Comscore Tracker

Lezatnya, 5 Santapan Tahun Baru dari Berbagai Negara

Kamu pernah makan yang mana, nih?

Meskipun tidak wajib, tetapi segala menu yang dibuat dengan cara dibakar, sering sekali menjadi santapan ketika tahun baru di Indonesia. Hayo, kamu suka ayam bakar atau jagung bakar nih?

Berbeda dengan Indonesia, beberapa negara lain memiliki makanan unik yang dimakan saat pergantian tahun. Biasanya, makanan tersebut dipercaya dapat memutus keburukan setahun ke belakang dan membawa keberuntungan untuk satu tahun ke depan.

Hmm, kira-kira ada makanan apa saja ya? Yuk, cek 5 makanan yang disantap ketika pergantian tahun di berbagai negara berikut ini.

1. Toshikoshi Soba - Jepang

Lezatnya, 5 Santapan Tahun Baru dari Berbagai Negaramatcha-jp.com

Toshikoshi Soba adalah makanan yang disantap ketika malam tahun baru di Jepang. Setiap tanggal 31 Desember, seluruh anggota keluarga akan berkumpul dan menyantap mi yang terbuat dari biji soba ini.

Menyantap toshikoshi soba merupakan salah satu kegiatan yang termasuk ke dalam omisoka. Omisoka adalah sebutan untuk hari terakhir dalam setahun. Dalam omisoka, setelah menyantap toshikoshi soba, para warga Jepang akan pergi ke kuil.

Setibanya di kuil, mereka akan melihat perutungan mereka, kemudian bersiap melempar koin dan berdoa.

2. Anggur - Spanyol

Lezatnya, 5 Santapan Tahun Baru dari Berbagai NegaraPixabay/suju

Orang-orang di Spanyol menyantap buah yang bergerombol ini ketika malam pergantian tahun. Cara memakannya pun unik. Ketika lonceng jam berbunyi di malam pergantian tahun, kita harus memakan sebanyak 12 butir buah anggur. Makan satu buah anggur setiap kali lonceng jam berbunyi. Memakan 12 butir buah anggur dipercaya akan mendatangkan keberuntungan pada 12 bulan yang akan datang.

Baca Juga: Enak Banget! Ini 7 Hidangan Malam Natal dari Berbagai Negara

3. Oliebollen - Belanda

Lezatnya, 5 Santapan Tahun Baru dari Berbagai NegaraPixabay/Eliens

Camilan yang satu ini menjadi menu santapan para warga Belanda ketika malam pergantian tahun baru tiba. Oliebollen dibuat dari adonan tepung, ragi, telur, garam, dan susu. Biasanya diberi isian kismis atau apel. Bentuk kue ini bulat dan dibuat dengan cara digoreng. Terkadang ditaburkan gula tepung di atasnya.

4. Tamales - Meksiko

Lezatnya, 5 Santapan Tahun Baru dari Berbagai Negarawww.tasteofhome.com

Tamales adalah adonan jagung yang biasanya diisi dengan daging, keju, dan bahan lain lalu dibungkus dengan daun jagung. Makanan ini biasa dinikmati ketika tahun baru di Meksiko. Namun, makanan ini juga sering disantap dalam acara liburan lainnya.

5. Cotechino Con Lenticchie - Italia

Lezatnya, 5 Santapan Tahun Baru dari Berbagai Negarawww.selenella.it

Cotechino con lenticchie adalah sosis daging yang dimakan bersama dengan rebusan kacang hijau. Makanan ini dianggap membawa keberuntungan. Warna hijau dari rebusan kacang hijau melambangkan uang dan keberuntungan sehingga diharapkan dapat mendatangkan kemakmuran. 

Nah, itu tadi 5 makanan yang disantap ketika pergantian tahun di berbagai negara. Unik-unik, ya.

Baca Juga: 7 Hidangan Inovatif dan Lezat Ini Ternyata Terbuat dari Cokelat

Novia T Photo Verified Writer Novia T

Menyukai aroma toko buku dan makanan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya