Comscore Tracker

15 Jenis Gangguan Pola Makan Aneh di Dunia, Bikin Geleng-geleng Kepala

Hayo cek, apa kamu juga mengidapnya?

Gangguan pola makan biasanya diidap oleh perempuan rentang usia 16-20an tahun. Sebab, di rentang usia tersebut, perempuan cenderung tidak percaya diri pada penampilan mereka. Meskipun kenyataannya tubuh mereka biasa-biasa saja, bahkan bisa dibilang good looking.

Faktanya, gangguan pola makan tak hanya anoreksia dan bulimia saja. Gangguan pola makan sebenarnya ada banyak, di mana saja, bisa menyerang siapa saja. Hanya kita belum tahu seperti apa detilnya.

Nah, inilah 16 jenis gangguan pola makan yang mungkin kamu belum sadar bahwa telah mengidap salah satunya.

1. Anthropophagy

15 Jenis Gangguan Pola Makan Aneh di Dunia, Bikin Geleng-geleng Kepalawildgoddesslife.com

Anthropophagy adalah istilah lain dari kanibalisme. Biasanya masih dilakukan oleh suku-suku di pedalaman yang tak pernah terjamah dunia luar. Tapi ada juga bagian kecil dari masyarakat yang hidup di dunia modern juga melakukan praktik kanibalisme.

2. Orthorexia

15 Jenis Gangguan Pola Makan Aneh di Dunia, Bikin Geleng-geleng Kepalaalo-moda.ro

Orthorexia adalah kecenderungan seseorang untuk memakan jenis makanan yang sangat-sangat sehat. Rasanya seperti kondisi yang bagus kan?

Tapi apa yang membuat hal ini pantas untuk diperhatikan adalah kebiasaan pemilih mereka yang hanya mau makan makanan sehat saja. Bagaimana jika keadaan berubah dan mereka harus makan makanan seadanya? Pasti stres berat.

3. Kunyah dan meludah

15 Jenis Gangguan Pola Makan Aneh di Dunia, Bikin Geleng-geleng Kepalaadventuretime.wikia.com

Orang yang menderita gangguan ini biasanya hanya mengunyah makanan tanpa ditelan, kemudian diludahkan ke luar dengan tujuan untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk. Salah satu jenis anoreksia, orang seperti ini biasanya tak ingin merasa bersalah karena makan terlalu banyak.

4. Pica

15 Jenis Gangguan Pola Makan Aneh di Dunia, Bikin Geleng-geleng Kepalahuffingtonpost.com

Orang yang mengidap pica bisasanya memiliki keinginan kuat untuk makan benda-benda yang bahkan tak bisa dimakan, seperti kapur, cat, sabun, hingga rokok. Tak hanya gangguan pola makan, tapi pica juga termasuk gangguan mental.

5. Bigorexia atau muscle dysmorphia

15 Jenis Gangguan Pola Makan Aneh di Dunia, Bikin Geleng-geleng Kepalafit.nl

Biasanya pengidap gangguan ini akan melakukan diet ekstrem demi mendapatkan bentuk tubuh tertentu. Biasanya orang-orang menyebut gangguan ini sebagai kebalikan dari anoreksia nervosa.

Bigoreksia akan melakukan diet dengan pola makan ekstrem demi mendapatkan bentuk tubuh tertentu. Mereka bisa saja hanya makan tiga butir telur setiap hari, tapi juga berolahraga karena mereka berpikir tubuh mereka masih gemuk.

6. Xylophagia

15 Jenis Gangguan Pola Makan Aneh di Dunia, Bikin Geleng-geleng Kepalaarewethereyet-davisfarmmom.com

Bisa bayangin gak kalau kamu ngidam banget pengin makan kayu? Nah, xylophagia juga kayak gitu. Biasanya anak-anak yang sering makan kayu seperti ini. Tapi...kalau pensil kayumu, kertas, atau batang pohon suka kamu gigitin, berarti kamu xylophagia.

7. Night eating syndrome

15 Jenis Gangguan Pola Makan Aneh di Dunia, Bikin Geleng-geleng Kepalalivestrong.com

NAH, INI NIH!  Night eating syndrome membuat penderita mereka akan menunda makan hingga larut malam, atau memiliki kebiasaan terbangun malam hari untuk jalan ke dapur dan makan. Biasanya mereka punya keyakinan: gak bisa tidur kalau belum makan. 

8. Trichophagia

15 Jenis Gangguan Pola Makan Aneh di Dunia, Bikin Geleng-geleng Kepalatamilboldsky.com

Kamu suka gigit-gigit rambut terus dimakan? Berarti kamu trichophagia. Pada beberapa kasus parah, bahkan penderitanya harus dioperasi untuk mengeluarkan sejumlah hairball  dalam ukuran yang besar dan terjebak di dalam usus, karena tak bisa dicerna sehingga mengganggu metabolisme tubuh.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Makan Halal dan Enak di Bali, Sudah Coba?

9. Urophagia

15 Jenis Gangguan Pola Makan Aneh di Dunia, Bikin Geleng-geleng Kepalazdf.de

Suka minum (duh) air pipis? Namanya urophagia. Bukan berarti mereka cuma mau minum pipis mereka sendiri, mereka juga mau minum es teh sama kopi, kok. Cuma...ya...begitu...

10. Geophagy

15 Jenis Gangguan Pola Makan Aneh di Dunia, Bikin Geleng-geleng Kepalablogxfree.hu

Penderita geophagy suka sekali rasa bumi...eh tanah. Mereka makan tanah, lumpur, dan kapur. Kondisi ini bisa mengakibatkan infeksi serius karena kotoran binatang bisa saja tertinggal di dalam tanah dan lumpur biasanya juga mengandung banyak parasit.

Capcay aja enak, masa iya suka makan tanah sih?!

11. Coprophagia

15 Jenis Gangguan Pola Makan Aneh di Dunia, Bikin Geleng-geleng Kepalahuffingtonpost.com

Coprophagia menjelaskan bahwa penderitanya suka makan...mmm...kotorannya sendiri.

WHAT?!  Yep, kamu gak salah baca. Ini benar-benar kasus langka dalam sejarah manusia, tapi bukan berarti itu gak terjadi.

12. Dermatillomania

15 Jenis Gangguan Pola Makan Aneh di Dunia, Bikin Geleng-geleng Kepalaabc.com

Suka gigit-gigit jempol dan makan kulitnya? Nah, kamu dermatillomania. Dermatillomania adalah kondisi di mana penderitanya akan terus-terusan menarik kulit mereka.

13. Body dysmorphic disorder

15 Jenis Gangguan Pola Makan Aneh di Dunia, Bikin Geleng-geleng Kepalabbc.com

Body dysmorphic disorder akan menyebabkan penderitanya melihat kenyataan berbeda soal tubuh mereka. Penderitanya akan memandang tubuhnya sendiri sangat gemuk sehingga selalu ingin mengurangi jumlah asupan makanan yang masuk ke tubuh.

14. Selective eating disorder

15 Jenis Gangguan Pola Makan Aneh di Dunia, Bikin Geleng-geleng Kepalathesun.co.uk

Biasanya orang-orang menganggap bahwa mereka hanya 'pemilih' ketika sudah menyangkut soal makanan. Tapi bagaimanapun, penderitanya percaya bahwa mereka hanya mampu makan dalam jumlah tertentu dan jenis tertentu saja.

15. Binge-eating disorder

15 Jenis Gangguan Pola Makan Aneh di Dunia, Bikin Geleng-geleng Kepalayourtango.com

Gangguan pola ini biasanya makan dalam jumlah besar. Biasanya mereka makan dengan cepat untuk melanjutkan dengan makanan lainnya. Kebiasaan ini seringkali diikuti dengan perasaan malu, stres, atau bersalah ketika selesai makan dalam jumlah besar.

Nah, itulah 15 gangguan pola makan, dari yang terkesan biasa hingga tampak aneh. Kamu sendiri punya gangguan pola makan gak, nih? Share pengalamanmu di kolom komentar ya!

Baca juga: 10 Menu Diet yang Bakal Bikin Golongan Darah A Tampil Menawan

Line IDN Times

Topic:

Just For You