Comscore Tracker

13 Makanan Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara, Pernah Coba? 

Lezat, menghangatkan, dan pastinya mengenyangkan!

Gak terasa sekarang kita sudah berada di penghujung 2020. Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan, sedangkan di beberapa negara yang memiliki empat musim akan dilewati sambil menikmati musim dingin atau salju pada akhir tahun.

Selain baju hangat dan perapian, masyarakat Eropa, Amerika, dan beberapa negara Asia menyambut musim dingin dengan makanan khas, lho. Makanan ini tentunya disajikan dalam keadaan hangat agar bisa membantu tubuh mereka melawan suhu ekstrem.

Berikut ini kami rangkum tiga belas kudapan khas musim dingin dari berbagai negara! Check these out!

1. Locro dari Argentina

13 Makanan Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara, Pernah Coba? potatopro.com

Locro adalah sup kental terbuat dari biji jagung yang direndam air jeruk nipis, kentang, daging, kacang-kacangan, dan bawang, lalu disantap dengan roti kering. Hidangan ini awalnya dikenalkan oleh masyarakat suku asli yang tinggal di Andes di masa kekaisaran Inca dan kini menjadi populer di wilayah utara Argentina.

2. Shepherd's pie dari Inggris

13 Makanan Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara, Pernah Coba? bbc.co.uk

Shepherd's pie mulai dikenal sejak tahun 1700-an sebagai cara penduduk untuk menghemat persediaan daging di musim dingin. Makanan ini terbuat dari daging, kentang, keju, saus, dan bawang. Umumnya, sajian ini dibuat menggunakan daging kambing atau domba, tapi koki di Amerika memvariasikannya menggunakan daging sapi yang lebih ekonomis. Bahkan, ada pula yang membuatnya tanpa daging.

3. Cheese fondue dari Swiss

13 Makanan Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara, Pernah Coba? earthfoodandfire.com

Cheese fondue awalnya berasal dari daerah pegunungan Alpen dan kini dikenal sebagai makanan tradisional Swiss. Di musim dingin, orang Swiss akan menghabiskan malam sambil menyantap roti dan kentang yang dicelupkan ke dalam keju panas. Mereka juga gak lupa untuk melengkapinya dengan teh atau anggur putih. 

4. Oden dari Jepang

13 Makanan Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara, Pernah Coba? tokyoweekender.com

Oden adalah makanan berbentuk sup dengan kuah hangat. Penjual membebaskan konsumen memilih sendiri bahan isi oden, di antaranya bakso ikan, cumi, udang, lobak Jepang, telur rebus, dan sayuran. Kaldu oden pun hadir dalam berbagai variasi, seperti bumbu rumput laut, ikan kering, kaldu kedelai, atau sup yang rasanya lebih berat. 

5. Finnbiff dari Norwegia

13 Makanan Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara, Pernah Coba? theculturetrip.com

Daging rusa menjadi bahan makanan pokok bagi masyarakat Norwegia di musim dingin. Mereka mengolahnya menjadi berbagai masakan, salah satunya finnbiff atau rebusan daging rusa.Makanan ini dimasak dengan jamur, bacon, sour cream, juniper berries, dan keju brunost

6. Latkes dari Israel

13 Makanan Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara, Pernah Coba? toriavey.com

Latkes adalah pancake khas Israel yang dibuat dari kentang, tepung, telur, bawang, dan remahan roti. Adonan ini lalu digoreng di dalam minyak panas hingga renyah dan kecokelatan. Kemudian, makanan disajikan dengan saus apel atau sour cream. 

Baca Juga: 12 Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Patut Kamu Coba, Rasanya Beragam

7. Poutine dari Kanada

13 Makanan Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara, Pernah Coba? macleans.ca

Poutine berasal dari dari daerah Quebec, Kanada dan telah dikenal sebagai hidangan nasional musim dingin negara tersebut. Poutine dibuat dari kentang goreng dengan cheese curds atau dadih keju dan disiram dengan saus cokelat.  Hidangan ini juga berkembang dengan variasi lain yang dicampur bacon, daging sapi, sosis, atau kacang panggang.

8. Solyanka dari Rusia

13 Makanan Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara, Pernah Coba? thespruceeats.com

Solyanka merupakan sup panas yang hadir dalam berbagai variasi resep. Ada yang menggunakan daging, sea food, sosis, hingga resep tanpa daging. Kemudian, ada juga yang menambahnya dengan wortel, kol, dan sayuran lain. Namun, semuanya disajikan dalam larutan kaldu yang sama dan ditambah acar mentimun dan tomat. Kamu juga bisa menambahkan topping kulit lemon, sour cream, dan zaitun. 

9. Tteokbokki dari Korea

13 Makanan Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara, Pernah Coba? koreanbapsang.com

Tteokbokki terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan bumbu gochujang yang memberinya rasa pedas manis. Kudapan ini populer sebagai street food khas Korea yang bisa kamu temui sepanjang tahun, tapi jadi lebih populer di musim dingin. Kini, tteokbokki hadir dengan berbagai varian, seperti daging, sea food, kecap asin, dan keju. 

10. Sarmi dari Bulgaria

13 Makanan Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara, Pernah Coba? thespruceeats.com

Sarmi terbuat dari gulungan sayur kol yang diisi daging cincang, nasi, dan bumbu rempah tertentu. Makanan ini akan lebih sempurna bila dicelupkan ke dalam yoghurt Bulgaria yang terkenal akan kelembutannya. Jika kamu seorang vegetarian, kamu bisa mencoba variasi sarmi tanpa daging yang diganti dengan kismis. 

11. Plokkfiskur dari Islandia

13 Makanan Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara, Pernah Coba? medium.com

Plokkfiskur adalah sup ikan yang berasal dari Islandia. Negara ini memang terkenal dengan hasil laut yang berkualitas tinggi sehingga tak heran makanan ini menjadi hidangan favorit di musim dingin. Plokkfiskur terdiri dari haddock (jenis ikan laut), kentang,  bawang, dan béchamel sauce (saus putih terbuat dari susu).

12. Tangyuan dari Tiongkok

13 Makanan Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara, Pernah Coba? topchinatravel.com

Makanan berbentuk bola yang terbuat dari tepung beras ini selalu hadir di festival-festival musim dingin hari Tahun Baru Imlek. Tangyuan memiliki bermacam-macam isian di tengah seperti ubi jalar, kacang, wijen, atau jeli. Makanan ini disajikan dengan kaldu manis yang hangat atau ada juga yang digoreng.

13. Goulash dari Hungaria

13 Makanan Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara, Pernah Coba? supergoldenbakes.com

Kamu mungkin bisa menemukan goulash di negara lain, tapi makanan ini sebenarnya makanan nasional paling terkenal di Hungaria. Pembuatannya juga tentu berbeda antara Hungaria dan negara lain. Di Hungaria, goulash populer sebagai makanan penghangat di musim dingin. Makanan ini terbuat dari daging sapi, sayuran, dan paprika yang dimasak dengan bumbu pedas manis. 

Itulah dia tiga belas makanan khas musim dingin dari berbagai negara di dunia. Ada yang sudah kamu coba? Kalau kamu berencana menikmati libur musim dingin di salah satu negara tadi, jangan lupa untuk mencoba makanan khasnya, ya!

Baca Juga: 5 Makanan Khas Jember Berbahan Tape, Cocok Dijadikan Oleh-oleh!

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya