Comscore Tracker

10 Menu Kopi Terpopuler di Kafe, Pahami Ya biar Gak Salah Pesan!

Biar gak mematung di depan kasir, karena bingung pilih kopi

Beberapa tahun belakangan ini, banyak sekali kedai kopi yang bermunculan di berbagai daerah dengan keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Jika dahulu kopi identik dengan minuman yang wajib dikonsumsi para orangtua, kini kopi telah menjadi sebuah gaya hidup yang digandrungi anak muda.

Fenomena tersebut tentu menjadi peluang bagi para pemilik bisnis kopi untuk berusaha menciptakan berbagai menu kopi yang bervariatif. Nah, berikut ini terdapat sepuluh menu kopi terpopuler di kafe yang harus kamu pahami, supaya gak salah pesan. Simak, ya!

1. Espresso

10 Menu Kopi Terpopuler di Kafe, Pahami Ya biar Gak Salah Pesan!ilustrasi espresso (pexels.com/Mateusz Dach)

Espresso merupakan salah satu jenis minuman kopi murni, karena proses pembuatannya tidak menggunakan campuran bahan apa pun, termasuk gula dan susu. Rasa dan aroma kopi ini sangat kuat.

Dilihat dari teksturnya, kopi espresso berwarna hitam pekat dan terdapat buih putih di bagian atasnya yang terbentuk dari minyak dalam biji kopi. Kalorinya paling rendah, biasanya espresso disajikan dalam cangkir khusus berukuran 30 mililiter.

2. Cappucino

10 Menu Kopi Terpopuler di Kafe, Pahami Ya biar Gak Salah Pesan!ilustrasi cappucinno (pexels.com/Alin Luna)

Sebenarnya cappucino merupakan minuman tradisional khas Italia. Terbuat dari dua komposisi bahan utama berupa textured milk dan espresso dengan rasio 1:1.

Kopi jenis ini disajikan dalam cangkir berkapasitas 88 mililiter hingga 177 mililiter. Lalu, diberi foam susu dan bubuk cokelat pada lapisan atasnya. 

3. Latte

10 Menu Kopi Terpopuler di Kafe, Pahami Ya biar Gak Salah Pesan!ilustrasi latte (pexels.com/Alex Tim)

Banyak orang yang masih tidak bisa membedakan jenis minuman kopi latte dan cappucino. Padahal dari rasio komposisi racikannya saja sudah berbeda, meski dari segi tampilan nyaris sama.

Latte dibuat dari espresso dan susu dengan perbandingan 2:1. Rasa minuman kopi jenis latte juga enak dan lebih ringan. Minuman kopi jenis latte disajikan dalam cangkir dengan motif cantik di atasnya yang kita kenal dengan sebutan latte art.

4. Macchiato

10 Menu Kopi Terpopuler di Kafe, Pahami Ya biar Gak Salah Pesan!ilustrasi macchiato (pexels.com/Decha Huayyai)

Minuman kopi jenis macchiato terbagi menjadi dua, yakni long macchiato dan short macchiato. Long macchiato menggunakan komposisi double espresso, sedangkan short macchiato hanya menggunakan single shot macchiato.

Supaya rasa macchiato nikmat dan pas, dibutuhkan bahan berupa kopi dan susu dengan perbandingan 4:1.

5. Americano

10 Menu Kopi Terpopuler di Kafe, Pahami Ya biar Gak Salah Pesan!ilustrasi americano (pexels.com/Karolina Grabowska)

Satu lagi jenis minuman kopi yang mirip dengan espresso, americano namanya. Minuman ini dikenal juga dengan nama long black.

Americano didapatkan dengan mengencerkan espresso menggunakan perbandingan dua bagian espresso dan tiga bagian air.

Tetap nikmat disajikan dalam keadaan panas atau dingin, penyajian americano terdiri dari satu shot espresso yang dituangkan ke dalam cangkir berukuran 178 mililiter. Kemudian, dicampur air panas atau air dingin sampai memenuhi gelas.

6. Mocha

10 Menu Kopi Terpopuler di Kafe, Pahami Ya biar Gak Salah Pesan!ilustrasi mocha (pexels.com/Victor Freitas)

Mocha merupakan salah satu jenis minuman kopi yang berasal dari salah satu daerah di Yaman bernama Moka. Minuman kopi ini dikenal juga dengan mochachino.

Mocha dibuat dari perpaduan antara cokelat, espresso, dan susu dengan perbandingan ⅕ susu, ⅖ cokelat, dan ⅖ espresso.

Baca Juga: [QUIZ] Tebak Gambar Cokelat Hangat di Antara Kopi Berikut!

7. Frappe

10 Menu Kopi Terpopuler di Kafe, Pahami Ya biar Gak Salah Pesan!ilustrasi frappe (pexels.com/freestocks.org)

Diambil dari bahasa Yunani, frappe berarti es kopi. Menu ini merupakan jenis minuman es kopi yang berlapis busa. Terbuat dari campuran kopi instant, air, gula, dan es batu yang dikocok atau di-blend hingga membentuk busa.

8. Cold brew

10 Menu Kopi Terpopuler di Kafe, Pahami Ya biar Gak Salah Pesan!ilustrasi cold brew (instagram.com/caffeinatedliv)

Dari namanya saja, kamu pasti sudah bisa menebak bahwa minuman kopi jenis ini tidak diseduh menggunakan air panas, tetapi air dingin. Kemudian, didiamkan dalam suhu ruang selama beberapa jam.

Aroma dan rasa yang dihasilkan sangat khas, yakni tak terlalu pahit dan tak terlalu asam.

9. Affogato

10 Menu Kopi Terpopuler di Kafe, Pahami Ya biar Gak Salah Pesan!ilustrasi affogato (instagram.com/instayummraj)

Affogato merupakan salah satu jenis minuman kopi yang terbuat dari campuran espresso yang beraroma kuat dan rasa pahit bersama es krim vanila. Perbandingannya yaitu ⅖ esspresso dan ⅗ es krim vanila.

Jika kamu ingin mencicipi minuman kopi dengan sensasi rasa yang tak biasa, maka sangat direkomendasikan untuk memesan affogato.

10. Red eye

10 Menu Kopi Terpopuler di Kafe, Pahami Ya biar Gak Salah Pesan!ilustrasi red eye (instagram.com/docmarcusm)

Namanya terdengar menyeramkan, tapi siapa yang menyangka jika minuman kopi jenis ini menjadi salah satu yang paling banyak dipesan di kafe, karena cita rasanya yang nikmat. Mungkin kamu lebih mengenal red eye dengan sebutan coffee with espresso.

Komposisi red eye berasal dari campuran kopi hitam dan espresso. Di beberapa negara, red eye memiliki nama lain black eye dan a shot in the dark eye opener.

Itu dia beberapa menu minuman kopi yang paling populer dan banyak dipesan di kafe. Kopi mana yang menjadi favoritmu, nih?

Baca Juga: 8 Macam Minuman Kopi Khas Indonesia, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya