Comscore Tracker

5 Trivia Guay Teow Rhua, Mi Perahu yang Mirip Bakso di Indonesia

Gak kalah sedap dari pad thai, deh

Mi merupakan hidangan yang sudah sangat awam dalam kuliner Asia. Salah satunya adalah di Thailand. Negara berjulukan Negeri Gajah Putih ini tak hanya mengunggulkan pad thai, lho.

Pasalnya, ada variasi sajian berbahan mi lainnya yang bernama guay teow rhua. Lantas, makanan seperti apakah guay teow rhua ini? Yuk, cari tahu lima trivianya di bawah ini.

1. Arti guay teow rhua

5 Trivia Guay Teow Rhua, Mi Perahu yang Mirip Bakso di Indonesiainstagram.com/law14

Usut punya usut, guay teow rhua diartikan sebagai mi perahu. Oleh sebab itu pula, dalam bahasa Inggris, sajian mi dari Thailand ini memang dikenal dengan nama boat noodles.

2. Penamaan mi perahu karena guay teow rhua dulunya dijajakan di atas perahu

5 Trivia Guay Teow Rhua, Mi Perahu yang Mirip Bakso di Indonesiainstagram.com/maysadelicious

Penamaan ini bercikal-bakal dari sejarah hadirnya mi tersebut. Konon, pada zaman dahulu, guay teow rhua rupanya dijajakan oleh para pedagang di atas perahu. Kalau sekarang, sih sudah mudah dijumpai di daratan seperti pedesaan maupun kota besar.

Baca Juga: 5 Serba-Serbi Pad Thai, Mi Goreng khas Thailand yang Unik

3. Guay teow rhua dibuat dari paduan bahan nabati dan hewani serta diramu bersama bumbu

5 Trivia Guay Teow Rhua, Mi Perahu yang Mirip Bakso di Indonesiainstagram.com/a_aksara

Guay teow rhua dibuat dari paduan bahan nabati dan bahan hewani. Ada mi biasa, kwetiauw, bihun, daging ataupun jeroan (ayam, babi, sapi), bahkan tambahan darah dari hewan tersebut. Bahan-bahan tadi diramu bersama bumbu-bumbu.

4. Sekilas, guay teow rhua mempunyai kemiripan dengan bakso dalam kuliner Indonesia

5 Trivia Guay Teow Rhua, Mi Perahu yang Mirip Bakso di Indonesiainstagram.com/iam_rin

Sebab bahan-bahannya yang beragam, cita rasa dari guay teow rhua menjadi kaya. Kuahnya juga terbilang relatif pekat. Selain itu, daging yang digunakan pun tak jarang dibentuk bulat seperti bakso dalam kuliner Indonesia.

5. Guay teow rhua disajikan dalam mangkok kecil sehingga porsinya memang sedikit

5 Trivia Guay Teow Rhua, Mi Perahu yang Mirip Bakso di Indonesiainstagram.com/maythefoodbewithmei

Saat disajikan, guay teow rhua dihidangkan menggunakan mangkuk kecil sehingga porsinya memang terbilang sedikit. Oleh sebab itu, pembeli biasanya memesan lebih dari satu porsi agar lebih kenyang. Selain itu, mangkok-mangkok tersebut pun dipesan dengan aneka variasi supaya dapat saling cicip rasa khas masing-masing.

Sekilas menu mi memang tampak biasa. Akan tetapi, mi tersebut dapat juga menyuguhkan keunikan ketika dipadukan dengan bahan-bahan atau disajikan dengan ciri khasnya. Apakah kamu tertarik untuk menyantap guay teow rhua?

Baca Juga: 5 Keunikan Kaeng Phet, Kari Merah khas Thailand dengan Daging Eksotik!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya