Comscore Tracker

5 Olahan Ikan Khas Kroasia, Nikmatnya Tak Tertandingi!  

Kenikmatan hidangan ikan khas Eropa yang bikin ngiler, nih

Negara Kroasia dikenal memiliki beberapa menu olahan ikan yang begitu populer. Makanan berbahan dasar ikan seringkali menjadi menu utama sajian makan siang ataupun makan malam di Kroasia.

Saking spesialnya hidangan ikan di Kroasia, bahkan ada menu makanan yang wajib disediakan di kala selebrasi acara-acara tertentu, seperti perayaan khusus atau pertemuan keluarga. Menggugah selera, berikut ini sederet olahan ikan khas yang menjadi menu unggulan di Kroasia.

Cocok banget dihidangkan sebagai menu makan kapan saja, intip beberapa ulasannya berikut ini, yuk!

1. Slane srdele

5 Olahan Ikan Khas Kroasia, Nikmatnya Tak Tertandingi!  ilustrasi hidangan slane srdele (instagram.com/mrsavljenje_vesna_bosanac)

Slane srdele merupakan hidangan Kroasia yang disiapkan pada bulan Mei hingga Agustus. Makanan ini menggunakan sarden segar dan garam laut kasar. Garam diletakkan ke dalam kaleng atau tong, kemudian sarden dilapiskan di atasnya. Lapisan garam lain lalu ditambahkan di atas sarden, diikuti oleh lapisan sarden lainnya. Untuk melakukannya, ikan sarden harus menghadap ke arah yang berlawanan dari ikan yang ada di bawahnya.

Setelah itu, sarden ditutup dengan penutup kayu dan pemberat. Setelah semua proses selesai, ikan sarden asin disimpan di tempat yang gelap dan dingin selama minimal 3 bulan. Selama proses pendinginan tersebut, ikan akan melepaskan kandungan air dan lemak hingga cita rasa ikan semakin memikat.

2. Šaran u rašljama

5 Olahan Ikan Khas Kroasia, Nikmatnya Tak Tertandingi!  ilustrasi hidangan šaran u rašljama (instagram.com/davor_javorovic)

Salah satu hidangan tradisional khas Kroasia yang paling populer adalah šaran u rašljama. Hidangan ini dibuat dengan ikan mas besar yang ditempatkan di tongkat khusus dan dimasak perlahan di atas api kayu. Cara memasak ini menghasilkan aroma dan rasa berasap yang sangat unik.

Sekitar sepuluh menit sebelum ikan mas benar-benar matang, hidangan terlebih dahulu ditaburi dengan garam dan paprika merah bubuk untuk membuatnya rasanya makin nikmat. Biasanya, hidangan ini dinikmati bersama dengan daun bawang, salad kentang, dan segelas white wine sebagai pelengkap.

Baca Juga: 5 Olahan Ikan Khas Spanyol yang Paling Nikmat, Awas Ketagihan!

3. Gregada

5 Olahan Ikan Khas Kroasia, Nikmatnya Tak Tertandingi!  ilustrasi hidangan gregada (instagram.com/familyfoodcooking)

Kentang adalah salah satu sayuran paling serbaguna yang dapat dikombinasikan dengan beragam menu. Salah satunya kentang bisa berkolaborasi dengan menu olahan khas Kroasia, gregada. Makanan ini dibuat dengan cara melapisi kentang dan bawang bombay yang diiris tipis, kemudian dilumuri dengan menggunakan minyak zaitun.

Kemudian, di bagian atasnya ditambahi ikan air asin putih yang lebih kecil. Lalu dimasak dengan air dan white wine secukupnya untuk menutupi ikan. Untuk menambah rasa, umumnya gregada diberi tambahan yang berupa peterseli, seledri, dan bawang putih.

4. Gradele

5 Olahan Ikan Khas Kroasia, Nikmatnya Tak Tertandingi!  ilustrasi hidangan gradele (instagram.com/andreacukrov)

Gradele merupakan cara tradisional Kroasia untuk memanggang ikan segar di atas api terbuka. Selain menggunakan ikan, cara ini juga populer menggunakan bahan daging dan siput, lho.

Ikan yang digunakan untuk gradele dapat yang berukuran kecil atau besar sekalipun. Yang terpenting adalah, ikan harus dipanggang merata sambil tetap berair pada saat yang bersamaan.

Selama prosesnya, umumnya gradele diolesi dengan cabang rosemary yang telah dicelupkan ke dalam minyak zaitun. Setelah semua proses selesai, ikan ini secara tradisional dihidangkan bersama campuran minyak zaitun, peterseli, dan bawang putih.

5. Brudet

5 Olahan Ikan Khas Kroasia, Nikmatnya Tak Tertandingi!  ilustrasi hidangan brudet (instagram.com/istriaonmymind)

Pecinta makanan laut wajib banget mencoba menu khas Kroasia yang bernama brudet. Makanan ini umumnya mudah ditemukan di sepanjang pesisir pantai negara ini.

Brudet setidaknya menggunakan tiga jenis ikan yang berbeda. Ikan selalu dipotong menjadi potongan yang lebih besar dan dibiarkan di bagian tulangnya. Jenis ikan yang paling sering digunakan untuk hidangan ini antara lain scorpionfish, monkfish, dan sea bass. Bahan pelengkap lainnya untuk meningkatkan cita rasa brudet dapat berupa remis dan scampi.

Apakah kamu sudah mulai ngiler dengan sederet olahan ikan khas Korasia tersebut? Kalau punya kesempetan mengunjungi negara tersebut, jangan lupa cicipi sederet rekomendasi kuliner di atas, ya!

Baca Juga: 5 Olahan Ikan Khas Polandia yang Kaya Gizi dan Protein, Lezat!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya