Comscore Tracker

5 Olahan Tinta Cumi Ini Wajib Kamu Coba, Gurihnya Bikin Nagih!

Warna boleh hitam tapi urusan rasa juara!

Tinta cumi adalah bagian dari sistem perlindungan diri cumi yang bernama latin Decapodiformes. Tinta ini bewarna hitam dan dikeluarkan ketika cumi merasa terancam dengan lingkungan disekitarnya. Para predator maupun musuh bisa terkecoh pandangannya sehingga cumi dengan mudah pergi untuk menyelamatkan diri. 

Tapi walaupun dianggap sebagai senjata berbahaya bagi para musuhnya, tinta cumi memiliki rasa yang gurih dan lezat lho ketika dikonsumsi. Maka dari itu muncul banyak inovasi makanan dengan cairan hitam ini. Kamu bisa mencoba mempraktekannya dalam beberapa sajian enak seperti berikut ini. 

1. Cumi Hitam Kuah Pedas

5 Olahan Tinta Cumi Ini Wajib Kamu Coba, Gurihnya Bikin Nagih!wildgreensandsardines.com

Tinta cumi memiliki warna yang pekat dan rasa gurih sehingga paling pas bila dimasak menjadi olahan berkuah. Cumi dengan kuah pedas ini adalah pilihan yang tepat guys. Cumi kuah pedas terbuat dari tinta cumi, cabai, bawang merah, bawang putih, laos, daun jeruk, daun salam dan air asam jawa. Tak lupa juga mencampurkan potongan cumi segar, daun seledri untuk pelengkap. 

2. Dumpling Tinta Cumi

5 Olahan Tinta Cumi Ini Wajib Kamu Coba, Gurihnya Bikin Nagih!pickydiners.com

Kulit dumpling yang diberi tambahan tinta cumi akan terasa lebih gurih dan nikmat. Apalagi jika kamu mengisi dumpling dengan campuran aneka seafood seperti stik kepiting, tobiko, udang dan cumi. Semua isian dan kulit dumpling berpadu jadi satu dan bikin susah move on dari meja makan!

3. Nasi Goreng Tinta Cumi dengan Seafood

5 Olahan Tinta Cumi Ini Wajib Kamu Coba, Gurihnya Bikin Nagih!yelp.com

Mau sajian yang lebih praktis? Cicipi nih nasi goreng cumi seafood dengan telur setengah matang di atasnya. Tanpa lauk tambahan sajian ini sudah enak dan bikin lidah bergoyang deh. Cumi dan seafood lain sebaiknya diiris tipis agar bisa menyatu dengan bumbu nasi goreng tinta cumi yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai yang dihaluskan. 

Baca Juga: 6 Jenis Potongan pada Cumi-cumi, Mana yang Paling Sering Kamu Pakai?

4. Linguine Tinta Cumi

5 Olahan Tinta Cumi Ini Wajib Kamu Coba, Gurihnya Bikin Nagih!cooking-classes-uzes.com

Nah, kalau punya waktu luang kamu bisa mengolah tinta cumi jadi lebih spesial. Tinta cumi bisa dimasak menjadi campuran pasta dan memberi warna yang cantik. Pasta linguine merupakan contoh termudah. Namun membeli pasta linguine yang sudah jadi dan dimasak bersama tinta cumi juga bisa memudahkan proses memasak. 

5. Creamy Risotto Squid Ink

5 Olahan Tinta Cumi Ini Wajib Kamu Coba, Gurihnya Bikin Nagih!carolinescooking.com

Meskipun terlihat sama dengan nasi biasa risotto sebenarnya punya banyak perbedaan lho. Risotto dimasak dengan bumbu yang lebih banyak dan diolah dengan krim agar teksturnya lembut. Beras khusus risotto dimasak secara langsung dipanci dengan bumbu dan tinta cumi. Buat kamu pecinta makanan lembek dan kaya rasa, risotto adalah surga dunia!

Daripada dibuang lebih baik tinta cumi diolah jadi makanan lezat seperti di atas. Rasa gurih yang khas dijamin bikin kamu gak menyesal dan ketagihan makan!

Baca Juga: 7 Tips Membersihkan Cumi-cumi Siap Diolah, Bebas Alot!

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You