Comscore Tracker

5 Menu Sarapan Khas Italia Paling Populer, Lezatnya Bikin Ngiler

Italia gak cuma punya spageti atau pizza

Sarapan menjadi salah satu aktivitas yang bermanfaat untuk memberi energi pada tubuh supaya lebih konsentrasi selama seharian. Beragam menu sarapan bisa kamu pilih. Kalau bosan dengan menu yang itu-itu saja, cobalah mencicipi sarapan khas Italia yang lezat.

Menu sarapan asal Negeri Menara Pisa itu bisa berupa kue, roti, hingga pai dengan rasa yang nikmat. Tak ada salahnya mencoba menu sarapan pagi berbeda dari yang sudah ada. Beberapa menu sarapan khas Italia berikut ini bisa jadi alternatif sarapan pagimu.

1. Pasticciotto

5 Menu Sarapan Khas Italia Paling Populer, Lezatnya Bikin NgilerPasticciotto (instagram.com/nonmichiamovalentina)

Selain jadi menu sarapan, pasticciotto juga terkenal sebagai makanan penutup. Makanan ini terdiri dari kue kering berisi krim beraroma. Secara tradisional, kerak pada kue terbuat dari lemak babi, sehingga teksturnya lebih lembap dan lembut.

Kue ini makin nikmat saat dikonsumsi langsung setelah keluar dari oven ketika masih hangat. Banyak orang yang meyakini bahwa hidangan ini ditemukan pada abad ke-18 oleh Andrea Ascalone, seorang koki dari Galatina.

2. Torta paradiso

5 Menu Sarapan Khas Italia Paling Populer, Lezatnya Bikin NgilerTorta paradiso (instagram.com/buonbrunch)

Salah satu kue yang biasanya menjadi menu sarapan adalah torta paradiso. Kue bolu ini menggunakan tiga bahan utama, yakni gula, tepung, dan mentega. Kue ini juga mempunyai varian isi yang biasanya terbuat dari krim atau custard.

Kue ini terkenal akan kelembutannya dengan aroma harum. Rasa manisnya juga bikin makanan ini menjadi menu populer untuk sarapan yang didampingi espresso, susu, atau teh.

3. Torta barozzi

5 Menu Sarapan Khas Italia Paling Populer, Lezatnya Bikin NgilerTorta barozzi (instagram.com/kitchenhug_by_mimi)

Torta barozzi adalah kue dengan aroma harum semerbak. Kue ini dipenuhi almond dan kakao yang melimpah. Selain itu, ada pula rum dan kopi yang membuat rasa kue kian kuat.

Kue lezat ini ada sejak 1907, ditemukan oleh Eugenio Gollini. Ia mendedikasikan kue ini untuk Jacopo Barozzi da Vignola, seorang arsitek abad ke-16 yang terkenal. 

Kue ini dikonsumsi sebagai menu sarapan yang dilengkapi kopi atau teh. Makanan ini juga menjadi pelengkap sempurna untuk berbagai puding atau es krim vanila, lho.

Baca Juga: 5 Roti Khas Jerman yang jadi Menu Sarapan Pagi, Ada Pretzel!

4. Rustico

5 Menu Sarapan Khas Italia Paling Populer, Lezatnya Bikin NgilerRustico (instagram.com/elbarbafood)

Rustico merupakan camilan gurih tradisional dengan beragam isian yang diapit di antara dua lapis puff pastry. Makanan ini umumnya berbentuk bulat dengan isian berupa saus béchamel, tomat, dan keju mozzarella. Ada pula yang menggunakan bayam atau ricotta.

Makanan berbasis pastry ini menjadi camilan yang cocok dihidangkan saat sarapan. Kalau mau disajikan untuk teman santai sore hari juga tak masalah, kok.

5. Brioche con gelato

5 Menu Sarapan Khas Italia Paling Populer, Lezatnya Bikin NgilerBrioche con gelato (instagram.com/irenepeluso)

Brioche con gelato paling sering menjadi hidangan penutup. Makanan ini berasal dari Sisilia. Hidangan ini terdiri dari roti brioche lembut bermentega dengan isian gelato yang melimpah. Hidangan ini sangat terkenal selama bulan musim panas.

Selain menjadi dessert, makanan ini juga terkadang menjadi menu sarapan yang lezat. Makanan ini makin kaya rasa saat diberi taburan kacang dan sedikit gula bubuk.

Italia terkenal dengan beberapa menu sarapan pagi khasnya. Memiliki cita rasa yang berbeda, kelima hidangan di atas dapat dijadikan sebagai hidangan alternatif sarapan pagi yang bikin jadi lebih semangat.

Baca Juga: Resep Pizza Roti Tawar, Menu Sarapan Pagi yang Praktis

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya