Comscore Tracker

5 Fakta Mooncake, Kue Musim Gugur Khas China yang Sarat Makna

Ada yang gurih dan manis, lho!

Mooncake atau kue bulan merupakan camilan manis khas China yang hadir saat perayaan musim gugur berlangsung. Dibuat dengan cetakan khusus, mooncake memiliki motif cantik tulisan mandarin yang sarat akan makna. Selain itu, bentuk dan isian dari kue cantik ini memiliki banyak arti dan cerita dibaliknya.

Penasaran seperti apa kue cantik yang hanya ada saat perayaan musim gugur ini? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

1. Cerita di balik pembuatan mooncake

5 Fakta Mooncake, Kue Musim Gugur Khas China yang Sarat MaknaMooncake (instagram.com/_foodies101_)

Di Tiongkok, dulunya mooncake menjadi kue persembahan dari masyarakat kepada dewi bulan. Lambat laun, membuat mooncake saat musim gugur tiba menjadi sebuah tradisi yang hingga kini masih dipertahankan.

Selain sebagai kue persembahan, mooncake dibuat oleh masyarakat Tiongkok karena rasa syukur atas hasil panennya yang melimpah ruah. Hingga kini mooncake tak pernah absen menghiasi meja masyarakat Tiongkok saat musim gugur tiba.

2. Mooncake memiliki bentuk asli yang bulat

5 Fakta Mooncake, Kue Musim Gugur Khas China yang Sarat MaknaMooncake (instagram.com/la_petitefoodie)

Mooncake atau kue bulan sudah ada sejak lama. Bentuk asli kue ini bulat utuh, dengan cetakan motif huruf mandarin diatasnya. Seiring berjalannya waktu, ada pula yang berbentuk kotak.

Meski begitu, kebanyakan mooncake berbentuk bulat karena mengikuti bentuk bulan purnama yang bulat sempurna. Selain huruf mandarin, motif lain yang menghiasi mooncake saat perayaan musim gugur adalah bunga, kelinci, dan daun.

3. Rasa mooncake yang semakin beragam

5 Fakta Mooncake, Kue Musim Gugur Khas China yang Sarat MaknaMooncake (instagram.com/annie_eatsfood)

Pada masa awal pembuatan, mooncake hanya memiliki dua rasa, yaitu rasa kacang merah dan lotus atau teratai. Uniknya, setiap isian mooncake memiliki bulatan kuning telur yang hingga kini menjadi ciri khasnya.

Seiring berjalannya waktu dan kepopuleran yang semakin meningkat, isian mooncake pun kian beragam. Dari yang gurih dengan isian daging hingga manis dan segar seperti selai buah semuanya adaWah, jadi makin tertarik mencoba, ya.

Baca Juga: Camilan Lezat Khas Korea, 9 Tips Membuat Eomuk dari Ayam dan Tahu

4. Mooncake memiliki banyak jenis

5 Fakta Mooncake, Kue Musim Gugur Khas China yang Sarat Maknasnow skin mooncake (instagram.com/secret.jems)

Mooncake sendiri memiliki banyak jenis. Hal ini dikarenakan setiap daerah di China memiliki ciri khas tersendiri dalam membuat kue cantik ini. Salah satu yang populer saat ini adalah snowskin mooncake.

Merupakan kue bulan khas Hongkong yang proses membuatnya tanpa dipanggang. Warnanya juga lebih beragam. Uniknya, kue bulan ini biasa disantap dalam keadaan dingin, lho!

5. Mooncake dicetak dengan alat khusus

5 Fakta Mooncake, Kue Musim Gugur Khas China yang Sarat MaknaMooncake (instagram.com/theoolongdrunk)

Sebenarnya, membuat mooncake tidak terlalu sulit. Yang terpenting adalah telaten dan ketelitian. Bahannya pun cukup mudah didapat. Begitu pula dengan isian. Tinggal disesuaikan dengan selera kita. Kalau motif mooncake, dapat dibuat dengan alat cetakan khusus yang bisa dibeli secara online maupun offline.

Punya visual cantik dan rasa yang enak, membuat kue bulan atau mooncake ini digemari hampir semua orang di dunia. Kalau kamu, sudah pernah mencoba kue musim gugur satu ini belum?

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya