Comscore Tracker

5 Kuliner Ayam Sumatera Ini Bisa Dijadikan Inspirasi Lauk Makan Siang

#IDNTimesFood Cita rasanya tak akan mengecewakan

Selain digoreng dengan balutan tepung atau telur, kamu paling suka mengolah ayam menjadi apa untuk lauk makan siang? Supaya tak bosan, kita memang perlu menggali ide terus supaya menciptakan lauk makaan siang berbahan ayam yang menarik dan enak.

Bila mentok di ide, kamu bisa jadikan lima kuliner ayam khas Sumatera berikut ini sebagai inspirasi lauk makan siang. Yuk, coba!

1. Kari ayam terung

5 Kuliner Ayam Sumatera Ini Bisa Dijadikan Inspirasi Lauk Makan SiangKari ayam terung (instagram.com/syahada_ruznan)

Inspirasi kuliner berbahan dasar ayam ini berasal dari Palembang. Jenis kari ini mempertemukan potongan daging ayam dan terung. Bumbu utamanya, pastilah bumbu kari yang bisa kamu racik sendiri atau beli bumbu jadi yang kemudian dikolaborasikan dengan santan.

Selama proses memasak, diamkan hingga bumbu mulai teresap ke setiap lapisan daging dan nampak empuknya. Menghasilkan rasa kaya rempah, gurih, dan pedas, menikmati nasi bersama kari ayam terung dijamin bikin keringat bercucuran di siang hari.

2. Ayam tangkap 

5 Kuliner Ayam Sumatera Ini Bisa Dijadikan Inspirasi Lauk Makan SiangAyam tangkap (instagram.com/fitrianisamidan)

Hati-hati ketika memasak kuliner ayam asal Aceh ini. Aroma harum pada saat proses memasaknya, sudah membangkitkan selera makan. Bikin enggak sabar untuk melahapnya bersama nasi putih.

Ayam ini disajikan dalam bentuk goreng, tapi tak sekadar ayam goreng! Selain cita rasa bumbunya yang cukup kuat, ayam tangkap digoreng bersama aneka ragam dedaunan seperti daun salam koja, daun pandan, daun kunyit, dan daun jeruk yang semuanya memengaruhi rasa serta aroma.

Baca Juga: 7 Menu Hidangan Ayam Goreng Lezat di Asia, Inspirasi Menu Sehari-hari

3. Kalio ayam 

5 Kuliner Ayam Sumatera Ini Bisa Dijadikan Inspirasi Lauk Makan SiangKalio ayam (instagram.com/panorama.0909)

Kuliner Sumatera memang terkenal kaya rempah. Tak cuma di olahan daging berkaki empat saja! Olahan ayam seperti kalio ayam juga dimasak dengan bermacam bumbu rempah dan santan.

Proses memasaknya memang memakan waktu yang panjang, karena ayam dibiarkan dimasak hingga airnya mongering. Walaupun begitu, rasanya tak akan mengecewakan!

4. Lempah kuning 

5 Kuliner Ayam Sumatera Ini Bisa Dijadikan Inspirasi Lauk Makan SiangAyam lempah kuning (instagram.com/yusna8223)

Kamu yang suka menikmati makanan berkuah, tak ada salahnya menjajal lempah kuning khas Bangka sebagai lauk. Memang, lempah kuning umumnya dibuat dengan menggunakan ikan. Kamu bisa menggantinya dengan daging ayam.

Penyajian ayamnya sendiri bisa berupa potongan atau bagian dada ayam saja kemudian dipotong dadu. Lempah kuning punya kuah yang bening, alias tidak menggunakan santan, sehingga cocok di semua lidah. Rasa dari lempah kuning sendiri perpaduan dari asam, gurih, dan pedas.

5. Ayam goreng sambal hijau 

5 Kuliner Ayam Sumatera Ini Bisa Dijadikan Inspirasi Lauk Makan SiangAyam goreng sambal hijau (instagram.com/mrsminimalist.me)

Doyan makan pedas? Bagaimana jika rasa pedas itu menyatu dengan ayam yang dimasak dengan cara digoreng? Bisa dipastikan, kamu bakal nambah terus!

Ayam goreng sambal hijau cukup populer di Lampung. Membuatnya pun juga cukup mudah. Kamu perlu menggorengnya terlebih dahulu, baru kemudian ditumis bersama bumbu dan cabai hijau yang telah dihaluskan.

Dari lima kuliner ayam khas Sumatera yang telah disebutkan tadi, kira-kira kamu tertarik menyajikan yang mana untuk lauk makan siangmu hari ini?

Baca Juga: 7 Menu Hidangan Ayam Goreng Lezat di Asia, Inspirasi Menu Sehari-hari

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya