Comscore Tracker

Ngeri, Ternyata Ini Lho 6 Bahaya di Balik Makanan Manis!

Seriusan tuh nomor 4?

Kamu suka makanan manis? Seperti, cokelat, es krim, dan permen? Rasanya yang lezat dan cocok dimakan kapan saja pasti bikin kamu ketagihan. Sayangnya, makanan manis tidak baik untuk kesehatan, lho.

Selain dapat membuat gigi berlubang, masih ada lagi penyakit yang dapat ditimbulkan dari bahaya makanan manis. Penasaran? Berikut 6 masalah kesehatan akibat konsumsi makanan manis.

1. Menyebabkan keputihan

Ngeri, Ternyata Ini Lho 6 Bahaya di Balik Makanan Manis!geniuskitchen.com

Tidak semua wanita mengalami keputihan. Tapi, jika kamu salah satu yang pernah mengalami keputihan, kamu harus rela mengurangi porsi makanan manis. Selain kecapekan dan haid, makanan manis juga dapat menyebabkan keputihan. Sebab, rasa manis dapat membuat keasaman vagina turun dan memicu pertumbuhan jamur yang banyak.

2. Menyebabkan kegemukan

Ngeri, Ternyata Ini Lho 6 Bahaya di Balik Makanan Manis!foodfolksandfun.net

Pasti kamu tahu dong jika makanan manis mengandung kalori. Padahal, makanan manis dapat menyebabkan kalori melebihi batas wajar. Alhasil, berat badan bisa terus merangkak naik. Kebayang dong, berapa banyak kalori yang tertimbun di tubuh kamu jika terlalu banyak konsumsi makanan manis.

3. Menyebabkan kerusakan gigi

Ngeri, Ternyata Ini Lho 6 Bahaya di Balik Makanan Manis!minimalistbaker.com

Sudah bukan rahasia umum lagi jika makanan manis adalah salah satu penyebab kerusakan gigi. Makanan manis yang menempel pada gigi sangat disukai kuman di mulut. Hal itu dapat membuat gigi berlubang dan berubah warna.

Baca juga: 13 Nama Lain Pemanis Buatan, Kenali Baik dan Buruknya

4. Menimbulkan jerawat

Ngeri, Ternyata Ini Lho 6 Bahaya di Balik Makanan Manis!recipetineats.com

Tidak hanya makanan berlemak saja yang dapat menimbulkan tumbuhnya jerawat. Makanan manis yang menjadi favorit banyak orang ini juga dapat menimbulkan jerawat, lho.

Faktanya bahaya makanan manis itu, gula yang ada pada makanan manis membuat hormon tubuh naik. Makanan manis juga dapat meningkatkan gula darah yang memicu pertumbuhan jerawat.

5. Meningkatkan risiko jantung

Ngeri, Ternyata Ini Lho 6 Bahaya di Balik Makanan Manis!foodandwine.com

Bukan cuma makanan mengandung garam saja yang bisa memicu penyakit jantung, nyatanya makanan manis juga bisa. Di dalam gula, terdapat glukosa 6 fosfat yang menjadi penyebab perubahan otot jantung. Perubahan otot jantung ini seringkali membuat gagal jantung. Duh, hati-hati ya.

6. Membuat ketagihan

Ngeri, Ternyata Ini Lho 6 Bahaya di Balik Makanan Manis!foodandwine.com

Sadar gak sadar, pasti kamu sering tidak berhenti ketika sedang menyantap makanan manis. Kalau kamu sadar, makanan manis dapat membuat ketagihan. Hal ini disebabkan gula mengandung leptin. Efek dari leptin, tubuh tidak akan merasa cukup. 

Wah, ternyata banyak bahaya yang mengintai makanan manis ya. Kalau kamu sangat menyukainya, coba mulai kurangi konsumsinya ya.

Baca juga: 6 Trik Sukses Diet Gula, Hidup Tetap Manis dan Lebih Sehat

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya