Comscore Tracker

5 Dumpling Tiongkok yang Bikin Kebersamaan Bareng Keluarga Kian Hangat

Dijamin seluruh anggota keluarga suka!

Kumpul keluarga terasa ada yang kurang jika tidak menyajikan hidangan lezat yang dapat dinikmati bersama-sama, sembari membicarakan berbagai hal menarik yang dilalui selama melakukan berbagai aktivitas.

Karena itu, penulis merekomendasikan lima dumpling khas Tiongkok yang bisa dihidangkan sebagai camilan untuk disantap bersama keluarga. Praktis dan mudah dibuat, lho!

1. Har gow atau hakau 

5 Dumpling Tiongkok yang Bikin Kebersamaan Bareng Keluarga Kian Hangatthemanual.com

Har gow atau dikenal pula dengan sebutan hakau ialah dumpling yang identik mempunyai isi udang cincang atau utuh. Dari segi bentuk maupun tekstur, har gow mudah sekali dibedakan.

Kulit har gow yang terbuat dari tepung tapikao, tepung terigu dan lemak babi (atau bisa diganti minyak) menghasilkan terkstur yang cukup kenyal dan penampilan kulit yang sedikit transparan atau bening.

2. Xialongbao 

5 Dumpling Tiongkok yang Bikin Kebersamaan Bareng Keluarga Kian Hangatsidechef.com

Dumpling jenis ini terbilang unik! Di mana, dumpling ini mempunyai isi berupa sup dengan daging atau udang cincang. Santapan pertama masuk ke mulut, kuahnya ikut membasahi semua ruang di mulut.

Segi ukuran, xialongbao lebih lebar ketimbang dumpling lainnya. Xialongbao juga dilengkapi dengan saus dipping terbuat dari jahe, cabai, cuka hitam, kecap dan minyak wijen.

Baca Juga: 7 Kreasi Mandoo, Dumpling Khas Korea yang Lezatnya Istimewa

3. Shuijiao 

5 Dumpling Tiongkok yang Bikin Kebersamaan Bareng Keluarga Kian Hangatexpatedna.com

Bila Tahun Baru Imlek tiba, shuijiao menjadi dumpling primadona masyarakat Tiongkok. Apa keunikannya? Shuijiao bisa diisi dengan isi apa pun seperti kubis ungu, udang, daging cincang, bihun dan lainnya.

Beberapa restoran yang menjajakan shuijiao pada perayaan Imlek, pasti akan menambahkan sebuah koin ke dalamnya supaya customer yang beruntung mendapatkannya senang.

4. Wonton

5 Dumpling Tiongkok yang Bikin Kebersamaan Bareng Keluarga Kian Hangatsteamykitchen.com

Selain dim sum dan shu mai, wonton termasuk jenis dumpling Tiongkok yang namanya populer di banyak negara termasuk Indonesia. Daging cincang, udang atau sayuran, isian yang dimiliki wonton.

Bila kulit dumpling jenis lain umumnya terbuat dari tepung terigu, beda hal dengan wanton yang mengandalkan gandum. Wonton juga dapat disajikan dalam bentuk goreng.

5. Guotie

5 Dumpling Tiongkok yang Bikin Kebersamaan Bareng Keluarga Kian Hangattasteatlas.com

Amerika bagian utara menyebut guotie dengan sebutan postickers karena ciri khasnya yaitu berbentuk panjang dan lurus. Bagi penikmat daging babi, guotie menjadi pilihan dumpling yang tepat.

Daging babi cincang yang dimasak dengan arak beras serta isian lainnya seperti kol Tiongkok dan daun bawang adalah ciri khas isi dari guotie yang tidak dapat diganggu gugat.

Itu tadi lima rekomendasi dumpling khas Tiongkok yang dapat disajikan saat kumpul keluarga. Nikmatilah dumpling bersama seluruh anggota keluarga dalam keadaan masih hangat. Jangan lupakan pula keberadaan saus yang sejodoh dengan dumpling, ya!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Kulit Pangsit yang Segar, Pahami biar Gak Salah Beli

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya