Comscore Tracker

Surga Dunia, 5 Hidangan Manis nan Klasik dari Italia Ini Layak Dicoba

Punya cita rasa otentik dengan ciri khasnya masing-masing

Italia menyimpan berbagai tempat menawan yang juga merupakan tempat asal dari bermacam jenis pasta. Namun letaknya yang tidak jauh dari Perancis membuat Italia memiliki berbagai hidangan manis yang gak kalah menggiurkan. Tak hanya tiramisu yang mendunia, tetapi lima hidangan manis nan klasik dari Italia ini pun layak dicoba!

1. Seada (Sardinia)

Surga Dunia, 5 Hidangan Manis nan Klasik dari Italia Ini Layak Dicobacraftlog.com

Kudapan pertama bernama seada, camilan ini tidak seperti hidangan manis yang bikin enek. Seada justru pada awalnya dikenal sebagai makanan gurih namun perlahan muncul inovasi yang membuatnya jadi kudapan manis. Kue ini terbuat dari puff pastry yang dibentuk seperti adonan pastel lalu diberi isian keju pecorino.

Setelah itu digoreng dan diberi madu atau gula di bagian atasnya. Lelehan keju yang gurih dan kulit puff pastry yang renyah membuat siapa pun jatuh cinta pada kelezatan seada. Kamu bisa menemui seada dengan rasa otentik di wilayah Sardinia, Italia. 

2. Pasticciotto leccese (Puglia)

Surga Dunia, 5 Hidangan Manis nan Klasik dari Italia Ini Layak Dicobacoralloblusalento.it

Perpaduan kulit pie yang langsung lumer di mulut ketika digigit menyatu sempurna dengan krim kustard telur yang menjadi bagian utama dari kue pasticciotto leccese. Seperti namanya kue ini berasal dari sebuah kota bernama Lecce.

Berkat perkembangan zaman pasticciotto leccese bisa ditemukan di seluruh kawasan regional Puglia. Proses pemanggangan yang masih tradisional memberi cita rasa tersendiri, yang membuat kue tersebut semakin memikat lidah. 

Baca Juga: 7 Makanan Manis Khas Sumatera Barat, Cocok Buat Ngemil Sore

3. Bônet (Piemonte )

Surga Dunia, 5 Hidangan Manis nan Klasik dari Italia Ini Layak Dicobatradolceedamaro.blogspot.com

Jika biasanya kita menemukan puding custard berwarna putih kekuningan, Italia memiliki jenis puding kustradnya sendiri. Bônet merupakan sajian khas Piemonte yang juga bisa disebut puding kustrad cokelat-nya Italia.

Puding ini terbuat dari telur, gula, susu dan campuran rum serta kacang hazelnut. Dengan cetakan kotak panjang yang menjadi ciri khasnya, Bônet paling enak disajikan dalam keadaan dingin.

4. Sfogliatelle (Napoli)

Surga Dunia, 5 Hidangan Manis nan Klasik dari Italia Ini Layak Dicobailmondodisuk.com

Bukan hanya pizza yang populer dan tercipta di Napoli, tetapi Sfogliatelle  pun layak berada di jejeran makanan khas yang patut dicicipi. Dessert cantik ini dibentuk menyerupai cangkang kerang yang diberi isian keju dan campuran telur di dalamnya.

Jenis keju yang digunakan ialah ricotta, sehingga menciptakan rasa yang lembut dan lumer di mulut. Kamu bisa menjelajahi wilayah Napoli jika tertarik mencicipi hidangan manis yang satu ini.

5. Babà (Napoli)

Surga Dunia, 5 Hidangan Manis nan Klasik dari Italia Ini Layak Dicobanapolike.it

Masih dari wilayah Napoli kini saatnya mencoba dessert lain yang tak kalah enaknya, yang bernama Babà. Meskipun berasal dari Polandia namun Babà dianggap menjadi salah satu simbol kuliner dari Napoli. Yang paling menarik dari hidangan ini adalah salah satu bentuknya yang menyerupai jamur.

Dengan adonan yang direndam dalam rum, Babà  menciptakan rasa yang kuat serta tekstur yang sangat lembut. Budaya masyrakat sekitar Napoli mengatakan bahwa bila seseorang memberi sapaan Babà, maka itu menunjukan sebuah pujian yang berarti berjiwa baik hati dan manis.

Itu tadi lima jenis hidangan manis nan klasik yang layak dicoba saat berkunjung ke Italia. Selain pizza, pasta dan jenis makanan berat lainnya, jangan lupa untuk mencicipi hidangan manis di atas sebagai penutup guys!

Baca Juga: 5 Fakta Unik Seputar Polenta, Olahan Lembut Pengganti Nasi Khas Italia

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You