Comscore Tracker

5 Camilan Sunda dari Tepung Kanji yang Kurang Dikenal, Padahal Enak!

Kenyalnya bikin lidah enggak mau berhenti bergoyang 

Ngomongin soal camilan berbahan dasar aci atau tepung kanji, Tanah Sunda adalah rumahnya. Cireng, cilok, cimol, dan cilung, deretan camilan khas Sunda terbuat dari tepung kanji yang namanya familiar sekali di telinga.

Kendati enak dijadikan sebagai camilan, nasib lima camilan khas Sunda yang terbuat dari tepung kanji berikut ini tak seberuntung teman-teman sejenisnya. Pasalnya, banyak yang kurang mengenal keberadaan camilan dari tepung kanji ini lho!

1. Ciuk atau ciwang 

5 Camilan Sunda dari Tepung Kanji yang Kurang Dikenal, Padahal Enak!instagram.com/dapur_keriting

Ciuk sering dipanggil juga dengan sebutan ciwang, ialah camilan dari aci yang dikombinasikan dengan bumbu bawang. Sekilas, ciuk sama dengan cilok hanya saja identik berbentuk persegi dan tidak memiliki isi.

Kenikmatan ciuk atau ciwang dihidangkan pula bersama gurihnya bumbu kacang. Dalam bahasa Sunda, bumbu kacang disebut suuk. Pantaslah jika camilan maknyus ini dapat dipanggil pula dengan nama ciuk.

2. Sate aci 

5 Camilan Sunda dari Tepung Kanji yang Kurang Dikenal, Padahal Enak!instagram.com/warungsausan_frozen_herbal

Bila sate daging umumnya dipinang sebagai lauk. Sate aci enak dijadikan sebagai camilan, apalagi sate ini dilengkapi dengan bumbu kacang yang bikin lidah enggak mau berhenti bergoyang.

Sate aci sendiri berbahan dasar dari adonan aci yang dikukus hingga matang. Setelah matang, aci diiris kecil-kecil layaknya memotong daging untuk sate kemudian ditusukkan satu per satu ke tusukan bambu.

Baca Juga: 8 Camilan Unik dan Enak Khas Purbalingga ini Dijamin Ramah buat Dompet

3. Citruk 

5 Camilan Sunda dari Tepung Kanji yang Kurang Dikenal, Padahal Enak!instagram.com/_cemilankaka

Tak seperti camilan sebelumnya yang memiliki tekstur kenyal. Citruk sejenis keripik yang terbuat dari tepung kanji dan bumbu, meliputi garam serta penyedap rasa.

Cara pembuatan citruk serupa dengan pempek lenjeran. Di mana, adonan yang telah dicampur menjadi satu dibentuk lonjong dan dikukus. Usai matang dikukus, adonan citruk diiris tipis-tipis lalu digoreng. Untuk melengkapi kenikmatannya, citruk terkadang diberi taburan bubuk perasa.

4. Cipuk 

5 Camilan Sunda dari Tepung Kanji yang Kurang Dikenal, Padahal Enak!instagram.com/youngieskitchen a

Cipuk tak lain adalah cireng dan kerupuk. Camilan ini menggabungkan antara adonan cireng yang terbuat dari tepung kanji dengan kerupuk yang telah direbus, sehingga wajar jika penampilannya lebih bertekstur serta kenyal.

Jika kamu memiliki kerupuk mentah sisa, belum digoreng atau dibikin menjadi seblak. Tak ada salahnya menjajal kenyalnya cipuk, yang dapat kamu hidangkan dengan saus sambal.

5. Moring 

5 Camilan Sunda dari Tepung Kanji yang Kurang Dikenal, Padahal Enak!instagram.com/moringmakcuy

Enggak cuma citruk, si renyah dari tepung kanji yang dapat dijadikan sebagai camilan. Ada juga moring, yang enggak kalah enak dan menggugah selera. Moring sendiri singkatan dari cimol garing. Camilan ini dibuat dari adonan cimol, yang mana diiris tipis-tipis kemudian digoreng. Layaknya citruk, moring diberi pelengkap berupa penyedap rasa.

Ternyata banyak ya, camilan khas Sunda berbahan dasar dari tepung kanji. Selain cilok atau cireng, apakah kalian pernah menjajal camilan tepung kanji di atas?

Baca Juga: 5 Resto Lesehan Makanan Sunda di Bogor Paling Favorit, Bikin Betah!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya