Comscore Tracker

8 Kuliner Yummy ala Ria SW yang Wajib Dicoba di Ipoh, Malaysia

Ramah dengan lidah Indonesia kok!

Siapa sih yang gak kenal dengan Ria Sukma Wijaya? Food vlogger cantik asal Indonesia yang biasa dikenal dengan nama Ria SW ini, selalu bikin kita iri karena video kulinernya yang menggiurkan lidah dengan menyajikan konsep konten menarik.

Tidak hanya kulineran di dalam negeri saja, Ria SW sering mencoba kuliner di negara lain seperti contoh kota Ipoh, Malaysia. Ipoh memang tak sering dibicarakan seperti Kuala Lumpur, namun kota ini punya kuliner yang nikmat dan wajib untuk dicoba!

Dan berikut delapan rekomendasi kuliner yummy ala Ria SW yang bisa bikin kamu rindu untuk menikmatinya lagi.

1. Sar kok liew

8 Kuliner Yummy ala Ria SW yang Wajib Dicoba di Ipoh, Malaysianasilemaklover.blogspot.com

Menurut informasi dari Ria SW, sar kok liew atau yam bean fritters hanya dapat kita nikmati di Ipoh saja, lho. Kuliner gurih yang enak disantap sebagai hidangan pembuka ini terbuat dari bengkuang yang telah diparut, dicampur dengan bahan lainnya seperti pasta ikan, tepung, dan bumbu, yang kemudian dibungkus dengan kulit kembang tahu.

Sebelum digoreng, adonan sar kok liew dikukus terlebih dahulu. Selain enak sebagai camilan hidangan pembuka, sar kok liew biasanya nikmat disantap pula bersama mi kuah.

2. Curry mee / Mi kari

8 Kuliner Yummy ala Ria SW yang Wajib Dicoba di Ipoh, Malaysiarotinrice.com

Sekilas mirip mi celor, curry mee atau mi kari punya kuah kental yang terbuat dari santan. Dalam semangkuk curry mee punya isian berupa mi kuning, bihun, kacang kedelai, kerang, udang, sotong, dan daging (sapi, ayam, atau babi).

Kaya akan rempah-rempah pada bumbunya, seporsi curry mee bisa bikin perut kita kenyang lho. Bisa jadi pilihan makan siang nih selama berlibur di Ipoh.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Enak di Taiwan, Dijamin Halal!

3. Nasi ganja

8 Kuliner Yummy ala Ria SW yang Wajib Dicoba di Ipoh, Malaysiaoriginalkayu.com.my

Jangan berburuk sangka dulu, ya! Nasi ganja bukanlah terbuat dari nasi dengan daun ganja. Pemilik dari Rumah Tumpangan dan Kedai Kopi Yong Suan (nama rumah makan) di Ipoh, sengaja menamai menu andalan mereka dengan nama nasi ganja supaya menarik perhatian pelanggan karena rasa yang disajikan memang bikin orang ketagihan.

Hampir mirip dengan nasi Padang, nasi ganja punya isian berupa nasi putih, kari, daging ayam, telur asin, okra, mentimun iris, dengan topping chutney.

4. Sayap ayam panggang

8 Kuliner Yummy ala Ria SW yang Wajib Dicoba di Ipoh, Malaysiaflickr.com/Law Hui Sheng

Di Dai Shu Geok Big Tree Foot, Ipoh, kamu dapat menikmati camilan yummy berupa sayap ayam panggang. Sebelum dipanggang, sayap ayam direndam terlebih dahulu dengan racikannya seperti jus lemon, jus apricot, saus tobasco, bawang putih, jahe, gula, kecap, dan garam.

Sayam ayam disajikan dengan dipotong pisah dengan sendinya dan dihilangkan pada bagian ujung sayapnya. Punya semua rasa, seharian lelah jalan-jalan keliling Ipoh enak banget pastinya menikmati sayap ayam panggang.

5. Tauge ayam

8 Kuliner Yummy ala Ria SW yang Wajib Dicoba di Ipoh, Malaysiavkeong.com

Hampir serupa dengan ayam hainan, tauge ayam adalah nasi putih yang dijodohkan dengan daging ayam yang telah dimasak dengan cara ditumis bersama tauge dengan saus kedelai dan bumbu. Gurih segar, tauge ayam nikmat jadi kuliner malam di Ipoh.

6. Sup daging

8 Kuliner Yummy ala Ria SW yang Wajib Dicoba di Ipoh, Malaysiainstazu.com

Menggunakan daging sapi sebagai bahan utama, sup daging ala Ipoh umumnya dinikmati tanpa menggunakan nasi. Berkuah kaldu, sup daging ipoh dipotong kecil-kecil dengan potongan daun bawang dan seledri. Biasanya sup daging enak disantap dengan dicampur sambal yang terbuat dari kecap asin dan potongan cabai rawit.

7. Ais cendol super

8 Kuliner Yummy ala Ria SW yang Wajib Dicoba di Ipoh, Malaysiamakan-food.blogspot.com

Es cendol ala Malaysia ini wajib banget dipilih sebagai hidangan penutupmu setelah menikmati lezatnya curry mee atau nasi ganja. Seporsi ais cendol super gak cuma menyegarkan, tapi juga nampol di perut dan bikin perut makin kenyang sempurna.

Ais cendol super ternikmat di Ipoh bisa kamu temukan di kedai Deen CT Corner Cendol. Cendol di sini terdapat campuran jagung manis, kacang merah, dan pulut (beras ketan).

8. Tau fu fah

8 Kuliner Yummy ala Ria SW yang Wajib Dicoba di Ipoh, Malaysiavkeong.com

Tau fu fah atau puding kacang kedelai, bisa jadi pilihan lain dessert yang wajib dinikmati di Ipoh selain es cendol. Apalagi jika kamu sedang tidak menikmati minuman dingin. Tidak sekadar dessert, mengonsumsi tau fu fah yang punya kuah terbuat dari jahe ini baik dikonsumsi untuk tubuh ketika sedang demam.

Sudah tahu kan, kuliner yummy apa saja yang wajib kamu nikmati ketika berlibur ke Ipoh? Jangan sampai terlewatkan salah satunya, ya!

Baca Juga: 5 Kuliner Ikonik Khas Slovakia, Kenikmatannya Melekat di Lidah

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You