Comscore Tracker

8 Kuliner dari Indonesia Bagian Timur yang Identik Berbahan Kelapa

Dari makanan hingga minuman, semuanya nikmat!

Terbuat dari pisang raja atau pisang kepok, telur, gula, garam, santan, dan memiliki tekstur lembut, barongko adalah salah satu kuliner dari Indonesia bagian timur.

Baik menggunakan daging maupun airnya, kuliner identik berbahan kelapa dari Indonesia bagian timur tidak hanya barongko. Masih banyak kelezatannya yang tersaji di delapan kuliner berikut ini. Apa saja? Intip, yuk!

1. Ayam tuturuga

8 Kuliner dari Indonesia Bagian Timur yang Identik Berbahan Kelapainstagram.com/dapur_berkah99

Menggunakan gurihnya santan, ayam tuturuga berbeda dengan opor! Kuliner identik berbahan kelapa asal Manado ini terbuat dari daging ayam yang dimasak bersama bumbu, cabai, daun jeruk, serai, serta kemangi yang bikin aroma lezatnya menusuk hidung.

Kuliner identik berbahan kelapa ini memiliki warna kuning terang yang berasal dari kunyit dan nikmat banget disantap bersama nasi hangat.

2. Bubur sagu ubi

8 Kuliner dari Indonesia Bagian Timur yang Identik Berbahan Kelapainstagram.com/ennys_kitchen

Makanan mengenyangkan tidak hanya nasi saja. Bubur sagu ubi yang populer dari Ambon juga cukup nampol di perut saat keroncongan. Kuliner identik berbahan kelapa ini punya racikan yang terdiri dari sagu, ubi, santan manis yang dicampur gula jawa, dan tak lupa ramainya kacang kenari.

Bubur sagu ubi nikmat banget disantap selagi hangat. Apalagi jika cuaca sedang mendung atau hujan, sangat menghangatkan jiwa!

3. Dange

8 Kuliner dari Indonesia Bagian Timur yang Identik Berbahan Kelapainstagram.com/tante_panda

Memiliki bentuk yang sama dengan kue pukis dan kue pancong karena dimasak dengan menggunakan jenis cetakan yang sama. Dange termasuk kuliner identik berbahan kelapa dari Makassar yang bikin kalian doyan ngemil.

Bukan santan, dange tepatnya menggunakan kelapa parut untuk adonannya yang dicampur dengan bahan lain terdiri dari tepung ketan hitam dan gula merah.

4. Es kelapa muda asam manis

8 Kuliner dari Indonesia Bagian Timur yang Identik Berbahan Kelapainstagram.com/social_canteen

Kesegaran es kelapa muda, sudah umum rasanya di lidah! Buat sedikit berbeda dengan menambahkan jeruk nipis dan biji selasih seperti minuman asal Papua yaitu es kelapa muda asam manis.

Kuliner identik berbahan kelapa ini tidak hanya menggunakan airnya saja, tapi juga daging kelapa yang menggiurkan lidah untuk menyantapnya.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Sasando, Kuliner Khas NTT yang Selalu Bikin Rindu

5. Binte biluhuta

8 Kuliner dari Indonesia Bagian Timur yang Identik Berbahan Kelapainstagram.com/makanjo.palu

Binte biluhuta sama dengan grontol jagung yang menggunakan kelapa parut untuk melengkapi kelezatannya. Bedanya, kuliner identik berbahan kelapa ini disajikan dalam bentuk bubur nan lezat yang dilengkapi dengan ikan tongkol atau sayuran.

Jika kamu sedang bingung mau bikin sarapan apa? Binte biluhuta bisa jadi pilihan karena bergizi dan cukup memberikan energi di pagi hari.

6. Nasi lapola

8 Kuliner dari Indonesia Bagian Timur yang Identik Berbahan Kelapainstagram.com/pangarep_jagad

Jika nasi uduk dimasak bersama santan, nasi gurih yang rasanya meresap sekali di lidah ini terbuat dari beras, kacang tolo, garam, serai, daun jeruk dan kelapa parut.

Begitu populer di Maluku Utara, hangatnya nasi lapola nikmat banget lho disantap dengan tambahan ikan komu asar atau sayur garu.

7. Bobengka

8 Kuliner dari Indonesia Bagian Timur yang Identik Berbahan Kelapainstagram.com/roa.manadonesefood

Kue yang berwarna cokelat dengan taburan kacang kenari di atasnya ini terbuat dari tepung terigu, kelapa parut, gula merah, dan santan. Bobengka yang dimasak dengan cara dipanggang ini merupakan kuliner identik berbahan dasar kelapa dari Indonesia bagian timur yang mantap dinikmati bersama kopi hangat. 

8. Sarabba

8 Kuliner dari Indonesia Bagian Timur yang Identik Berbahan Kelapainstagram.com/aquilaelang

Punya manfaat baik bagi kesehatan, ketika kamu merasa kurang enak badan atau kedinginan, nikmatilah hangatnya segelas sarabba. Minuman ini terbuat dari santan, kayu manis, bubuk biji pala, merica, gula jawa, dan telur kampung. 

Setelah menikmati sarabba, rasakan sensasi hangat dari dalam yang memberikan sedikit kenyamanan seperti pelukan.

Itu tadi delapan kuliner identik berbahan kelapa dari Indonesia bagian timur yang lezat dan bersahabat dengan lidah. Kalian pernah coba yang mana saja?

Baca Juga: 7 Kuliner Ikan Laut Asia yang Sedapnya Membangkitkan Selera Makan

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya