Comscore Tracker

5 Fakta Kepiting Raja Alaska, Si Raksasa dengan Harga Luar Biasa

Yang ngaku penggila seafood, sudah pada tahu ini belum?

Hidangan seafood memang juara dalam memanjakan lidah penikmatnya. Varian bahan baku dalam olahannya pun beragam. Mulai dari yang paling lazim seperti ikan hingga kepiting berukuran besar yang unik yakni Alaskan King Crab alias Kepiting Raja Alaska. Penasaran dengan jenis kepiting bernama latin Paralithodes camtschaticus ini? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Sesuai namanya, Alaskan King Crab memang berhabitat di perairan lepas pantai Alaska

5 Fakta Kepiting Raja Alaska, Si Raksasa dengan Harga Luar Biasaalaskankingcrab.com

Tak heran mengapa hewan laut yang satu ini diberi nama Alaskan King Crab, sebab memang habitatnya adalah di perairan lepas pantai Alaska, salah satu negara bagian Amerika Serikat pasca dibeli dari Rusia pada 1867 silam.

Penangkapan Kepiting Raja Alaska pun dilakukakan pada bulan-bulan musim dingin seperti Oktober dan Januari alias saat dimana kepiting keluar dari sarangnya. Masa penangkapannya pun berlangsung sangat singkat, yakni sekitar 4-5 hari saja.

2. Alaskan King Crab terdiri atas tiga jenis, namun yang paling terkenal yakni Kepiting Raja Merah

5 Fakta Kepiting Raja Alaska, Si Raksasa dengan Harga Luar Biasaamazing-places.com

Usut punya usut, Alaskan King Crab ternyata terdiri atas tiga jenis. Tepatnya, Kepiting Raja Merah, Kepiting Raja Biru, dan Kepiting Raja Emas. Diantara ketiga jenis tersebut, adalah Kepiting Raja Merah yang paling tersohor. 

Baca Juga: Cara Membersihkan Kepiting yang Mudah dan Gak Ribet!

3. Pasokan akan Alaskan King Crab terbilang langka sebab proses penangkapannya yang sulit

5 Fakta Kepiting Raja Alaska, Si Raksasa dengan Harga Luar Biasaalibaba.com

Pasokan akan Kepiting Raja Alaska terbilang langka. Selain masa penangkapannya yang hanya pada bulan tertentu, proses penangkapannya pun kerap terjadi ditengah cuaca ekstrem seperti petir, badai, hujan lebat, suhu sangat dingin, bahkan bongkahan es.

Imbasnya, ombak-ombak di laut lepas menjadi sangat beresiko, apalagi kepiting jenis ini pun memiliki ukuran yang relatif sangat besar dibandingkan ukuran kepiting pada umumnya. Tak heran mengapa para nelayan yang khusus menangkap kepiting jenis ini pun digaji dengan nominal yang fantastis.

4. Alaskan King Crab dibanderol dengan harga selangit untuk setiap sajiannya

5 Fakta Kepiting Raja Alaska, Si Raksasa dengan Harga Luar Biasamainelobsternow.com

Pasokannya yang langka dan proses penangkapannya yang nyaris mengorbankan nyawa, serta citarasa dagingnya yang sangat lezat lantas membuat Kepiting Raja Alaska juga dikenal sebagai salah satu olahan bahan makanan dengan harga selangit. Dengan kata lain, penikmatnya harus siap merogoh kocek yang dalam untuk menyantap seporsi hidangan seafood berbahan baku kepiting jenis ini.

5. Tak semua restoran seafood menyajikan Alaskan King Crab ke dalam variasi menunya

5 Fakta Kepiting Raja Alaska, Si Raksasa dengan Harga Luar Biasanewportseafood.com/

Sebab harganya yang dibanderol dengan mahal, tak semua restoran yang siap untuk menyajikan masakan berbahan baku Kepiting Raja Alaska ke dalam variasi menunya. Untuk olahan masakannya sendiri, kepiting jenis ini dapat diolah ke dalam berbagai kreasi masakan dengan citarasa yang dijamin membuat ketagihan.

Gimana, guys? Berminat untuk mencicipi sajian seafood berbahan baku Alaskan King Crab?

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Kepiting Supaya Bebas Amis Saat Disantap

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You