Comscore Tracker

7 Kuliner dari Unggas Khas Nusantara yang Nikmatnya Tiada Dua

Beragam olahan dengan cita rasa yang khas!

Ayam adalah hewan kategori unggas yang dapat diolah beraneka ragam. Ayam betutu, ayam tangkap, ayam taliwang, dan masih banyak olahan ayam lainnya di Nusantara yang punya kelezatan tak terbantahkan.

Selain olahan ayam yang telah disebutkan tadi, ada kuliner dari unggas lainnya yang nikmatnya tiada dua! Ada apa saja? Icip, yuk!

1. Pedesan entog

7 Kuliner dari Unggas Khas Nusantara yang Nikmatnya Tiada Duainstagram.com/ade_redina

Pelesiran melewati wilayah Pantura, mudah sekali menemukan kuliner unggas ini yaitu pedesan entog.

Pedesan entog berbahan utama potongan mentok atau itik serati yang dimasak dengan cara direbus bersama bumbu rempah-rempah. Kuah gelap pedesan entog berasal dari kecap dan kayu manis.

Memiliki rasa gurih dan pedas, pedesan entog juga memiliki aroma yang harum dari daun jeruk. Kuliner unggas ini nikmat banget disantap selagi panas bersama sepiring nasi putih.

2. Bebek garo rica

7 Kuliner dari Unggas Khas Nusantara yang Nikmatnya Tiada Duacookpad.com/Astrid Chairunnisa

Berasal dari Manado, bebek garo rica terbuat dari potongan bebek yang dimasak dengan cara diungkep dan ditumis bersama bumbu rempah.

Rasanya yang pedas, kuliner unggas ini cocok banget disantap oleh kalian yang doyan makan pedas. Aroma daun jeruk, sereh, serta daun kemangi yang semerbak menusuk indera penciuman. Melupakan bau amis yang melekat pada bebek.

3. Burung goreng

7 Kuliner dari Unggas Khas Nusantara yang Nikmatnya Tiada Duainstagram.com/burunggoreng

Burung goreng adalah kuliner unggas dari burung puyuh yang terkenal sekali di Pematang Siantar, Medan. Sekilas diperhatikan, burung puyuh memang tampak kecil. Tapi begitu disajikan, ternyata banyak daging yang terdapat pada burung goreng lho!

Meski dimasak dengan cara sederhana yaitu hanya dibumbui lalu digoreng. Burung goreng nikmat banget disantap bersama nasi putih, lalapan, dan sambal. Dijamin bikin kalian nambah berulang kali!

Baca Juga: 8 Pasar di Jawa Tengah yang Asyik Dijadikan Spot Kuliner, Bikin Kalap!

4. Opor kalkun

7 Kuliner dari Unggas Khas Nusantara yang Nikmatnya Tiada Duainstagram.com/u

Kuliner unggas berbahan kalkun mudah dijumpai di berbagai daerah Indonesia seperti Yogyakarta, Jombang, atau Blitar.

Selain dipanggang atau digoreng, ada pula olahan kalkun berkuah santan nan lezat yaitu opor kalkun. Bumbu dan bahan pembuatan opor kalkun sama seperti dengan opor ayam.

Perbedaannya terletak pada daging yang digunakan saja. Soal rasa, jangan ditanya! Gak cukup sekali kalian menyantap opor kalkun.

5. Pindang burung dara

7 Kuliner dari Unggas Khas Nusantara yang Nikmatnya Tiada Duainstagram.com/pindang_burung

Pindang ikan adalah olahan pindang yang cukup populer di Indonesia. Namun ada satu yang gak kalah nikmat dari pindang ikan yaitu pindang burung dara.

Kuliner unggas ini tidak hanya dapat dibuat sendiri di rumah. Ketika kalian pelesiran ke Palembang, mudah sekali menemukan pindang dara tanpa harus keluar tenaga untuk membuatnya.

6. Angsa panggang

7 Kuliner dari Unggas Khas Nusantara yang Nikmatnya Tiada Duainstagram.com/olfooddiary

Memang tidak banyak, namun olahan angsa panggang mulai dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia di berbagai daerah.

Unggas yang identik berwarna putih dengan leher panjang ini terkenal sebagai masakan musim dingin atau perayaan hari besar di beberapa negara seperti Timur Tengah, Tiongkok, dan Eropa.

Cara mengolahnya sama seperti masakan panggang lainnya yang mana daging akan dibumbui terlebih dahulu lalu dipanggang.

7. Ayam cincane

7 Kuliner dari Unggas Khas Nusantara yang Nikmatnya Tiada Duainstagram.com/foodrecipesindonesia

Kuliner unggas yang ini banyak sekali bentuk olahannya salah satunya ada ayam cincane yang terkenal sekali di wilayah Kalimantan.

Ayam cincane terbuat dari ayam yang dimasak dengan cara ditumis bersama bumbu dan santan hingga mengering. Kemudian dipanggang pada oven atau dibakar.

Itu tadi tujuh kuliner dari unggas yang ada di Nusantara. Buat kalian yang doyan daging unggas, jangan sampai melewatkan kelezatan tujuh olahan dari unggas tadi ya!

Baca Juga: Sedang Naik Daun, 7 Olahan Jamur Enoki yang Bikin Makan Jadi Lahap

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya