Comscore Tracker

7 Makanan & Camilan Khas Tiongkok yang Wajib Dinikmati Saat Imlek

Yuk siapin dari sekarang!

Tepat pada 25 Januari mendatang, masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru China alias Imlek. Imlek kali ini merupakan tahun Tikus dengan unsur logam. Meski demikian, apapun shionya, Imlek selalu dirayakan dengan semarak dan hangat.

Sebagian besar warga Tionghoa akan merayakannya dengan berkumpul keluarga, makanan pun berlimpah ruah. Beberapa makanan dan cemilan khas Tiongkok ini bisa dijadikan sebagai santapan untuk hari Imlek mendatang.

1. Jiaozi

7 Makanan & Camilan Khas Tiongkok yang Wajib Dinikmati Saat ImlekInstagram/hannah_chia

Makanan berbentuk bulan sabit ini dijual di mana-mana di seluruh negeri. Anda bisa menemukannya di stasiun kereta api atau warung-warung di pinggir jalan di alun-alun publik yang ramai. Makanan ini dimakan menggunakan sumpit, dan dicelupkan ke saus kedelai atau cabe. Saat berada di mulut dan digigit, adonan tipis ini akan terasa dagingnya yang lebut dengan campuran sayuran yang lezat. (Biasanya daging dalam makanan ini adalah daging babi dan sayurannya adalah kubis).

2. Xian Bing

7 Makanan & Camilan Khas Tiongkok yang Wajib Dinikmati Saat ImlekInstagram/elchinodimsum

Makanan ini termasuk ke dalam jenis makanan ringan, teksturnya yang kering namun tetap lezat. makanan ringan Cina-Islam ini berasal dari Kota Eponymous di Cina Tengah.

Makan ini berbahan daging yang dipipihkan di antara dua adonan tipis, disertai dengan beberapa kubis dan bintik-bintik jahe segar, bawang potong dan percikan shaoxing beras anggur dan minyak cabai.

3. Xian Bing

7 Makanan & Camilan Khas Tiongkok yang Wajib Dinikmati Saat ImlekInstagram/cinnamorollie

Cemilan satu ini sudah ada sejak 2000 tahun lalu, dan masih populer hingga kini di Ibukota. Makanan ini juga selalu di tunggu oleh warga setempat, atau mungkin para pecinta kuliner Cina.

Baca Juga: Resep Babi Panggang Kentang untuk Menu Spesial Imlek, Dijamin Endeus!

4. Baozi

7 Makanan & Camilan Khas Tiongkok yang Wajib Dinikmati Saat ImlekInstagram/kmlpeterson

Jika Anda melihat penduduk setempat dan wisatawan mengerumuni sebuah uap di pagi hari, berarti Anda telah menemukan kios bakpao.

Bakpao menjadi sarapan pilihan yang populer di Cina. Di sana, bakpao disajikan di keranjang kapal bambu, tetapi Anda hanya perlu satu atau dua untuk menjaga rasa lapar Anda.

Dibuat menggunakan adonan tebal, ia memiliki konsistensi lembut namun lebih berat dari jiaozi.

5. Tanghulu

7 Makanan & Camilan Khas Tiongkok yang Wajib Dinikmati Saat ImlekInstagram/dr.rp007

Jika Anda membutuhkan sesuatu yang manis setelah makan malam, pergilah ke luar dan beli tanghulu. Tanghulu adalah buah yang ditusuk (ada anggur, stroberi, dan buah hawthorns) yang disiram sirup manis yang mengkristal dan mengeras.

Manisan ini pertama kali diciptakan lebih dari 800 tahun lalu, tetapi masih dipercaya untuk membantu masalah pencernaan.

6. Cifantuan

7 Makanan & Camilan Khas Tiongkok yang Wajib Dinikmati Saat ImlekInstagram/chaelongi

Makanan ini biasanya disajikan dengan susu kedelai. Cifantuan dimakan saat sarapan dan populer di Shanghai, Hong Kong, dan Taiwan. Cifantuan terdapat dua rasa, yaitu manis dan gurih.

7. Chao Fan

7 Makanan & Camilan Khas Tiongkok yang Wajib Dinikmati Saat ImlekInstagram/drbonnebouffe

Dari timur ke barat, chao fan adalah salah satu hidangan Cina yang paling terkenal. Makanan ini sejenis nasi goreng. Karena populer di seluruh negeri. Jadi Anda tidak perlu mencarinya susah-susah, di setiap sudut kota pasti ada.

Nah, itulah 7 makanan dan cemilan yang bisa jadi santapan saat perayaan Imlek. Semoga di Imlek kali ini kamu bisa mewujudkan segala harapan dan impianmu ya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Depot Chinese Food di Surabaya untuk Kulineran Imlek

Simon Sarumaha Photo Writer Simon Sarumaha

Young GenZ Millenial Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya