Comscore Tracker

5 Bakmi Jawa di Yogyakarta, Cocok untuk Menu Makan Malam

Makan malam makan bakmi? Sikat, yuk!

Bakmi Jawa merupakan salah satu olahan mi yang terkenal di Yogyakarta. Bakmi Jawa merupakan salah satu makanan khas warga Piyaman Gunungkidul, Yogyakarta.

Menu yang sering disajikan depot atau resto bakmi Jawa adalah bakmi Jawa goreng, bakmi Jawa rebus, dan juga magelangan. Biasanya menu ini didampingi oleh sajian minuman yang menggunakan gula batu, agar menambah kenikmatan saat menyantapnya. 

Jika kalian sedang berlibur ke Yogyakarta, jangan lupa sempatkan mampir untuk mencoba makanan ini. Berikut merupakan rekomendasi tempat makan bakmi Jawa terenak di Yogyakarta.

1. Bakmi Jawa Mbah Gito

5 Bakmi Jawa di Yogyakarta, Cocok untuk Menu Makan MalamBakmi Jawa Mbah Gito (twitter.com/BSt)

Bakmi Jawa Mbah Gito terkenal dengan nuansa tempat yang masih tradisional. Tempat makan ini sudah terkenal di kawasan wisatawan lokal maupun non lokal.

Menu yang disajikan tempat ini ialah bakmi Jawa goreng, bakmi Jawa godog, magelangan, dan capcay Kawa. Untuk harganya mulai dari Rp20 ribuan.

Bakmi Jawa Mbah Gito berlokasi di Jalan Nyi Ageng Nis Nomor 9, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta. Jam bukanya setiap hari pukul 11.00-21.00 WIB

2. Bakmi Jawa Mas Timbul

5 Bakmi Jawa di Yogyakarta, Cocok untuk Menu Makan MalamBakmi Jawa Mas Timbul (twitter.com/Ramadhani Yudhanto)

Bakmi Jawa Mas Timbul hampir sama dengan warung bakmi Jawa lainnya yang menyediakan bakmi dengan kuah gurih. Keunikan dari warung ini adalah topping yang digunakan berbagai macam. Mulai dari kepala ayam, sayap ayam, hingga telur.

Harga bakmi Jawa Mas Timbul sekitar Rp19 ribuan. Sementara, topping pelengkapnya diberi harga mulai dari Rp5 ribuan.

Lokasi bakmi Jawa Mas Timbul berada di Jalan Jambon Nomor 63 Kragilan Kricak, Sinduadi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Warung bakmi ini mulai buka jam 5 sore waktu setempat.

3. Bakmi Jawa Pak Pele

5 Bakmi Jawa di Yogyakarta, Cocok untuk Menu Makan MalamBakmi Jawa Pak Pele (twitter.com/risstania)

Buat kalian yang suka jalan-jalan di sekitar alun-alun utara Yogyakarta, mari mampir ke warung Bakmi Jawa Pak Pele. Tempatnya berada di sekitar Jalan Pojok Tenggara.

Warung bakmi ini menyajikan tiga pilihan menu bakmi yaitu bakmi goreng, godog, dan nyemek. Lalu untuk jenis mi kamu bisa pilih antara bihun atau mi kuning. 

Warung Bakmi Pak Pele, buka mulai dari pukul 17.30 sampai malam hari. Lalu untuk harganya mulai dari Rp19 ribuan per porsi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Resto Pedesaan di Jogja Selatan, Teduh dan Nyaman! 

4. Bakmi Jawa Pak Gundul

5 Bakmi Jawa di Yogyakarta, Cocok untuk Menu Makan MalamBakmi Jawa Pak Gundul (twitter.com/aanpoad)

Bakmi Jawa Pak Gundul menyajikan menu kaki lima khas Yogyakarta yang lumayan komplit. Selain bakmi Jawa, di sini juga ada menu sego godog (nasi rebus).

Kalau kalian ke sini, wajib mencoba menu mi goreng Jawa dan bakmi Jawa nyemek. Sebab, kedua mi tersebut merupakan menu favorit para pembeli.

Untuk harga satu porsinya mulai dari Rp 17 ribu. Bakmi Jawa Pak Gundul berada di Jalan Sorogenen Nomor 2A, Sorosutan, Kota Yogyakarta. Jam bukanya mulai dari sore hari, pukul 17.00-24.00 WIB. 

5. Bakmi Jawa Pak Kadin

5 Bakmi Jawa di Yogyakarta, Cocok untuk Menu Makan MalamBakmi Jawa Pak Kadin (twitter.com/risstania)

Bakmi Jawa Pak Kadin memiliki keunikan tersendiri, yaitu dari cara memasaknya. Di sini bakmi dimasak satu persatu atau untuk per porsi. Jadi jika kalian mampir ke warung ini, harus siap-siap mengantri, ya.

Namun kamu tidak perlu khawatir meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, cita rasa yang disajikan benar-benar bisa membayar waktu kalian.

Bakmi Jawa Pak Kadin terletak di Jalan Bintaran Kidul nomor 6, Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Jam operasionalnya setiap hari pukul 10.30-23.30 WIB. Lalu untuk harga per porsinya mulai dari Rp17 ribu.

Jika sedang di Yogyakarta, gak afdal rasanya kalau belum mencicipi bakmi Jawa, nih. Jangan lupa untuk mampir dan mencicipinya untuk sekali seumur hidup. Siapa tahu, jika kamu berkunjung kembali ke Yogyakarta, bisa kulineran bakmi Jawa lagi, nih!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Berat di Jogja Ala Kunto Aji, Mau Coba?

Siti Fitria Ratnasari Photo Writer Siti Fitria Ratnasari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya