Comscore Tracker

5 Hidden Gems Soto Banjar di Banjarmasin, Gurihnya Bikin Goyang Lidah

Pencinta kuliner soto banjar, silakan merapat! #LokalIDN

Saat berkunjung ke Banjarmasin, rasanya belum pas kalau kamu gak nyobain soto banjarnya yang terkenal gurih, dengan perkedel kentang dan kuah pekat. Hal lain yang membedakan soto banjar dengan soto lainnya adalah ketupat, telur bebek, serta rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. 

Kebetulan jika kamu berminat menyambangi Banjarmasin, berikut ini rekomendasi rumah makan soto banjar yang sudah terbukti kelezatannya. Dijamin lidah kamu bakal bergoyang, deh. Yuk disimak! 

1. Depot Soto Bang Amat

5 Hidden Gems Soto Banjar di Banjarmasin, Gurihnya Bikin Goyang Lidahinstagram/banjarmasinfood

Depot Soto Bang Amat merupakan rumah makan soto banjar yang tertua dan populer. Jika biasanya soto banjar disajikan dengan mangkok, di sini soto banjar akan disajikan dengan piring. Ketupat, bihun, telur bebek, suwiran ayam, perkedel, serta taburan bawang goreng yang khas tentunya akan membuat kamu ketagihan. 

Letak warung di bantaran sungai juga akan membuat suasana makan lebih cozy. Harga yang dipatok cukup terjangkau, sekitar Rp 23 ribu per porsi. Jangan lupa juga untuk mencoba soto betawinya, ya!

Lokasi : Jl. Banua Anyar No. 6, Banua Anysr, Banjarmasin Timur, Banjarmasin.

2. Pasar Terapung Lok Baintan

5 Hidden Gems Soto Banjar di Banjarmasin, Gurihnya Bikin Goyang Lidahinstagram/ikhsaneffendi

Buat kamu yang mau mencoba bersantap dengan suasana unik, bisa datang ke pasar terapung Lok Baintan ini. Selain menjual buah dan sayuran, di sini kamu juga bisa menemukan jajanan khas banjarmasin serta hidden gems soto banjar yang semuanya enak!

Biasanya soto banjar dijual di tepi sungai, jadi kamu bisa menikmatinya sambil melihat perahu yang lalu lalang berjualan. Untuk sampai ke sini, harus berkendara sekitar sekitar 60 menit dari pusat kota Banjarmasin. Perlu diingat bahwa Lok Baintan hanya buka mulai dari pukul 6 sampai 9 pagi, ya!

Lokasi: Jl. Sungai Martapura, Desa Sungai Tandipah, Sungai Tambuk, Banjarmasin

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Khas Banjarmasin yang Wajib Kamu Cobain!

3. Soto Banjar H. Anang Ayam Bapukah

5 Hidden Gems Soto Banjar di Banjarmasin, Gurihnya Bikin Goyang Lidahinstagram/kulinermryu_

Soto banjar Haji Anang dikenal karena menyajikan topping suwiran ayam di piring terpisah. Selain itu kuah sotonya sedikit cair dan bening, namun rasanya sangat kaya akan rempah-rempah dan bakal bikin kamu mau nambah terus.

Warung makan ini juga terletak di tepi sungai, dan selalu ramai di pagi hari. Satu porsi soto plus teh tawar dibanderol dengan harga Rp 30 ribu. Jangan merasa kemahalan karena porsi yang disuguhkan juga cukup besar. Bahkan bisa disantap oleh dua orang, lho. 

Lokasi : Gang kecil Jalan Pekapuran A, RT 8 RW 2, Sungai Baru, Banjarmasin

4. Soto Bawah Jembatan

5 Hidden Gems Soto Banjar di Banjarmasin, Gurihnya Bikin Goyang Lidahinstagram/sewpassions

Sesuai namanya, warung makan ini menyajikan soto banjar gurih ditambah pemandangan sungai Martapura yang membuat suasana tenang. Kelebihan soto ayam di sini dari pada yang lain adalah harganya yang bersahabat, serta suwiran ayamnya yang super empuk.

Menu lainnya yang harus kamu coba adalah sate ataupun nasi kuning khas Banjarmasin. Dan karena lokasinya tidak terlalu besar, terkadang pengunjung harus mengantre lama ataupun terpaksa membeli untuk dibungkus jika tidak kebagian tempat duduk.

Lokasi : Jl. Banua Anyar, Banua Anyar, Banjarmasin. 

5. Warung Pondok Bahari

5 Hidden Gems Soto Banjar di Banjarmasin, Gurihnya Bikin Goyang Lidahgarnesia.com

Tidak sempat berkeliling di pagi atau sore hari untuk memburu soto banjar? Tenang, masih ada soto banjar di Warung Pondok Bahari yang buka 24 jam nonstop, meskipun sebenarnya ini bukan rumah makan yang secara khusus menyediakan soto banjar.

Dengan harga Rp 17 ribu kamu sudah bisa menikmati soto banjar dengan rasa otentik dan suasana lesehan yang nyaman. Cukup murah bukan? Aneka menu olahan hasil lautnya juga patut dicicipi. Untuk minumannya, silahkan coba es kunyit asam segar yang menggugah selera.

Lokasi : Jl. Simpang Lapten Piere Tendean No. 108, Gadang, Banjarmasin.

Nah, itulah rekomendasi rumah makan soto banjar yang mempunyai ciri khas kelezatannya masing-masing. Kapan, nih, kamu mampir ke Banjarmasin untuk bergoyang lidah ria bersama soto banjar?

Baca Juga: 6 Sajian Soto Khas Jawa Timur yang Rasanya Memikat, Pernah Coba?

Yellow Submarine Photo Verified Writer Yellow Submarine

Here comes the sun, it seems like years since it's been clear

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya