak trivianya di bawah ini!

1. Cheon sa chae alias kelp noodles dibuat dari ekstrak rumput laut

5 Trivia Cheon sa chae, Mi ala Korea dari Ekstrak Rumput LautCheon sa chae (sweetandtastytv.com/)

Dalam bahasa Korea, cheon sa chae memiliki makna angel shreds. Selain itu, mi ini juga dirujuk sebagai kelp noodles untuk penamaan internasionalnya. Untuk bahan bakunya, mi tersebut dibuat dari ekstrak rumput laut. 

2. Cheon sa memiliki ciri khas berupa warna semi-transparan, panjang, tipis, dan renyah

5 Trivia Cheon sa chae, Mi ala Korea dari Ekstrak Rumput LautCheon sa chae (highvibe.com)

Ciri khas dari cheon sa chae adalah tampilannya yang panjang dan tipis. Cheon sa chae juga khas dengan warnanya yang semi-transparan. Selain itu, cheon sa chae juga mempunyau tekstur yang renyah. Takaran kalori untuk mi ini pun terbilang rendah.

Baca Juga: 5 Sajian Korea Berbahan Ikan, Ada Camilan hingga Lauk Pauk

3. Cheon sa chae dapat dimakan mentah ataupun diolah menjadi salad, sup, serta tumis

5 Trivia Cheon sa chae, Mi ala Korea dari Ekstrak Rumput LautCheon sa chae (dandelionsandthings.blogspot.com)

Cheon sa chae dapat disantap mentah ataupun dicampurkan dengan bahan-bahan lain agar cita rasanya lebih kaya. Umumnya, cheon sa chae diolah menjadi salad, sup, serta tumis. Mi tersebut lantas ditambahkan ragam bahan lain seperti sayur-sayuran hingga irisan daging.

4. Cheon sa chae umum dijadikan sebagai alternatif dari nasi oleh masyarakat Asia Timur

5 Trivia Cheon sa chae, Mi ala Korea dari Ekstrak Rumput LautCheon sa chae (sidechef.com)

Mi rumput laut ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif dari nasi. Usut punya usut, hal tersebut merupakan sesuatu yang lazim dilakukan oleh masyarakat Asia Timur. Bahkan, restoran pun tak jarang menyediakan cheon sa chae sebagai pengganti nasi.

5. Cheon sa chae dapat diolah rumahan maupun dibeli dalam bentuk kemasan siap pakai

5 Trivia Cheon sa chae, Mi ala Korea dari Ekstrak Rumput LautCheon sa chae (knowbrainerfoods.com)

Chen sa chae dapat dibuat secara rumahan dengan bahan baku berupa ekstrak rumput laut yang dicampur tepung beras, diuleni hingga kalis, hingga dibentuk seperti mi. Kendati demikian, cheon sa chae pun sudah tersedia di supermarket maupun situs belanja daring.

Nah, apakah kamu tertarik mencicipi mi rumput laut ala Korea tersebut? Kamu bisa olah menjadi salad, sup, ataupun ditumis.

Baca Juga: 5 Trivia Golbaengi-muchim, Kreasi Siput Bulan ala Kuliner Korea

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, postgraduate student in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya