Comscore Tracker

5 Jajanan Nikmat di Dekat Keraton Surakarta, Murah Meriah!

Setelah menjelajah Keraton, saatnya berburu camilan!

Selain berbelanja batik di Pasar Klewer, ada hal menarik lagi yang bisa kamu lakukan usai jalan-jalan ke Keraton Surakarta. Apalagi kalau bukan berburu jajanan khas yang nikmat dan enak.

Buat yang belum tahu, ada banyak pilihan jajanan khas di sekitar Keraton Surakarta, lho. Tenang, harganya pun gak bikin kantong menjerit. Kira-kira, apa saja jajanan tersebut? Berikut ini lima rekomendasi jajanan khas di dekat Keraton Surakarta!

1. Kue Moho Baluwarti

5 Jajanan Nikmat di Dekat Keraton Surakarta, Murah Meriah!kue moho (instagram.com/carikulinersolo)

Kue Moho Baluwarti lokasinya di Pintu Gapit Barat, masih di dalam kawasan Keraton Surakata. Sudah dirintis kurang lebih sepuluh tahun lamanya, kue moho di sini terkenal enak dan lembut.

Harganya kisaran Rp2.000 saja per biji, sangat terjangkau, kan? Sayangnya, jajanan ini mulai langka, lho. Sebab itu, wajib banget kamu cobain usai pelesiran dari Keraton Surakarta. Kue Moho Baluwarti buka setiap hari pada pukul 08.00-16.00, ya.

2. Serabi Notosuman Ny. Lidia

5 Jajanan Nikmat di Dekat Keraton Surakarta, Murah Meriah!Serabi Notosuman (instagram.com/hani_widyawati_680)

Keluar dari Pintu Gapit Barat, beloklah ke kanan. Terdapat gang kecil yang bisa kamu lalui dengan jalan kaki atau mengendarai motor. Kemudian, berjalanlah ke Jalan Moh Yamin Nomor 28 dan kamu akan menemukan serabi Notosuman Ny. Lidia yang legendaris itu.

Serabi rasa original dan cokelat masih menjadi menu favorit di tempat ini. Masing-masingnya dihargai sekitar Rp2500 per buah. Ukurannya juga lumayan besar, sehingga cepat bikin perut kenyang.

Di toko serabi yang buka pukul 05.00-16.00 ini, kamu juga bisa membeli oleh-oleh lainnya, seperti keripik hingga kue kering. Wah, lengkap banget, kan?

3. Leker Gajahan Bp Fathoni

5 Jajanan Nikmat di Dekat Keraton Surakarta, Murah Meriah!Leker Gajahan Bp Fathoni (instagram.com/lekergajahan)

Di sekitar Keraton Surakarta banyak sekali penjual legitnya kue leker. Ada satu yang direkomendasikan, yakni Leker Gajahan Bapak Fathoni. Tempat ini letaknya di Jalan Padmonegoro, Gajahan, Pasar Kliwon.

Variasi leker di sini amat banyak, dijamin bikin kamu susah memilih. Meski banyak pilihannya, leker isi pisang cokelat keju susu masih jadi favorit banyak orang. Harga leker Gajahan Bp Fathoni berkisar Rp5-12 ribu per buah.

Selain itu, ada pula menu paket leker yang dihargai sekitar Rp17-70 ribu. Kamu bisa mampir ke sini mulai pukul 10.00-16.00 setelah atau sebelum menjelajah Keraton Surakarta.

Baca Juga: 6 Kuliner Berkuah Khas Solo yang Bikin Hangat, Wajib Masuk Bucket-List

4. Donat Flow

5 Jajanan Nikmat di Dekat Keraton Surakarta, Murah Meriah!Donat Flow (instagram.com/donatflow)

Siapa bilang menikmati donat harus merogoh kocek cukup banyak? Donat Flow yang berada di Jalan Brigjen Sudiarto Nomor 74, Serengan, ini menjual donat dengan harga terjangkau, mulai dari Rp3000 per biji.

Pilihan rasanya cukup beragam. Ada donat meses cokelat, tiramisu, selai stroberi, green tea, hingga ballpink. Toko donat ini buka pukul 09.00-21.00, ya.

5. Warung Srie Redjeki

5 Jajanan Nikmat di Dekat Keraton Surakarta, Murah Meriah!Warung Srie Redjeki (instagram.com/@oetje)

NIkmat banget usai lelah jalan-jalan ke Keraton Surakarta langsung menyantap seporsi siomay yang kemudian ditutup dengan hangatnya wedang ronde. Langsung saja pergi ke Warung Srie Redjeki di Jalan Reksoniten Nomor 22.

Buka pada pukul 12.00-22.00, tempat ini menawarkan beragam wedang dan minuman dingin tradisional serta kudapan, seperti batagor, sosis solo, otak-otak, dan masih banyak lagi. Cukup membawa uang sekitar Rp50-100 ribu, kamu sudah bisa jajan puas.

Pulang dari Keraton Surakarta di Solo, sempatkan untuk mampir ke lima tempat jajan yang telah disebutkan tadi, ya. Jaraknya gak begitu jauh dan harga yang ditawarkan pun terbilang sangat murah. Gimana, sudah siap untuk wisata kuliner di Solo?

Baca Juga: 7 Tempat Makan di Solo yang Menawarkan Kuliner Khas, Wajib Mampir!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya