Comscore Tracker

5 Olahan Daging Khas Sumatra Paling Nikmat, Wajib Masuk List Kuliner!

Baru membayangkan saja sudah bikin ngiler, nih

Indonesia memang terkenal dengan beragam kuliner yang patut diacungi jempol. Bahkan, di setiap daerah di seantero Nusantara seakan mempunyai masing-masing menu andalan yang menjadi ciri khasnya. 

Di Pulau Sumatra misalnya, terkenal dengan berbagai olahan daging yang mampu memanjakan lidah. Yuk, simak ulasan lengkap seputar olahan daging khas Sumatra yang bakal bikin kamu ngiler di bawah ini!

1. Rendang

5 Olahan Daging Khas Sumatra Paling Nikmat, Wajib Masuk List Kuliner!ilustrasi hidangan rendang (instagram.com/arnesmat)

Tak hanya terkenal di Indonesia, bahkan popularitas rendang juga telah diakui oleh dunia, lho. Hidangan ini merupakan olahan daging khas Indonesia yang berasal dari masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat. 

Karena proses memasak rendang yang tidak sebentar, citarasa daging dan bumbu yang meresap sempurna membuat rendang begitu digemari oleh masyarakat. Tak hanya di Sumatra, hidangan ini juga mudah ditemui di berbagai restoran Padang di seantero Nusantara.

2. Ayam pop

5 Olahan Daging Khas Sumatra Paling Nikmat, Wajib Masuk List Kuliner!ilustrasi hidangan ayam pop (instagram.com/angkytan)

Kota Padang seakan menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang tak pernah kehabisan stok makanan lezat. Salah satu hidangan populer lainnya dari masyarakat Minangkabau adalah ayam pop. Hidangan ini terbuat dari kombinasi ayam, mentega, bawang putih, santan, dan bumbu-bumbu khusus.

Untuk membuatnya, pertama-tama bawang putih ditumis dengan mentega. Kemudian ditambahkan dengan berbagai bahan lain, seperti santan, gula, air, garam, dan merica. Selanjutnya potongan ayam direbus hingga daging menjadi empuk.

Setelah itu, ayam digoreng dalam minyak, namun, tidak sampai berwarna coklat keemasan. Daging harus memiliki warna terang dan sedikit putih. Setelah semua proses selesai, hidangan ayam pop umumnya disajikan bersama campuran kecap manis, bawang merah goreng, dan cabai.

Baca Juga: 5 Olahan Daging Khas Pulau Jawa Terpopuler, Kamu Suka yang Mana? 

3. Gulai ayam

5 Olahan Daging Khas Sumatra Paling Nikmat, Wajib Masuk List Kuliner!ilustrasi hidangan gulai ayam (instagram.com/rani_rifayati)

Gulai ayam adalah hidangan yang terbuat dari potongan ayam yang direbus perlahan di dalam saus pedas. Saus ini terbuat dari santan dan beragam bumbu, seperti cabai, kunyit, ketumbar, jinten, dan pala, serta bawang merah, bawang putih, dan kemiri.

Konon, dipercayai bahwa makanan ini pertama kali muncul di Padang, Sumatera Barat. Namun, kini hidangan gulai ayam juka sudah bisa dinikmati di berbagai penjuru negeri. Makanan ini umumnya disajikan bersama dengan nasi kukus hangat.

4. Dendeng balado

5 Olahan Daging Khas Sumatra Paling Nikmat, Wajib Masuk List Kuliner!ilustrasi hidangan dendeng balado (instagram.com/friskamelani)

Salah satu olah daging andalan Sumatra lainnya adalah dendeng balado. Kuliner ini terbuat dari kombinasi irisan tipis daging sapi yang digoreng hingga garing bersama sambal yang pedas. Umumnya, sambal dihidangkan di atas daging dendeng.

Biasanya, daging sapi digoreng dengan kombinasi bawang merah, bawang putih, jahe, gula, air, minyak, dan garam. Sementara itu, sambal balado dibuat menggunakan cabai, bawang merah, bawang putih, gula, cuka, dan air. Semua bahan tersebut dihaluskan menjadi pasta kasar. 

5. Babi panggang

5 Olahan Daging Khas Sumatra Paling Nikmat, Wajib Masuk List Kuliner!ilustrasi hidangan babi panggang (instagram.com/yscooking)

Babi panggang merupakan istilah Indonesia yang mengacu pada beragam makanan babi yang mengalami proses pemanggangan. Sebelum dipanggang, daging terlebih dahulu direndam dalam campuran bumbu tradisional Indonesia yang mencakup jahe, bawang putih, lengkuas, dan kecap manis.

Hidangan ini bisa disantap langsung atau dengan ditemani sepiring nasih putih hangat. Terkadang, beberapa orang juga menambahkan selada, timun, dan tomat sebagai lalapan untuk memperkaya citarasa hidangan yang satu ini.

Bagi para pecinta kuliner, sederet olahan daging khas Sumatra di atas wajib kalian cicipi, ya. Membayangkannya saja sudah bikin ngiler duluan, bukan?

Baca Juga: 5 Olahan Daging Sapi Berkuah Khas Indonesia, Kaldunya Kental

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya