Comscore Tracker

8 Makanan & Minuman yang Aman untuk Penderita Maag, Enak Pula

Maag sangat mengganggu dan gak boleh dianggap remeh ya, Guys

Maag atau tukak lambung bisa dialami oleh siapa saja. Di Indonesia sendiri, lebih dari 150 ribu kasus per tahun dengan usia penderita rata-rata 19 hingga 60 tahun ke atas.

Ciri-ciri maag antara lain perut kembung, mual, nyeri ulu hati, hingga perasaan mudah kenyang. Namun kamu gak perlu khawatir, ada beberapa makanan dan minuman yang ternyata ampuh untuk meredakan maag secara alami.

Apa saja? Yuk, intip daftarnya berikut ini!

1. Pisang

8 Makanan & Minuman yang Aman untuk Penderita Maag, Enak Pulamnn.com

Pisang merupakan buah dengan tingkat asam rendah. Menurut seorang ahli kesehatan pencernaan, Gerard E. Mullin, pisang juga dapat menempel pada lapisan esofagus yang mengalami gangguan dengan membentuk lapisan pelindung.

2. Oatmeal

8 Makanan & Minuman yang Aman untuk Penderita Maag, Enak Pulacookinglight.com

Semangkuk oatmeal kaya akan serat sehat yang bagus untuk tubuh. Oatmeal juga mampu melindungi dan menyangga lapisan perut, sehingga dapat mencegah isi lambung naik kembali.

3. Lidah buaya

8 Makanan & Minuman yang Aman untuk Penderita Maag, Enak Pulapopmama.com

Lidah buaya mampu menyembuhkan luka pada lambung. Lidah buaya kaya akan antibiotik alami yang bisa melawan bakteri penyebab maag, yakni bakteri Helobacter Pylori.

4. Susu almond

8 Makanan & Minuman yang Aman untuk Penderita Maag, Enak Pulahealthline.com

Susu almond sangat bagus dikonsumsi saat sarapan. Susu almond punya sifat yang dapat membantu menetralisir makanan asam.

5. Teh jahe

8 Makanan & Minuman yang Aman untuk Penderita Maag, Enak Pulaparenting.firstcry.com

Jahe memang dikenal sebagai obat alami untuk masalah pencernaan. Jahe sangat efektif sebagai antiinflamasi dan pereda asam lambung. Kamu bisa mengupas jahe sepanjang 3 sentimeter dan mencelupkannya ke dalam teh atau air mendidih.

Baca Juga: 8 Makanan Ini Bagus Dikonsumsi Penderita Darah Tinggi, Rasanya Enak!

6. Nanas

8 Makanan & Minuman yang Aman untuk Penderita Maag, Enak Pulasnaped.fns.usda.gov

Nanas dikenal mengandung bromelain, semacam enzim proteolitik yang membantu memecah protein, sehingga bagus untuk pencernaan.

Kamu bisa menggabungkan nanas dengan pepaya yang kaya akan zat papain. Kombinasi keduanya dapat meringankan sakit maag dengan memfasilitasi pemecahan protein.

7. Kentang rebus

8 Makanan & Minuman yang Aman untuk Penderita Maag, Enak Pulataste.com.au

Selain nasi, kentang merupakan sumber karbohidrat yang bagus. Kentang yang direbus bersifat alkali dan bisa menetralisir asam lambung sebelum makanan lain masuk ke dalam perut.

8. Brokoli

8 Makanan & Minuman yang Aman untuk Penderita Maag, Enak Pulathespruceeats.com

Brokoli sangat bagus untuk penderita maag kronis. Brokoli banyak mengandung sulfur, vitamin C, dan kalium yang bermanfaat mengurangi rasa sakit akibat maag.

Baca Juga: 10 Makanan yang Bisa Merusak Kulit, Padahal Rasanya Enak Semua

yummy-banner

Topic:

  • Andry Trisandy
  • Dewi Suci R.

Just For You