Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Spanyol Ini Bak Duplikat Makanan Indonesia Lho!

Gak cuma empanada!

Bentuknya menyerupai kue pastel, panada adalah roti goreng asal Manado yang memiliki isi berupa ikan suwir. Ikan yang dipilih umumnya adalah jenis cakalang atau tongkol. Di Spanyol terdapat pula makanan duplikat dari panada, yaitu empanada.

Selain memiliki kemiripan bentuk, empanada juga memiliki isi berupa daging atau ikan cincang. Jangan hanya tahu empanada saja! Karena berikut ini ada lima kuliner khas Spanyol bak duplikat makanan Indonesia. Mau tahu? Yuk, intip penampakannya satu per satu!

1. Neula

5 Kuliner Khas Spanyol Ini Bak Duplikat Makanan Indonesia Lho!commons.wikimedia.org

Selain ginger bread, neula menjadi kudapan yang disajikan pula oleh masyarakat Spanyol bila Natal tiba. Neula biasa disajikan bersama secangkir teh, kopi atau cokelat hangat.

Neula masuk dalam kategori biskuit. Bentuk neula memiliki kemiripan dengan kue semprong khas Nusantara. Neula sendiri berbahan dasar dari tepung terigu, putih telur, perasan lemon dan mentega.

2. Panellets

5 Kuliner Khas Spanyol Ini Bak Duplikat Makanan Indonesia Lho!timeout.com

Camilan yang cukup populer di Barcelona, ini memiliki penampilan seperti teng teng beras atau dikenal juga kue jipang. Perbedaan kedua makanan tersebut, pastinya bahan baku pembuatan.

Yang mana, panellets berbahan dasar dari marzipan yang berkolaborasi dengan bermacam kacang-kacangan. Panellets mudah sekali dijumpai saat pesta All Saint's Day yang dinikmati bersama segelas anggur.

Baca Juga: 6 Kuliner Khas Sunda Mengandung Unsur Mi Ini Rasanya Ngeunah Pisan

3. Croquetas de bacalao

5 Kuliner Khas Spanyol Ini Bak Duplikat Makanan Indonesia Lho!youtube.com

Sama-sama berbahan kentang yang ditumbuk, croquetas de bacalao bak si lonjong kroket. Bedanya, croquetas de bacalao menambahkan ikan kod pada resep pembuatannya.

Variasi kroket yang ini banyak disukai oleh masyarakat Spanyol. Baik acara formal maupun tidak, croquetas de bacalao tak pernah absen menghibur lidah penikmatnya. Jika di Indonesia di kunyah bersama cabai rawit, di Spanyol dicolek ke saus.

4. Napolitanas de chocolate

5 Kuliner Khas Spanyol Ini Bak Duplikat Makanan Indonesia Lho!hogarmania.com

Pastry blasteran dari Prancis yang bernama napolitanas de chocolate memiliki kemiripan dengan oleh-oleh khas Malang yaitu strudel. Hanya saja, napolitanas de chocolate punya ciri khas isian cokelat seperti namanya.

Napolitanas de chocolate menjadi sajian musim dingin masyarakat Spanyol yang disantap bersama kopi hangat.

5. Pinchitos

5 Kuliner Khas Spanyol Ini Bak Duplikat Makanan Indonesia Lho!tasteatlas.com

Pinchitos merupakan kuliner warisan dari bangsa Moor yang populer di Andalusia. Makanan yang sering dihidangkan bila musim panas tiba, ini bak satai khas Nusantara yang menggiurkan lidah.

Ayam dan domba, dua jenis daging yang umumnya dipilih untuk membuat pinchitos. Satai khas Spanyol ini menggunakan racikan bumbu rempah-rempah khas Timur Tengah yang disebut ras el hanout. 

Lima kuliner khas Spanyol yang disebutkan di atas benar-benar bak duplikat makanan Indonesia, kan? Meski kamu tahu, Spanyol juga termasuk negara di Eropa yang pernah menjajah Indonesia. Bisa jadi makanan Indonesia yang memiliki kemiripan lima kuliner tadi merupakan hasil alkuturasi dari Spanyol.

Baca Juga: 7 Kuliner Istimewa Kepulauan Riau yang Jarang Ada di Daerah Lain

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya