Comscore Tracker

Ternyata, 7 Makanan Ini Masih Bisa Dikonsumsi meski Kedaluwarsa Lho

Asal cara penyimpanannya sudah tepat

Di antara tumpukan sampah yang ada, limbah makanan berkontribusi cukup banyak. Tercatat dalam sehari di Indonesia produksi sampahnya mencapai 7.500 ton. Lebih dari 54 persen adalah sampah makanan.

Salah satu penyebabnya adalah makanan sudah basi karena lupa atau tidak habis. Makanan kedaluwarsa memang cukup menakutkan, karena bisa menyebabkan seseorang keracunan.

Namun, makanan tersebut bukan berarti harus dibuang langsung lho, masih ada beberapa yang masih layak untuk dikonsumsi.

1. Makanan kalengan

Ternyata, 7 Makanan Ini Masih Bisa Dikonsumsi meski Kedaluwarsa Lhokqed.org

Selama kaleng tidak rusak, penyok atau bocor, makanan tersebut dapat bertahan hingga empat tahun. Hanya saja, kamu harus benar-benar menyimpannya di tempat sejuk dan tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

2. Sereal

Ternyata, 7 Makanan Ini Masih Bisa Dikonsumsi meski Kedaluwarsa Lhotheatlantic.com

Banyak toko yang menjual sereal dengan diskon tinggi karena batas kedaluwarsanya mepet. Kamu tidak perlu khawatir jika belum habis meski telah memasuki masa kedaluwarsanya. Sereal masih aman dimakan hingga enam bulan setelah tanggal kedaluwarsa, meski rasanya sedikit berubah.

3. Telur

Ternyata, 7 Makanan Ini Masih Bisa Dikonsumsi meski Kedaluwarsa Lhoscienceabc.com

Tak jauh beda, telur juga menjadi makanan pokok yang kerap mendapatkan potongan harga ketika dekat dengan tanggal kedaluwarsa. Tenang saja, telur masih aman dikonsumsi hingga tiga minggu setelahnya, jika disimpan di kulkas, kok.

Untuk memastikannya, kamu bisa mengecek dengan menenggelamkan telur ke dalam air. Telur yang basi akan mengambang atau berada di tengah-tengah. Buang telur jika saat dipecahkan ada bau tak sedap.

Baca juga: Ternyata, 7 Makanan Ini jadi Buruk Setelah Disimpan di Kulkas Lho

4. Mentega

Ternyata, 7 Makanan Ini Masih Bisa Dikonsumsi meski Kedaluwarsa Lhomymilk.com

Mentega masih aman dikonsumsi dengan cara disimpan ke dalam freezer. Namun, kamu harus menggunakannya sekaligus, tidak bisa disimpan lagi ke dalam freezer setelah dikeluarkan. 

5. Kue kering atau keripik

Ternyata, 7 Makanan Ini Masih Bisa Dikonsumsi meski Kedaluwarsa Lhord.com

Selama belum mengeluarkan bau tengik dan tidak langsung hancur saat diambil, camilan masih aman untuk dimakan. Salah satu solusinya adalah dengan memanaskan kembali menggunakan microwave selama 40 detik hingga camilan kembali renyah. 

Camilan semacam ini normalnya bisa bertahan beberapa minggu, tapi rasanya akan sedikit berubah.

6. Susu

Ternyata, 7 Makanan Ini Masih Bisa Dikonsumsi meski Kedaluwarsa Lhomamanatural.com

Susu merupakan salah satu minuman yang rentan basi jika salah menyimpannya. Susu masih aman dikonsumsi hingga tiga bulan ke depan, kalau disimpan terus di dalam kulkas dalam suhu minus 5 derajat Celcius.

Tapi perlu diingat, susu itu belum dibuka atau tidak mengeluarkan bau tidak sedap ketika dibuka pertama kali. Menurut Head Farm PT Greenfields Indonesia, Heru Prabowo, susu segar dalam kemasan yang keluar dari pendingin hanya bertahan selama dua jam saja.

7. Roti 

Ternyata, 7 Makanan Ini Masih Bisa Dikonsumsi meski Kedaluwarsa Lhoplayingwithflour.com

Selain susu, roti juga termasuk salah satu makanan yang cepat basi atau berjamur. Kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas agar roti bisa bertahan lebih lama dari tanggal kedaluwarsanya.

Meski timbul bercak putih atau hitam, roti masih aman dikonsumsi asalkan disisihkan terlebih dahulu. 

Itulah tujuh makanan yang bisa kamu konsumsi meskipun sudah melewati batas kedaluwarsanya. Tapi, kamu juga harus memperhatikan aroma dan fisik makanan secara benar ya. Jika takut, langsung saja buang dan beli lagi yang baru.

Baca Juga: 8 Makanan & Minuman yang Aman untuk Penderita Maag, Enak Pula

Topic:

  • Dewi Suci R.

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You