Comscore Tracker

5 Sajian Salad Khas Rumania, Santapan Lezat yang Menyehatkan!

Bisa jadi menu diet yang nikmat!

Rumania merupakan salah satu negara yang terkenal akan kulinernya yang sukses menggoyang lidah. Mulai dari makanan pembuka, hidangan utama, dessert lezat, hingga kudapan khas bisa dinikmati ketika berkunjung ke negara ini. Salah satu makanan yang menjadi buruan wisatawan adalah saladnya.

Salad khas Rumania terkenal akan cita rasanya yang menggugah selera. Banyak juga diantaranya yang mudah dibuat dengan bahan-bahan yang juga mudah ditemukan. Berikut lima sajian salad khas Rumania, santapan lezat yang menyehatkan!

1. Salata de Boeuf

5 Sajian Salad Khas Rumania, Santapan Lezat yang Menyehatkan!salat de boeuf (Instagram.com/romanian_friend)

Salata de boeuf atau salad daging sapi Romania merupakan makanan tradisional yang dibuat saat merayakan Natal, Tahun Baru, dan Paskah. Tak peduli di mana pun orang Rumania tinggal di seluruh dunia, salad ini akan selalu tersedia untuk perayaan ini.

Bahan-bahan pembuatannya yaitu sayuran umbi-umbian, daging sapi masak, ayam campur acar, dan mayo. Salad lezat ini umumnya dihidangkan sebagai hidangan pembuka.

2. Salată de Roșii

5 Sajian Salad Khas Rumania, Santapan Lezat yang Menyehatkan!salată de roșii (Instagram.com/foodandwoollover)

Salată de roșii atau bisa diartikan sebagai salad tomat merupakan makanan sederhana yang menjadi ciri khas masakan Rumania. Cara pembuatannya juga terbilang mudah, karena hanya memotong tomat menjadi beberapa bagian yang kemudian dicampurkan bersamaan dengan dressing yang dibuat dengan bahan-bahan seperti minyak zaitun, cuka balsamic, bawang merah, dan bawang putih dengan bumbu seperti thyme dan basil.

Umumnya salad dihidangkan berdampingan dengan roti atau dengan keju cottage, atau bisa juga ditambahkan dengan topping bruschetta.

Baca Juga: 5 Salad Khas Prancis yang Nikmat, Bisa Dijadikan untuk Menu Diet!

3. Ardei Copți

5 Sajian Salad Khas Rumania, Santapan Lezat yang Menyehatkan!ardei copți (Instagram.com/lchf.ro)

Ardei copți merupakan makanan tradisional Rumania yang cara pembuatannya memerlukan bahan-bahan seperti paprika runcing merah atau paprila kuning panggang. Paprika dapat dikupas, atau diiris dan dibersihkan isinya atau juga bisa dibiarkan utuh.

Ketika paprika masih dalam keadaan yang hangat, makanan ini dapat disiram dengan campuran minyak dan cuka. Untuk cita rasa yang semakin nikmat juga dapat ditambahkan dengan irisan bawang putih.

4. Salată de Sfeclă

5 Sajian Salad Khas Rumania, Santapan Lezat yang Menyehatkan!salată de sfeclă (Instagram.com/karolanutritionist)

Salată de sfeclă merupakan salah sederhana yang menyegarkan. Salad ini menggunakan bit sebagai bahan utamanya. Cara pembuatannya yaitu membersihkan bit terlebih dahulu, kemudia bit yang sudah dibersihkan direbus dalam panci sampai empuk.

Kemudian dipotong dan diparut, atau dipotong dadu. Setelahnya, bit dicampur dengan lobak parut, minyak, cuka, dan garam. Untuk menambah cita rasa bisa ditambahkan biji sesawi atau biji jintan.

5. Salată Orientală

5 Sajian Salad Khas Rumania, Santapan Lezat yang Menyehatkan!salată orientală (Instagram.com/foodbyelenaudrea)

Salată orientală disebut juga salad kentang khas Rumania. Salad ini memerlukan bahan-bahan seperti kentang rebus, bawang bombay, telur rebus, dan zaitun dalam pembuatannya. Selanjutnya semua bahan yang sudah tercampur dibumbui dengan menggunakan kombinasi minyak dan cuka.

Untuk menambah kelezatan salad, juga bisa ditambahkan mayones, acar paprika merah atau sayuran lainnya.

Rumania mempunyai beragam salad yang lezat dan sukses menggoyang lidah. Salad ini juga bisa menjadi menu diet yang efektif. Tertarik mencoba?

Baca Juga: 7 Olahan Salad Buah Paling Favorit dari Berbagai Negara, Ada Rujak!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya